RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK PATI UNUS KARANGAWEN
Kompetensi Keahlian :
Bisnis dan manajemen
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan
Kelas/Semester :
X IAP
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Alokasi Waktu : 5 x 45 menit (satu kali tatap muka)
Kode Kompetensi : 118 KK SK 3
KKM :
70
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan
kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator :
1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan
benar
1.2 Menjelaskan pentingnya
kerjasama dengan kolega dan
pelanggan dengan benar dan
tepat
I.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan komunikasi dengan kolega secara terbuka, profesional
dan secara ramah tamah.
2. Siswa dapat menggunakan
bahasa dan nada suara yang tepat sesuai tata bahsa Indonesia.
3. Siswa dapat mempertimbangkan pengaruh bahasa tubuh
4. Siswa mampu memperlihatkan kepekaan akan kebudayaan dan
kemasyarakatan
5. Siswa mampu mempergunakan keaktifan mendengarkan dan bertanya untuk
memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
6.
Siswa
dapat mengidentifikasi potensi konflik yang ada dan mencari solusinya dengan
bantuan kolega bila dibutuhkan.
Nilai
Karakter yang dikembangkan :
Ø Gemar membaca
Ø Tanggung jawab
Ø Disiplin
Ø Religius
Ø Keberanian
Ø Kreatif
II.
Uraian Materi Pokok
Pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan
akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan solusinya
III.
Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Diskusi
Ø Presentasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Proses
Pembelajaran
|
Pengorganisasian kelas
|
|
Waktu
|
Peserta
|
||
a.
Apersepsi/
motivasi
b.
Kegiatan
Inti
c.Kegiatan Akhir
|
1.
Pengkondisian Kelas (Disiplin)
2.
Berdoa
(Religius)
3.
Mengabsen
siswa (disiplin dan tanggung jawab)
4.
Menyampaikan
tujuan dan cakupan materi Pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya
dan mengidentifikasi konflik dan solusinya
- Eksplorasi :
1.
Guru memberikan sedikit setimulus terkait materi yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya yaitu pengertian bekerjasama dengan kolega dan
pelanggan.
2.
Siswa membaca materi pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan
mengidentifikasi konflik dan solusinya (Gemar Membaca)
3.
Guru
menjelaskan materi mengenai Pengaruh
bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan
solusinya
a.
Tata
hubungan komunikasi
b.
Jenis-jenis
komunikasi
c.
Faktor-faktor
komunikasi
d.
Teknik
berbicara
e.
Pendengar
yang efektif
f.
Indicator
konflik dan solusinya
- Elaborasi
:
1.
Diskusi
siswa (Kreatif dan Keberanian)
a.
Peserta didik
dibagi menjadi 4 kelompok
Tema :
1)
Faktor-faktor
komunikasi segi komunikator
2)
Faktor-faktor
komunikasi segi komunikan
b.
Diskusi kelompok
c.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompok di depan kelas berurutan sesuai nomor kelompok
d.
Setiap kelompok membuka 1 termin dengan 2
penanya
e.
Setiap kelompok
membuat laporan hasil diskusi/persentasi
- Konfirmasi
1.
Memberkan
umpan balik dan penguatan terhadap materi yang
telah dipelajari siswa.
2.
Meminta
siswa untuk merefleksi atas pembelajaran yang telah
dialaminya. (Keberanian)
Penutup
1.
Guru menyimpulkan materi pelajaran yang
dipelajari pada hari ini.
2.
Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3.
Doa dan salam.
|
10 menit
15 menit
45 menit
10 menit
10 menit
|
Kelas
Kelas
Kelas
Kelas
Kelas
|
V.
SUMBER BELAJAR
Tim Merah Putih. 2008. Modul Produktif Andalan Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran: Menerapkan
Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. CV. Merah Putih.
E. Juhana
Wijaya. 2009. Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Bnadung. CV, Armico.
Suyetty dan
Gita Kurniawan. 2005. Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Bogor.
Yudhistira.
VI.
BAHAN/ ALAT :
Papan Tulis, spidol
LCD
Komputer
Buku-buku yang relevan
VII.
PENILAIAN PROSES/OBSERVASI
1.
Prosedur
test:
Test awal : ada
Test Proses : ada
Test akhir : ada
2.
Jenis
test :
Test awal : lisan
Test proses : pengamatan dan hasil akhir
Test akhir : ada
3.
Kriteria
penilaian
Proses : 10
Hasil kerja : 80
Sikap :
10
Penilaian Ranah Psikomotorik
No
|
KRITERIA
|
NILAI MAKSIMAL
|
NILAI
PEROLEHAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Proses
kerja
|
10
|
|
|
2
|
Hasil kerja
|
80
|
|
|
3
|
Sikap
|
10
|
|
|
Penilaian Ranah Afektif
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
|||
Kurang
(Skor < 60)
|
Cukup
(Skor 60-75)
|
Baik
(Skor 76-85)
|
Amat Baik
(Skor 86-100)
|
||
1.
|
Ketertiban
|
|
|
|
|
2.
|
Semangat
belajar/ Antusias
|
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan
berbicara
|
|
|
|
|
5.
|
Dll.
|
|
|
|
|
Jumlah SKOR Afektif
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan
kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator :
1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan
benar
1.2 Menjelaskan pentingnya
kerjasama dengan kolega dan
pelanggan dengan benar dan
tepat
MATERI AJAR
A.
Tata
hubungan komunikasi
Tata hubungan komunikasi adalah cara penyampaian berita atau
keterangan-keterangan yang mengandung arti dalam berbagai bidang kegiatan
sehari-hari.
Syarat-syarat terjadinya hubungan yang baik agar dapat memperlancar
tercapainya tujuan organisasi, yaitu sebagai berikut :
a.
Harus
ada sinkronisasi tujuan organisasi
b.
Suasana
kerja yang menyenangkan
c.
Informalitas
yang wajar dalam hubungan kerja
d.
Manusia
sebagai pribadi bukan mesin
e.
Pengembangan
kemampuan
f.
Pekerjaan
yang menarik dan penuh tantangan
g.
Pengakuan
dan penghargaan atas pelaksanaan tugas
B.
Jenis-jenis
komunikasi
Jenis-jenis komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
a.
Komunikasi
menurut lawan jenis
b.
Komunikasi
menurut jumlah
c.
Komunikasi
menurut maksud
d.
Komunikasi
menurut ruang lingkup
e.
Komunikasi
menurut cara penyampaian
C.
Faktor-faktor
komunikasi
a.
Komunikator
1)
Kecakapan
komunikator
2)
Pengetahuan
3)
Sikap
4)
Sistem
social
b.
Komunikan
1)
Cakap
2)
Pengetahuan
3)
Ramah
4)
Sistem
social
Faktor-faktor yang menghambat komunikasi :
a.
Kecakapan
kurang
b.
Sikap
yang kurang tepat
c.
Pengetahuan
kurang
d.
Kurang
memahami sistem sosial
e.
Salah
sangka yang tidak beralasan
D.
Teknik
berbicara
a.
Prinsip-prinsip
berbicara
1.
Prinsip
motivasi
2.
Prinsip
perhatian
3.
Prinsip
kegunaan
4.
Prinsip
ulangan
5.
Prinsip
keinderaan
6.
Prinsip
pengertian
b.
Estetika
berbicara
Merupakan seni
berbicara seseorang yang bisa menimbulkan daya tarik bagi pendengar atau
peserta
1)
Gaya
berbicara
2)
Gaya
penampilan yang menarik
E.
Pendengar
yang efektif
Mendengarkan secara efektif adalah kegiatan aktif dari pikiran kita
bukan kegiatan pasif. Mendengarkan adalah kegiatan menganalisis, menghargai,
dan memberikan pendapat terhadap pembicara.
F.
Indicator
konflik dan solusinya
a.
Indikasi
yang menimbulkan konflik
1)
Makin
meningkatkanya ketidak pastian diantara anggota kelompok atau organisasi dalam
mencapai tujuan
2)
Dalam
kelompok mulai terdapat perbedaan yang mencolok dalam memenuhi kebutuhan dan
mencapai sasaran yang diinginkan
3)
Mulai
terlihatnya tanda-tanda kelemahan/kurang tegasnya seorang pimpinan
4)
Mulai
rendahnya perhatian pada organisasi
b.
Solusi
dalam menyelesaikan konflik
1)
Menciptakan
suasana saling menguntungkan
2)
Focus
pada masalah sebenarnya
3)
Membandingkan
solusi sama-sama menang
c.
Tahapan
konflik
1)
Tahap
1, konflik yang disertai emosi
2)
Tahap
2, konflik yang terjadi karena adanya unsur kompetisi yang ditandai sikap kalah
menang.
3)
Tahap
3, konflik yang bertujuan mengubah keinginan untuk menang menadi keinginan
untuk mencederai.
LEMBAR
KERJA SISWA
Kelas : ……….
Kelompok :
……….
Nama Kelompok :
1. ………………………..…….…. 2.
……………….………………….
3. ………………………………... 4. ………………………….……….
5. ……………..………………….. 6.
……………….………………….
7. …………………………………. 8.
………….……………………….
9. …………………………………. 10.
…………….…………………..
MATA PELAJARAN
|
Dasar Kompetensi
Kejuruan
|
|
SK
|
Menerapkan
prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
|
|
KD
|
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
|
|
Indicator/Tujuan khusus pembelajaran
|
1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
1.2 Menjelaskan pentingnya
kerjasama dengan kolega dan pelanggan dengan
benar dan tepat
|
|
Waktu
|
5 menit
|
|
Prosedur kerja
|
1.Tentukan
pembagian tugas anggota kelompok
2.Tema diskusi
a.
Faktor-faktor komunikasi segi
komunikator
b.
Faktor-faktor komunikasi segi
komunikan
3. Selesaikan tugas dengan diskusi kelompok
4.Presentasikan
hasil diskusi sesuai dengan nomor urut kelompok
|
|
Pertanyaan
tugas
|
||
Soal
|
Jawaban
|
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
Tambahan/menambahi
|
||
1.
|
||
2.
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar