Rabu, 09 Desember 2020

CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK

                                                                        BAB I            

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Praktik Kerja Industri

            Praktik kerja industri (prakerin) di SMK AL FURQON  adalah  suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dengan tuntutan keahlian profesional tertentu dilapangan kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja. Keberhasilan program ini akan sangat mendukung peningkatan mutu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan tenaga tingkat menengah dan sekaligus meningkatkan mutu sekolah.

Oleh karena itu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dan relevan sangat diharapkan. Didasari dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan Penguasaan Keterampilan atau Keahlian Profesi tertentu pada siswa–siswi, antara lain diperlukannya adanya penciptaan berbagai aktivitas belajar dilingkungan Sekolah. Kondisi demikian telah lama menjadi pusat perhatian Dunia pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah Kejuruan, bahwa penguasaan keahlian Profesi sebagai salah satutujuan Esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada Dunia Kerja yang sebenarnya. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, yaitu menyelenggarakan Program Kegiatan Praktik Kerja Siswa dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda di dunia kerja terkait dengan kondisi obyektif sekolah yang bersangkutan.

            Dengan adanya sistem pembelajaran praktik di Dunia Usaha atau Dunia Industri, sekolah berharap agar siswa-siswi yang bersangkutan mendapat ilmu dan pengalaman yang baru di luar, yang tidak mungkin di dapatkan jika kita hanya barada di lingkungan sekolah saja. Pembelajaran seperti ini sangatlah baik untuk siswa-siswi yang melaksanakan Praktik Kerja Industri. karena jika kita barada di dalam lingkungan Dunia Usaha atau Dunia Industri  kita akan ikut merasakan bagaimana kita harus kerja keras untuk memenuhi keinginan konsumen, bertanggung jawab pada masalah yang harus kita selesaikan, disiplin pada waktu kerja, serta kerajinan dan kerapian pada hasil kerja.

B.      Tujuan Praktik Kerja Industri

 

a.    Tujuan praktik kerja indutri SMK AL Furqon adalah sebagaiberikut :

1.    Menghasilkan Tenaga Kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tentang tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2.    Memperkokoh Link and Match kesesuaian, kecocokan antara Program Sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

3.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas / profesional.

4.    Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses pendidikan.

5.    Menyiapkan para siswa untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

6.    Meningkatkan status dan kepribadian para siswa sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasidan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.

7.    Memberikan kesempatan dan garansi bagi pra siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standart profesi lapangan kerja.

8.    Membentuk sikap mental yang kuat pada siswa siswi SMK AL FURQON jika sudah terjun  di Dunia Usaha atau di Didunia Industri nanti.

9.    Membangun sikap mandiri dan tanggung jawab yang tinggi pada siswa siswi SMK AL FURQON ketika berada di Dunia Usaha atau di Dunia Industri.

10. Mengembangkan kemampuan pada siswa-siswi yang berada di luar sekolah.

11.    Mendapatkan pengalaman dan ilmu yang baru di Dunia Industri atau di Dunia Usaha. Tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain, mengerjakan pekerjaan yang baik dan hati-hati, serta mrnjaga kenyamanan, kerajinan, dan kerapian pada hasil kerja dalam membangun jaringan.

 

b.    Tujuan penerimaan siswa-siswi Praktik Kerja Industri di CV MAJU JAYA KOMPUTER adalah sebagai berikut :

1.    Memberi ilmu pendidikan IT kepada para siswa.

2.     Melatih ketrampilan dalam merakit CPU.

3.     Mengaplikasikan program-program computer.

4.     Tujuan utama membuat generasi muda yang kreatif.

5.    Memberi motifasi kepada para pemuda-pemudi untuk mengaplikasikan                                                       keterampilan nya.

6.    Pimpinan DU/DI yang ingin melihat para pemuda dapat berkarya dengan            keahlian individu.

7.     Prinsip pimpinan DU/DI yang merasa bangga bila melihat siswa-siswinya dapat sukses.

8.    Keinginan pimpinan DU/DI untuk dapat membagi ilmunya  kepada para pemuda yang mau berusaha menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.

 

c.     Tujuan Praktik Kerja Industri bagi penulis sebagai berikut :   

1.    Menambah pengalaman / wawasan menggenai berbagai pendidikan IT.

2.     Mengaplikasikan pembelajaran disekolah pada praktik kerja lapangan.

3.     Melatih sosialisasi dengan lingkungan baru.

4.    Rasa ingin tahu yang besar mengenai seperti apa itu praktik kerja industri.

5.    Rasa ingin melatih mental dalam menghadapi persoalan.

6.     Kesenangan penulis dalam menghadapi situasi/lingkungan baru.

7.    Kemauan penulis untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.

 

 

 

 

 

C.    Manfaat Praktik Kerja Industri

*            Manfaat bagi penulis selama PRAKERIN di CV MAJU JAYA KOPUTER

                       

Manfaat yang didapat penulis pada saat PRAKERIN begitu banyak diantaranya sebagai berikut :

1.    Dengan mengikuti praktik kerja lapangan di MAJU JAYA KOMPUTER penulis dapat meningkatkan kemampuannya

2.    Nantinya penulis mampu menggunakan pengalaman kerja untuk mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan sekolahnya.

3.    Pengalaman kerja awal untuk penulis sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.

4.    Bertambahnya semangat penulis dalam mengapai cita-cita karena motivasi dari pemimpn DU/DI.

5.    Bertambahnya ilmu mengenai pendidikan IT

6.    Bertambahnya wawasan penulis mengenai ilmu-ilmu diluar ilmu pendidikan IT karena pemimpin DU/DI juga mengajarkan pengajaran diluar pendidikan IT seperti ilmu elektronika, ilmu agama, pendidikan yang baik bagi kalangan pemuda.

7.    Berubahnya pribadi penulis yang pada awal pesimis menjadi pemuda yang selalu optimis dan lebih dewasa.

8.    Bertambahnya kepercayaan penulis dalam bersosialisasi dengan masyarakat baru.

9.    Minat  penulis dalam membanggun bangsa semakin bertambah karena motivasi pimpinan DU/DI.

10.     Merasa bangganya penulis karena dapat menimba ilmu bersama Bapak ARDIAN ASY’ARI dan kawan-kawan.

11.     Bertambah senangnya penulis karena dapat banyak kawan dari SMK lain seperti SMK PALEBON dan  SMK PEMBANGUNAN

 

*            Manfaat Bagi Perusahaan

Dengan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan perguruan tinggi.

1.    Mampu melihat kemampuan potensial yang dimiliki mahasiswa peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

2.    Kebanggaan pribadi bagi pimpinan DU/DI karena dapat membagikan ilmu yang bermanfaat bagi kalangan pemuda.

3.    Kebanggaan bagi pimpinan DU/DI bila melihat siswa-siswinya dapat sukses dimasyarakat karena bagi beliau kebahagiaannya adalah melihat para pemuda dapat sukses dengan hidupnya.

                                                                                 

D.    Dasar Pelaksanaan PRAKERIN  

Pelaksanaan PSG didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang dituang dalam :

 

1.      Undang-undang (UU) no 20 tahun  2003 tentang pendidikan nasional.

2.      Peraturan Pemerintah (PP) No. 32 tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah.

3.      PP No. 20 tahun 2003 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.

 

                                                                                                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LATAR BELAKANG

 

A.  Singkat Sejarah MAJU JAYA KOMPUTER

Perusahaan Maju Jaya didirikan pada tahun 2005, perusahaan ini termasuk perusahaan milik pribadi , pemilik perusahaan tersebut bernama Bpk. Ardian Asy’ari Kurniawan S.E. Beliau Berperan sebagai pemilik sekaligus sebagai pemimpin perusahaan dan beliau dibantu oleh seorang karyawan yang bernama Dony Suryawan dan  Akri  yang berperan sebagai pembimbing dan multi fungsi.

Perusahaan Maju Jaya merupakan perusahaan dibidang mainterance. Bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia , diantaranya PT. Pura Barutama , PT. Samudra Indonesia CV Laksana , PT Aparel dan masih banyak perusahaan lainya.

Awal mula perusahaan Maju Jaya juga pernah menangani service, tetapi tidak bertahan lama, mungkin karna tidak terlalu oleh pemimpin tersebut . Sampai saat ini perusahaan Maju Jaya hanya menangani dibidang mainterance ( pengiriman dan penerimaan barang baru ).

                                                           

B.     Struktur Organisasi

Pemilik Perusahaan : Bapak Ardian Asyari Kurniawan S,E

Pembimbing             : Dony Suryawan

 

C.    Jenis Produksi/ Jasa Perbaikan di CV MAJU JAYA KOMPUTER

 

Ø  Merakit PC

Ø  Jual beli PC

Ø  Pengiriman barang

Ø  DSB.

 

 

BAB III

MATERI PRAKERIN

                        

A.      Kajian Materi

Merakit komputer adalah menghubungkan semua komponen yang ada dengan  mainboard sehingga bisa digunakan, masing-masing komponen tersebut dapat  beroperasi sebagai mana mestinya.

Perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat telah menimbulkan fenomena baru,berupa hadirnya masyarakat yang tidak bisa hidup tanpa adanya komputer. Hal ini merupakan sebuah tantangan sekaligus kabar gembira karena membuktikan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang adaptif.Hal mendasar yang lazim menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat  yang ingin mulai memanfaatkan komputer adalah mengenai “fisik” komputer itu sendiri. Dengan mengenal jenis perangkat keras yang ada di sebuah unit komputer dan menguasai teknik-teknik perakitannya, maka masyarakat akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan komputer sesuai kebutuhan dana lokas yang dimilikinya. Selain itu latar belakang mahasiswa untuk mempelajari perakitan komputer adalah dikarenakan semakin pesatnya perkembangan komputer, serta banyak masyarakat yang masih awam terhadap komputer untuk itu diharapkan mahasiswa yang telah belajar tentang perakitan itu bisa nantinya memperbaiki serta merakit komputer masyarakat yang membutuhkan bantuan, serta juga bisa membuka kursus tentang perakitan komputer dirumah nantinya      

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Keamanan  Keselamatan Kerja (K3)

Sebelum merakit sebuah PC ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :

 

1.     Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan arus pendek dan dapat merusak hasil rakitannya.

2.     Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memegang casing saat power dihidupkan atau dengan memakai gelang anti statis tanpa harus pegang casing.

3.     Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya.

4.     Jangan lupa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

5.     Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.                LANGKAH –LANGKAH PERAKITAN KOMPUTER

Alat dan Bahan

Ø Alat :

1.      Obeng Plus (+)

2.      Obeng Minus (-)

3.      Tang Lancip (Capit Buaya)

4.      Multimeter/Multitester.

5.      Pinset.

6.       Gelang Anti Static

 

Ø  Bahan

1.      Motherboard

Motherboard adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.

 

2.       Processor

Processor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer).Berfungsi sebagaipengolahdatadidalamsistemkomputer. 
Jenis processor yang sering dipakai dalam merakit pc/komputer sendiri yang baik dan benar untuk game maupun biasa ada 2 yaitu Intel dengan tipe pentium II

pentium 4, dual core, quad core, core i3, core i5, core i7 dan AMD dengan tipe sempron, athlon, sampai phenom.

 

3.       Heatsink (Kipas)

Heatsink adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas sekali.

 

 

4.       Harddisk

Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi  piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data untuk dapat meningkatkan kinerja komputer.

 

5.      Memory (RAM)

RAM (Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.

 

6.      Floppy Disk Drive (FDD)

FDD adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket.

 

7.      CD/DVD Drive

CD/DVD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan d ata, perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah CD/Kaset

 

8.       Kartu Grafis (VGA Card)

VGA Card (Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

 

9.      Sound Card

Sound Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk lempengan PCB dan mampu mengolah serta menghasilkan suara. Bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.

 

 

10.  Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.

11.   Casing

12.  Keyboard & Mouse

13.  Monitor

 

B.        Langkah-Langkah Perakitan PC

Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU :

 

1.     Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

 

 

 

 

 

 

 

2.     Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar casing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.                               

 

3.       Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processorpastikan bila memasang  pada selot dan pas tikan tidak goyang .

 

 

 

 

 

 

4.    Setelah itu pemasangan RAM atau disebut juga (Random Access Memori) Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.

 

 

 

5.     Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan pastikan bahwa casing

 

 

 

 

6.    Setelah menyiapkan casing pasanglah power supply seperti pada gambar.

 

 

7.     Setelah itu masukkan motherboard pada casing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada casing dengan benar. 

 

 

8.     Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

 

9.    Di contoh ini kita menggunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD

 

10.   Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

 

 

 

11.  Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.  Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. Kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

 

13.  Setelah harddisk terpasang lalu pasang kabel data atau kabel ATA harddisk  pada  motherboard dan  pada  harddisk itu sendiri. 

14.  Pasang konektor power supply pada tempatnya yang terdapat di motherboard. Jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.

 

 

15.  Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan pad konektor lainnya yang terdapat di motherboard seperti gambar berikut. 

 

16.   Setelah semua komponen telah terpasang kemudian pasang penutup casing dengan benar.

 

 

Setelah selesai, kemudian perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau tidak. Pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar listrik, selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus disempurnakan terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasi nya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah terpasang apakah Ssudah benar atau tidak.

 

C.       Analisis Perakitn PC

1.         Cashing

            Cashing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Power Supply

 

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya

3.   Motherboard / MOBO

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebu.

4.   Processor

 

   

 

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

5.      RAM

 

 

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya.

6.      Video card

 

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

7.      Hard disk

 

 

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

8.      Optical Disc Drive


Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD.

Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.

9.      Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

10.     Keyboard

 

 

 

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya

11.     Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse

standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

 

D.    Kesimpulan Praktek

Dalam merakit komputer kita akan  menemukan  bayak peralatan atau  hadware. Dalam  hal ini kita harus mengetahui  keseluruhan  fungsi dan prinsip kerja hadware tersebut, dalam membongkar CPU juga diperlukan ketelitian.

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Setelah mejalani praktek kerja industri yang di lakukan selama 2 bulan lebih yang di mulai dari tanggal 13 Desember  2016 sampai dengan  11 Febuari 2017. Siswa praktik telah mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman.Sehingga dapat menjadikan sebagai acuan alam pembuatan laporan ini. Setelah 2 bulan lebih praktik dan membuat laporan, siswa dapat mengetahui bagaimana cara merakit PC.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    KESIMPULAN

 

Setelah menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

·         Kegiatan PRAKERIN merupakan kegiatan yang sangat positif untuk menambah wawasan para pelajar.

·         Dalam kegiatan PRAKERIN pelajar dapat lebih mengasah kemampuannya.

·         Dalam PRAKERIN pelajar dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat baru.

·         Dalam PRAKERIN pelajar lebih dapat melatih kepribadiannya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.     SARAN

            Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan Prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain:

 

1.   Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.

2.   Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja 

yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan Prakerin pada sehingga pada instansi dimaksud, para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.Demikian Laporan Prakerim ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK AL FURQON.

      

Untuk para siswa yang belum melaksanakan Prakerin,kami menyarankan agar selalu bertanya kepada instruktur atau pembimbing jika ada sesuatu yang belum terlalu diketahui dan belum paham , jangan malu untuk bertanya karena orang yang lebih tau tentang hal itu tidak akan memberikan ilmunya jika anda tidak bertanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pusaka

 

https://www.google.co.id/search?q=penempelan+power+supply&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjw9OW3387SAhXCjJQKHSLEDh0Q_AUIBigB&biw=1366&bih=657#tbm=isch&q=pemasangan+power+supply&*&imgrc=_

http://study.com/cimages/multimages/16/computer_video_card_fan_600.jpg

https://www.google.co.id/search?q=CESING&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjcvP-n2M7SAhUEFpQKHeMZBzMQ_AUIBigB&biw=1366&bih=657.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

Lampiran pembuktian  PRAKERIN:

Ø Kegiatan Praktek ditempat magang

 ( MAJU JAYA KOMPUTER)

          Praktek yang dilakukan ditempat magang seperti merakit PC, pengecekanCPU yang telah dirakit pemasangan batrai CIMOS  pengambilan BARANG pengiriman BARANG.

          Bagi bapak Ardian Asy’ari  selaku pimpinan Maju Jaya Komputer kenyamaan dalam belajar adalah  utama. Sehingga beliau mengajak siswa-siswinya refresing untuk menghilangkan penat dan bisa mendapatkan  pengalaman baru selama belajar, agar terjalinnya kebersaman antara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE