Jumat, 17 November 2023

kelas x MPLB Tek per ASAS 2023

 

YAYASAN TOHA AL-MAQI

SMK ISLAM AL-MADATSIR

Jl. Raya Genuk – Pamongan Km. 5 Karangasem Sayung Demak 59563

NPSN  :69964029

 


ASAS  (GANJIL)

Tahun Pelajaran 2023-2024

 

Mata Pelajaran      :  Teknik Perkantoran                                                          Hari/Tanggal         :

Kelas                       :  X (OTKP)

JAM                       :                                                               .                               Waktu                    :

                                               

                               

A.        Berilah tanda silang (x) pada huruf  a,b,c,d, atau e di depan jawaban yang paling tepat!   (dilembar Jawab  yang  sudah disediakan  Panitia).

1.       Seseorang yang menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja disebut kolega yang berarti …

a.        Tamu kantor

b.       Pelanggan kantor

c.   Rekan kantor

d   Teman atasan

e.   Dinas pemerintah

 

2.         Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah …

a.        Disposisi

b.       Buku jurnal surat keluar

c.        Buku jurnal surat masuk

d.       Buku ekspedisi

    e..   Buku direktory

3. Pengertian administrasi secara luas adalah :

a.    Kegiatan menyusun kerangka organisasi yang menjadi wadah aktivitas

b     Pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan transportasi

c     Tata penyelenggaraan pelayanan komunikasi

d.    Kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat hingga tercapainya sebuah    tujuan yang diinginkan.

e   Tempat sekelompok orang berkumpul dan bekerjasama

 

4. Berikut ini merupakan salah satu fungsi pekerjaan kantor :

a.   Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan keuangan untuk mencapai tujuan organisasi

b.  Menyediakan informasi atau keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan

c.   Menyediakan informasi atau keterangan bagi mitra kerja organisasi untuk embeli produk

d   Melakukan kegiatan perencanaan organisasi  setiap tri wulan

e.  Membantu kompetitor organisasi untuk mengetahui informasi organisasi

 

5. Di bawah ini  yang termasuk barang tidak  habis pakai adalah ….

a  Perforator, stapler, kertas

b..  Spidol, kertas, perforator

c.    Spidol, kertas, staples

d    Perforator, stapler, Gunting

e.   Kertas, pulpen, gunting

 

6. Berikut ini adalah contoh dokumen yang memiliki nilai historis …

a     Naskah Proklamasi, Faktur, Akta jual beli

b     Naskah Proklamasi, Perjanjian Linggarjati, Surat Perintah 11 Maret

c     KTP, ijazah, akta lahir

d     Naskah proklamasi, KTP, Ijazah

e      Kuitansi, faktur, nota, naskah MOU

 

7. Pengendalian kegiatan pengelolaan surat dan arsip yang dibebankan dan dipertanggungjawabkan  kepada suatu unit kerja yang disebut dengan unit kearsipan, berarti pengelolaan tersebut menggunakan asas….

a. Sentralisasi

b Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e. Kolaboratif

 

8.Asas pengelolaan arsip yang bertujuan meningkatkan kelebihan dari suatu asas dan meminimalkan kekurangannya adalah asas….

a. Sentralisasi

b. Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e. Kolaborasi

 

9.Proses kerja akan lebih lancar karena arsip dapat lebih mudah ditemukan, merupakan salah satu keuntungan dari pengelolaan arsip dengan menggunakan asas….

a. Sentralisasi

b. Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e Tidak  lancer   jika kita  laksanakan

 

 

 

10.Tempat penyimpanan arsip yang penggunaannya memerlukan alat bantu perforator adalah….

a Stopmap folio dan box file

b Map snelhecter dan guide

c. Ordner dan map snelhecter

d. Box file dan ordner

e.  Ouwner

 

11. Prosedur pengurusan surat masuk dengan menggunakan sistem buku agenda adalah….

a. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyimpanan -penyampaian,

b. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian – penyimpanan,

c Penerimaan –pengarahan – pencatatan – penyortiran – penyimpanan -penyampaian,

d. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan –penyampaian – penyimpanan.

e   saldo  akhir   penerimaan

 

 

12.Dalam penanganan surat masuk biasa, setelah surat dicatat pada Lembar Pengantar I dan II, maka selanjutnya diserahkan kepada….

a. Pengarah surat

b. Penata arsip

c. Unit Pengolah

d. Unit Kearsipan

e. Manajer

 

13.Yang harus dilakukan dalam menangani surat-surat yang memiliki lampiran adalah….

a.. Menyatukan lampiran dengan suratnya menggunakan paper clip,

b. Menyimpan lampirannya pada tempat khusus,

c. Mencatat tersendiri untuk surat-surat yang memiliki lampiran,

d.Surat dan lampiran dipisahkan.

e. kurang  tepat   semuanya

 

14.Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan melalui suatu prosedur, adapun prosedur/langkah yang pertama adalah ...

a.       Mengadakan seleksi

b.      Merencanakan anggaran

c.       Pemecahan permasalahan

d.      Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarpras

e.      SWOT

 

15. Salah satu permasalahan  dihadapi dalam perencanaan sarana dan prasarana adalah ....

a.       Terbatasnya dana yang tersedia

b.      Penggunaan sarana yang efisien

c.       Terjadinya pemborosan dana yang tidak perlu

d.      Pembelian dengan tepat guna

e.      Amati   lingkungan

 

16.  Di bawah ini hal yang berhubungan dengan perancanaan kebutuhan prasarana, yaitu ...

a.       Berabot

b.      Buku

c.       Alat-alat

d.      Lahan/tanah

e.      software

 

17. Pengadaan barang/jasa dapat diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan, kriteria tertentu berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas. Uraian dimaksud merupakan ....

a.       Prinsip Akuntabel

b.       Prinsip terbuka

c.        Prinsip adil/tidak diskriminasi

d.       Prinsip bersaing

e.       Prnsip  ekonomi

18.  Kegiatan yang mencakup sejak perencanaan kebutuhan, penentuan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan pergudangan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusaan adalah merupakan ....

a.       Pengertian administrasi sarana dan prasarana

b.      Ruang lingkup administrasi sarana dan prasaranas

c.       Tujuan administrasi sarana dan prasarana

d.      Fungsi administrasi sarana dan prasarana

e.     Fungsi  manajemen

 

19. Menyediakan sarana dan prasarana/perbekalan yang siap pakai (ready for use) ke unit-unit kerja maupun personel sehingga menjamin kelangsungan aktivitas maupun tugas setiap unit kerja maupun personel dalam suatu organisasi.  Pernyataan tersebut merupakan .... 

a.       Kegtiatan manajerial administrasi sarana dan prasarana

b.      Kegiatan operasional administrasi sarana dan prasarana

c.       Tujuan administrasi sarana dan prasarana

d.      Objek  administrasi sarana dan prasarana

e.      Targer  administrasi

 

20. Keseluruhan orang yang bekerja pada suatu kantor tertentu atau orang yang melakukan pekerjaan dengan mendapatkan imbalan jasa berupa gaji atau tunjangan baik di instansi pemerintah atau swasta adalah …

a.   personil kantor

b.   syarat kantor

c.   jenis kantor

d.  tanggungjawab kantor

e.  semua   bertanggungjawab

 

21. Administrator, Manager, Staff (pembantu) dan Worker (pegawai atau pekerja) adalah

a.   tanggungjawab kantor

b.  Jenis personil kantor

d.  Nama personil kantor

e.  Syarat personil kantor

 

 

22. Pengetahuan, Keterampilan, Kepribadian, sikap dan perilaku adalah

  a.  tanggungjawab kantor

  b.  Jenis personil kantor

  c. Nama personil kantor

 d.   Syarat personil kantor

e. Wajib    dilaksanakan

 

23.Suatu proses atau usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan atau instansi, disebut….

a.  Seleksi

b.  Rekruitmen

c.  Analisis jabatan

d.    Tes

e.  Analisis   SWOT

 

 

24.  Suatu pekerjaan harus selalu bergerak maju dari permulaan dikerjakan sampai selesainya, tanpa ada gerak mundur atau menyilang dan bentuknya bisa berupa garis lurus siku-siku, lingkaran, huruf L, atau huruf U. Hal ini merupakan penataan ruang kantor dengan memperhatikan asas…

a.     Jarak terpendek

b.     Rangkaian kerja

c.     Penggunaan seluruh ruangan

d     Perubahan susunan tempat kerja

e. Perubahan   watak

 

25.  Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas merupakan kelemahan dari tata ruang kantor jenis…

a.     Tertutup/berkamar

b     Terbuka

c     Berpanorama/berhias

d.      Gabungan

e.   Di absen

 

essay 

 

1.  Sebut dan  jelaskan  Alat alat    Perkantoran minimal 10   Jenis?    

2.  Sebutkan   Software   yang    digunakan   perkantoran   adalah…..

3. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari penerapan sistem informasi yang baik adalah…

4. Sebutkan   tugas  dan   fungsi   dari,  Manager,  Direktur  umum, Direktur pemasaran,  Seles   Pemasaran…..

5. Ada   kasus   di  sebuah  perusahaan, penjualan  yang  kurang   maksimal  jumlah  penjualan, siapa   yang   bertanggungjawab  atas permasalahan   tersebut.?

6.  Gambarlah   design  ruang  perkantoran  yang  modern?

7. Ada   berapa   bentuk  lipatan  surat?

8. Sebutkan  langkah  mematika   sebuah  computer   atau lapstop?

9. Sebutkan  tata  cara  menghaddap  pimpinan  mu, sebut kan  langkah  langkamu

10.Kritik   dan  masukkan  selama  diajar   materi  Teknologi  Perkantoran…..

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE