SMK ISLAM AL-MADATSIR
Jl. Raya
Genuk – Pamongan Km. 5 Karangasem Sayung Demak 59563
NPSN :69964029
ASAS (GANJIL)
Tahun Pelajaran 2023-2024
Mata Pelajaran : Teknik Perkantoran Hari/Tanggal :
Kelas : X (OTKP)
JAM : .
Waktu :
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d, atau e di depan jawaban yang paling
tepat! (dilembar Jawab yang
sudah disediakan Panitia).
1.
Seseorang yang
menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja
disebut kolega yang berarti …
a.
Tamu kantor
b.
Pelanggan kantor
c. Rekan kantor
d Teman atasan
e. Dinas pemerintah
2.
Buku yang digunakan untuk mencatat
pendistribusian surat adalah …
a.
Disposisi
b.
Buku jurnal surat keluar
c.
Buku jurnal surat masuk
d.
Buku ekspedisi
e.. Buku direktory
3. Pengertian administrasi
secara luas adalah : a. Kegiatan
menyusun kerangka organisasi yang menjadi wadah aktivitas b Pengarahan menyeluruh terhadap
kegiatan-kegiatan transportasi c Tata penyelenggaraan pelayanan
komunikasi d. Kegiatan kerja
sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat hingga
tercapainya sebuah tujuan yang
diinginkan. e Tempat sekelompok orang berkumpul dan
bekerjasama 4. Berikut ini merupakan salah
satu fungsi pekerjaan kantor : a. Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan
pekerjaan-pekerjaan keuangan untuk mencapai tujuan organisasi b. Menyediakan
informasi atau keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan c. Menyediakan informasi atau keterangan bagi
mitra kerja organisasi untuk embeli produk d Melakukan kegiatan perencanaan organisasi
setiap tri wulan e. Membantu kompetitor organisasi untuk mengetahui
informasi organisasi 5. Di bawah ini yang
termasuk barang tidak habis pakai adalah …. a Perforator, stapler, kertas b.. Spidol, kertas, perforator c. Spidol, kertas, staples d Perforator, stapler, Gunting e. Kertas, pulpen, gunting 6. Berikut ini adalah contoh
dokumen yang memiliki nilai historis … a Naskah Proklamasi,
Faktur, Akta jual beli b Naskah
Proklamasi, Perjanjian Linggarjati, Surat Perintah 11 Maret c KTP,
ijazah, akta lahir d Naskah
proklamasi, KTP, Ijazah e
Kuitansi, faktur, nota, naskah MOU |
7. Pengendalian kegiatan
pengelolaan surat dan arsip yang dibebankan dan dipertanggungjawabkan
kepada suatu unit kerja yang disebut dengan unit kearsipan, berarti
pengelolaan tersebut menggunakan asas…. a. Sentralisasi b Desentralisasi c. Gabungan d. Desentralisasi terkendali e. Kolaboratif 8.Asas pengelolaan arsip yang
bertujuan meningkatkan kelebihan dari suatu asas dan meminimalkan
kekurangannya adalah asas…. a. Sentralisasi b. Desentralisasi c. Gabungan d. Desentralisasi terkendali e. Kolaborasi 9.Proses kerja akan lebih lancar
karena arsip dapat lebih mudah ditemukan, merupakan salah satu keuntungan
dari pengelolaan arsip dengan menggunakan asas…. a. Sentralisasi b. Desentralisasi c. Gabungan d. Desentralisasi terkendali e Tidak lancer jika kita
laksanakan 10.Tempat penyimpanan arsip yang
penggunaannya memerlukan alat bantu perforator adalah…. a Stopmap folio dan box file b Map snelhecter dan guide c. Ordner dan map snelhecter d. Box file dan ordner e. Ouwner 11. Prosedur pengurusan surat
masuk dengan menggunakan sistem buku agenda adalah…. a. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan –
penyimpanan -penyampaian, b. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan –
penyampaian – penyimpanan, c Penerimaan –pengarahan – pencatatan – penyortiran –
penyimpanan -penyampaian, d. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan
–penyampaian – penyimpanan. e saldo akhir
penerimaan 12.Dalam penanganan surat masuk
biasa, setelah surat dicatat pada Lembar Pengantar I dan II, maka selanjutnya
diserahkan kepada…. a. Pengarah surat b. Penata arsip c. Unit Pengolah d. Unit Kearsipan e. Manajer 13.Yang harus dilakukan dalam
menangani surat-surat yang memiliki lampiran adalah…. a.. Menyatukan lampiran dengan suratnya menggunakan paper
clip, b. Menyimpan lampirannya pada tempat khusus, c. Mencatat tersendiri untuk surat-surat yang memiliki
lampiran, d.Surat dan lampiran dipisahkan. e. kurang
tepat semuanya |
14.Perencanaan sarana dan
prasarana dilakukan dengan melalui suatu prosedur, adapun prosedur/langkah
yang pertama adalah ... a. Mengadakan seleksi b. Merencanakan anggaran c. Pemecahan
permasalahan d. Mengidentifikasi dan
menganalisis kebutuhan sarpras e. SWOT |
15. Salah satu permasalahan
dihadapi dalam perencanaan sarana dan prasarana adalah .... a. Terbatasnya dana
yang tersedia b. Penggunaan sarana yang
efisien c. Terjadinya
pemborosan dana yang tidak perlu d. Pembelian dengan tepat
guna e. Amati lingkungan |
16. Di bawah ini hal yang berhubungan dengan
perancanaan kebutuhan prasarana, yaitu ... a. Berabot b. Buku c. Alat-alat d. Lahan/tanah e. software |
17. Pengadaan barang/jasa dapat
diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan, kriteria
tertentu berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas. Uraian dimaksud
merupakan .... a. Prinsip Akuntabel b. Prinsip terbuka c. Prinsip
adil/tidak diskriminasi d. Prinsip bersaing e. Prnsip ekonomi |
18. Kegiatan yang mencakup sejak perencanaan
kebutuhan, penentuan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan
pergudangan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusaan adalah merupakan
.... a. Pengertian
administrasi sarana dan prasarana b. Ruang lingkup administrasi
sarana dan prasaranas c. Tujuan administrasi
sarana dan prasarana d. Fungsi administrasi
sarana dan prasarana e. Fungsi manajemen |
19. Menyediakan sarana dan
prasarana/perbekalan yang siap pakai (ready
for use) ke unit-unit kerja maupun personel sehingga menjamin
kelangsungan aktivitas maupun tugas setiap unit kerja maupun personel dalam
suatu organisasi. Pernyataan tersebut merupakan .... a. Kegtiatan
manajerial administrasi sarana dan prasarana b. Kegiatan operasional
administrasi sarana dan prasarana c. Tujuan administrasi
sarana dan prasarana d. Objek administrasi
sarana dan prasarana e. Targer administrasi |
20. Keseluruhan orang yang bekerja
pada suatu kantor tertentu atau orang yang melakukan pekerjaan dengan
mendapatkan imbalan jasa berupa gaji atau tunjangan baik di instansi
pemerintah atau swasta adalah … a. personil kantor b. syarat kantor c. jenis kantor d. tanggungjawab
kantor e. semua bertanggungjawab 21. Administrator, Manager, Staff
(pembantu) dan Worker (pegawai atau pekerja) adalah a. tanggungjawab kantor b. Jenis personil kantor d. Nama personil
kantor e. Syarat personil kantor 22. Pengetahuan, Keterampilan,
Kepribadian, sikap dan perilaku adalah a.
tanggungjawab kantor b. Jenis
personil kantor c. Nama personil
kantor d.
Syarat personil kantor e. Wajib
dilaksanakan 23.Suatu proses atau usaha mencari
dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam
suatu perusahaan atau instansi, disebut…. a. Seleksi b. Rekruitmen c. Analisis jabatan d. Tes e. Analisis SWOT |
|
|
24. Suatu pekerjaan harus selalu bergerak maju
dari permulaan dikerjakan sampai selesainya, tanpa ada gerak mundur atau menyilang
dan bentuknya bisa berupa garis lurus siku-siku, lingkaran, huruf L, atau
huruf U. Hal ini merupakan penataan ruang kantor dengan memperhatikan asas… a. Jarak terpendek b. Rangkaian kerja c. Penggunaan seluruh ruangan d Perubahan susunan tempat kerja e. Perubahan watak 25. Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan
tidak nampak jelas merupakan kelemahan dari tata ruang kantor jenis… a. Tertutup/berkamar b Terbuka c Berpanorama/berhias d. Gabungan e. Di absen essay 1.
Sebut dan jelaskan Alat alat
Perkantoran minimal 10
Jenis? 2.
Sebutkan Software yang
digunakan perkantoran adalah….. |
3. Berikut ini yang bukan
merupakan manfaat dari penerapan sistem informasi yang baik adalah… 4. Sebutkan tugas
dan fungsi dari,
Manager, Direktur umum, Direktur pemasaran, Seles
Pemasaran….. 5. Ada kasus
di sebuah perusahaan, penjualan yang
kurang maksimal jumlah
penjualan, siapa yang bertanggungjawab atas permasalahan tersebut.? 6.
Gambarlah design ruang
perkantoran yang modern? 7. Ada berapa
bentuk lipatan surat? 8. Sebutkan langkah
mematika sebuah computer
atau lapstop? 9. Sebutkan tata
cara menghaddap pimpinan
mu, sebut kan langkah langkamu 10.Kritik dan
masukkan selama diajar
materi Teknologi Perkantoran….. |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar