BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Praktik
kerja industri (prakerin) di SMK AL FURQON
adalah suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara
sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dengan tuntutan keahlian
profesional tertentu dilapangan kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung
di dunia kerja. Keberhasilan program ini akan sangat mendukung peningkatan mutu
lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan tenaga tingkat menengah
dan sekaligus meningkatkan mutu sekolah.
Oleh karena itu
adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dan relevan sangat diharapkan.
Didasari dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan Penguasaan Keterampilan
atau Keahlian Profesi tertentu pada siswa–siswi, antara lain diperlukannya
adanya penciptaan berbagai aktivitas belajar dilingkungan Sekolah. Kondisi
demikian telah lama menjadi pusat perhatian Dunia pendidikan, lebih-lebih untuk
sekolah Kejuruan, bahwa penguasaan keahlian Profesi sebagai salah satutujuan
Esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat
diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada Dunia Kerja yang
sebenarnya. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, yaitu menyelenggarakan
Program Kegiatan Praktik Kerja Siswa dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda di
dunia kerja terkait dengan kondisi obyektif sekolah yang bersangkutan.
Dengan adanya sistem pembelajaran
praktik di Dunia Usaha atau Dunia Industri, sekolah berharap agar siswa-siswi
yang bersangkutan mendapat ilmu dan pengalaman yang baru di luar, yang tidak
mungkin di dapatkan jika kita hanya barada di lingkungan sekolah saja.
Pembelajaran seperti ini sangatlah baik untuk siswa-siswi yang melaksanakan
Praktik Kerja Industri. karena jika kita barada di dalam lingkungan Dunia Usaha
atau Dunia Industri kita akan ikut
merasakan bagaimana kita harus kerja keras untuk memenuhi keinginan konsumen, bertanggung
jawab pada masalah yang harus kita selesaikan, disiplin pada waktu kerja, serta
kerajinan dan kerapian pada hasil kerja.
B.
Tujuan Praktik Kerja Industri
a.
Tujuan praktik kerja indutri SMK AL Furqon
adalah sebagaiberikut :
1.
Menghasilkan Tenaga Kerja yang memiliki
keahlian profesional, yaitu tentang tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
kerja.
2.
Memperkokoh Link and Match kesesuaian,
kecocokan antara Program Sekolah dengan tuntutan dunia kerja.
3.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan
pelatihan tenaga kerja yang berkualitas / profesional.
4.
Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai proses pendidikan.
5.
Menyiapkan para siswa untuk belajar bekerja
secara mandiri, bekerja dalam satu tim dan mengembangkan potensi serta
kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
6.
Meningkatkan status dan kepribadian para siswa
sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasidan memiliki rasa tanggung jawab
serta disiplin yang tinggi.
7.
Memberikan kesempatan dan garansi bagi pra
siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga terampil dan produktif berdasarkan
pengakuan standart profesi lapangan kerja.
8.
Membentuk sikap
mental yang kuat pada siswa siswi SMK AL FURQON jika sudah terjun di Dunia Usaha atau di Didunia Industri
nanti.
9.
Membangun sikap
mandiri dan tanggung jawab yang tinggi pada siswa siswi SMK AL FURQON ketika
berada di Dunia Usaha atau di Dunia Industri.
10.
Mengembangkan
kemampuan pada siswa-siswi yang berada di luar sekolah.
11.
Mendapatkan
pengalaman dan ilmu yang baru di Dunia Industri atau di Dunia Usaha. Tentang
bagaimana berinteraksi dengan orang lain, mengerjakan pekerjaan yang baik dan
hati-hati, serta mrnjaga kenyamanan, kerajinan, dan kerapian pada hasil kerja
dalam membangun jaringan.
b.
Tujuan
penerimaan siswa-siswi Praktik Kerja Industri di CV
MAJU JAYA KOMPUTER adalah sebagai
berikut :
1.
Memberi ilmu
pendidikan IT kepada para siswa.
2.
Melatih ketrampilan dalam merakit CPU.
3.
Mengaplikasikan program-program computer.
4.
Tujuan utama membuat generasi muda yang
kreatif.
5.
Memberi
motifasi kepada para pemuda-pemudi untuk mengaplikasikan keterampilan
nya.
6.
Pimpinan DU/DI yang ingin melihat para pemuda dapat
berkarya dengan keahlian
individu.
7.
Prinsip pimpinan
DU/DI yang merasa bangga bila melihat siswa-siswinya dapat sukses.
8.
Keinginan pimpinan DU/DI untuk dapat membagi ilmunya kepada para
pemuda yang mau berusaha menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.
c.
Tujuan Praktik Kerja Industri bagi penulis
sebagai berikut :
1.
Menambah
pengalaman / wawasan menggenai berbagai pendidikan IT.
2.
Mengaplikasikan pembelajaran disekolah pada
praktik kerja lapangan.
3.
Melatih sosialisasi dengan lingkungan baru.
4.
Rasa ingin tahu
yang besar mengenai seperti apa itu praktik kerja industri.
5.
Rasa ingin
melatih mental dalam menghadapi persoalan.
6.
Kesenangan penulis dalam menghadapi
situasi/lingkungan baru.
7.
Kemauan penulis
untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.
C.
Manfaat Praktik Kerja Industri
Manfaat bagi penulis selama PRAKERIN di CV MAJU JAYA KOPUTER
Manfaat yang didapat penulis pada saat PRAKERIN begitu banyak
diantaranya sebagai berikut :
1.
Dengan mengikuti praktik kerja lapangan di MAJU JAYA KOMPUTER penulis dapat meningkatkan kemampuannya
2.
Nantinya penulis mampu menggunakan pengalaman
kerja untuk mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan
sekolahnya.
3.
Pengalaman kerja awal untuk penulis sebelum
terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.
4.
Bertambahnya semangat penulis dalam mengapai
cita-cita karena motivasi dari pemimpn DU/DI.
5.
Bertambahnya ilmu mengenai pendidikan IT
6.
Bertambahnya wawasan penulis mengenai ilmu-ilmu
diluar ilmu pendidikan IT karena pemimpin DU/DI juga mengajarkan pengajaran
diluar pendidikan IT seperti ilmu elektronika, ilmu agama, pendidikan yang baik
bagi kalangan pemuda.
7.
Berubahnya pribadi penulis yang pada awal
pesimis menjadi pemuda yang selalu optimis dan lebih dewasa.
8.
Bertambahnya kepercayaan penulis dalam
bersosialisasi dengan masyarakat baru.
9.
Minat
penulis dalam membanggun bangsa semakin bertambah karena motivasi
pimpinan DU/DI.
10.
Merasa bangganya penulis karena dapat menimba
ilmu bersama Bapak ARDIAN ASY’ARI dan
kawan-kawan.
11.
Bertambah senangnya penulis karena dapat banyak
kawan dari SMK lain seperti SMK PALEBON dan SMK PEMBANGUNAN
Manfaat Bagi Perusahaan
Dengan pelaksanaan Praktik
Kerja Lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan
kemitraan dengan perguruan tinggi.
1. Mampu melihat kemampuan potensial yang dimiliki mahasiswa peserta Praktik
Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan
di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
2.
Kebanggaan pribadi bagi pimpinan DU/DI karena
dapat membagikan ilmu yang bermanfaat bagi kalangan pemuda.
3. Kebanggaan bagi pimpinan DU/DI bila melihat siswa-siswinya dapat sukses
dimasyarakat karena bagi beliau kebahagiaannya adalah melihat para pemuda dapat
sukses dengan hidupnya.
D.
Dasar Pelaksanaan PRAKERIN
Pelaksanaan PSG
didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang dituang dalam :
1.
Undang-undang
(UU) no 20 tahun 2003 tentang pendidikan
nasional.
2.
Peraturan
Pemerintah (PP) No. 32 tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah.
3.
PP No. 20 tahun
2003 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
BAB
II
LATAR
BELAKANG
A. Singkat Sejarah MAJU JAYA
KOMPUTER
Perusahaan Maju Jaya
didirikan pada tahun 2005, perusahaan ini termasuk perusahaan milik pribadi ,
pemilik perusahaan tersebut bernama Bpk. Ardian Asy’ari Kurniawan S.E. Beliau
Berperan sebagai pemilik sekaligus sebagai pemimpin perusahaan dan beliau
dibantu oleh seorang karyawan yang bernama Dony Suryawan dan Akri yang berperan sebagai pembimbing dan multi
fungsi.
Perusahaan Maju Jaya
merupakan perusahaan dibidang mainterance. Bekerjasama dengan
perusahaan-perusahaan di Indonesia , diantaranya PT. Pura Barutama , PT.
Samudra Indonesia CV Laksana , PT Aparel dan masih banyak perusahaan lainya.
Awal mula perusahaan
Maju Jaya juga pernah menangani service, tetapi tidak bertahan lama, mungkin
karna tidak terlalu oleh pemimpin tersebut . Sampai saat ini perusahaan Maju
Jaya hanya menangani dibidang mainterance ( pengiriman dan penerimaan barang
baru ).
B.
Struktur Organisasi
Pemilik Perusahaan : Bapak Ardian Asyari Kurniawan S,E
Pembimbing
: Dony Suryawan
C.
Jenis Produksi/ Jasa Perbaikan di CV MAJU JAYA KOMPUTER
Ø Merakit PC
Ø Jual beli PC
Ø Pengiriman barang
Ø DSB.
BAB
III
MATERI
PRAKERIN
A.
Kajian
Materi
Merakit komputer adalah menghubungkan semua komponen yang ada dengan mainboard sehingga bisa digunakan,
masing-masing komponen tersebut dapat beroperasi sebagai mana mestinya.
Perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat telah menimbulkan fenomena
baru,berupa hadirnya masyarakat yang tidak bisa hidup tanpa adanya komputer. Hal ini
merupakan sebuah tantangan sekaligus kabar gembira karena membuktikan bahwa
masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang adaptif.Hal mendasar yang lazim menimbulkan
pertanyaan bagi masyarakat yang ingin
mulai memanfaatkan komputer adalah mengenai “fisik” komputer itu sendiri.
Dengan mengenal jenis perangkat keras yang ada di sebuah unit komputer dan
menguasai teknik-teknik perakitannya, maka masyarakat akan mampu mengoptimalkan
pemanfaatan komputer sesuai kebutuhan dana lokas yang dimilikinya. Selain itu latar belakang mahasiswa untuk mempelajari perakitan komputer adalah
dikarenakan semakin pesatnya perkembangan komputer, serta banyak masyarakat
yang masih awam terhadap komputer untuk itu diharapkan mahasiswa yang telah
belajar tentang perakitan itu bisa nantinya memperbaiki serta merakit komputer
masyarakat yang membutuhkan bantuan, serta juga bisa membuka
kursus tentang perakitan komputer dirumah nantinya
·
Keamanan Keselamatan Kerja (K3)
Sebelum merakit sebuah PC ada beberapa tips
yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :
1. Hindari merakit dalam keadaan berkeringat,
karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit
tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah
hubungan arus pendek dan dapat merusak hasil rakitannya.
2. Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki
prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis
yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini
kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memegang casing saat power
dihidupkan atau dengan memakai gelang anti statis tanpa harus pegang casing.
3. Pada setiap tahap perakitan sebelum
menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen
pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan
komponen lainnya.
4. Jangan lupa menyiapkan peralatan dan
bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak
terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.
5. Hindari pemasangan komponen harddisk dengan
kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.
A.
LANGKAH
–LANGKAH PERAKITAN KOMPUTER
Alat dan Bahan
Ø
Alat :
1.
Obeng Plus (+)
2.
Obeng Minus (-)
3.
Tang Lancip (Capit Buaya)
4.
Multimeter/Multitester.
5.
Pinset.
6.
Gelang
Anti Static
Ø
Bahan
1.
Motherboard
Motherboard adalah papan induk atau papan
rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi
sebagai pusat pengolahan.
2. Processor
Processor adalah komponen komputer yang paling
utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya
komputer).Berfungsi sebagaipengolahdatadidalamsistemkomputer.
Jenis processor
yang sering dipakai dalam merakit pc/komputer sendiri yang baik dan benar untuk
game maupun biasa ada 2 yaitu Intel dengan tipe pentium II
pentium 4, dual core, quad core, core i3, core
i5, core i7 dan AMD dengan tipe sempron, athlon, sampai phenom.
3. Heatsink (Kipas)
Heatsink adalah kipas pendingin processor dan
komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas sekali.
4. Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras
yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Berfungsi
sebagai penyimpan data untuk dapat meningkatkan kinerja komputer.
5. Memory (RAM)
RAM (Random Acces Memory) adalah Internal
Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.
6.
Floppy Disk Drive (FDD)
FDD adalah sebuah perangkat penyimpanan yang
berfungsi untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “
penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket.
7.
CD/DVD Drive
CD/DVD ROM
adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan d ata,
perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah
CD/Kaset
8. Kartu Grafis (VGA
Card)
VGA Card
(Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk
menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau
bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.
9.
Sound Card
Sound Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk
lempengan PCB dan mampu mengolah serta menghasilkan suara. Bertugas untuk
menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
10. Power Supply
Power Supply
adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke
setiap bagian komputer agar dapat berjalan.
11. Casing
12. Keyboard & Mouse
13. Monitor
B.
Langkah-Langkah
Perakitan PC
Berikut
ini adalah langkah-langkah perakitan CPU :
1.
Letakkan
motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan
yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.
2.
Pasang
processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar casing agar
memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor
disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.
3.
Setelah
prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processorpastikan bila memasang pada selot
dan pas tikan tidak goyang .
4.
Setelah itu pemasangan RAM atau disebut juga
(Random Access Memori) Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena
apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard
rusak atau terbakar.
5.
Siapkan
casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan pastikan bahwa casing
6. Setelah
menyiapkan casing pasanglah power supply seperti pada gambar.
7.
Setelah
itu masukkan motherboard pada casing secara perlahan agar motherboard tidak
rusak. Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard,
serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada casing
dengan benar.
8.
Kemudian
bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.
9.
Di contoh ini kita menggunakan motherboard yang
sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu
dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut
dengan komponen ON BOARD
10.
Setelah
itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara
memasukkannya dari depan.
11. Kemudian
bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang.
Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada
motherboard.
12. Pasanglah
harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak
terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan. Kemudian
baut dengan kencang agar tidak goyang.
13. Setelah
harddisk terpasang lalu pasang kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri.
14.
Pasang konektor power supply pada tempatnya
yang terdapat di motherboard. Jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan
kerusakan yang fatal pada motherboard.
15.
Kemudian tancapkan konektor power / restart /
hdd lad / power lad dan pad konektor lainnya yang terdapat di motherboard
seperti gambar berikut.
16. Setelah semua komponen telah terpasang
kemudian pasang penutup casing dengan benar.
Setelah
selesai, kemudian perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau tidak. Pasang
kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar listrik,
selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bila
tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus disempurnakan
terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasi nya dengan cara cek
kembali semua komponen yang telah terpasang apakah Ssudah benar
atau tidak.
C.
Analisis
Perakitn PC
1.
Cashing
Cashing
komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita
meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard
disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya
yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana
form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.
2.
Power Supply
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan
jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala
atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit)
ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk
mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti
motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya
3.
Motherboard / MOBO
Motherboard adalah komponen komputer tempat
kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti
processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard
berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar
bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki
spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang
didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard
tersebu.
4.
Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai
seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau
CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas
untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum
membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket
processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket
LGA, atau lain sebagainya.
5. RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory,
yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara
dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa
diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus
mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya.
6.
Video card
Video card ini adalah komponen komputer yang
berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu
slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI,
AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.
7.
Hard disk
Hard disk adalah komponen komputer tempat kita
menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer
kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita
tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu
interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE,
SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
8. Optical Disc Drive
Walaupun tanpa sebuah optical
disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa
komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia
luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat
ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang
semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD.
Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM,
DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical
disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh
motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.
9.
Monitor
Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi
untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang
banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan
monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan
monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain
tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan
hemat listrik.
10. Keyboard
Keyboard adalah sebuah komponen komputer
inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard
standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti
keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang
menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya
11.
Mouse
Mouse adalah komponen komputer inputan yang
berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik
sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga
bermacam-macam modelnya, ada mouse
standard,
mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan
lain sebagainya.
D.
Kesimpulan Praktek
Dalam merakit komputer kita akan
menemukan bayak peralatan
atau hadware. Dalam hal ini kita harus
mengetahui keseluruhan fungsi dan prinsip kerja hadware tersebut,
dalam membongkar CPU juga diperlukan ketelitian.
BAB IV
PENUTUP
Setelah mejalani
praktek kerja industri yang di lakukan selama 2 bulan lebih yang di mulai dari
tanggal 13 Desember 2016 sampai
dengan 11 Febuari 2017. Siswa praktik telah
mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman.Sehingga dapat menjadikan sebagai acuan
alam pembuatan laporan ini. Setelah 2 bulan lebih praktik dan membuat
laporan, siswa dapat mengetahui bagaimana cara merakit PC.
A.
KESIMPULAN
Setelah
menyelesaikan laporan Praktik Kerja
Industri penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
·
Kegiatan PRAKERIN merupakan kegiatan yang
sangat positif untuk menambah wawasan para pelajar.
·
Dalam kegiatan PRAKERIN pelajar dapat lebih mengasah
kemampuannya.
·
Dalam PRAKERIN pelajar dapat menjalin hubungan
baik dengan masyarakat baru.
·
Dalam PRAKERIN pelajar lebih dapat melatih
kepribadiannya masing-masing.
B. SARAN
Beberapa hal yang kami temukan di
lapangan saat pelaksanaan Prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami
temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan
ini kami ajukan beberapa saran antara lain:
1. Sekolah
perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan
perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Prakerin
dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2. Sekolah perlu memberikan penekanan pada
masalah budaya kerja
yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta.
Dengan demikian apabila siswa melakukan Prakerin pada sehingga pada instansi
dimaksud, para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.Demikian Laporan
Prakerim ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya
siswa-siswi SMK AL FURQON.
Untuk para
siswa yang belum melaksanakan Prakerin,kami menyarankan agar selalu bertanya
kepada instruktur atau pembimbing jika ada sesuatu yang belum terlalu diketahui
dan belum paham , jangan malu untuk bertanya karena orang yang lebih tau
tentang hal itu tidak akan memberikan ilmunya jika anda tidak bertanya.
Daftar Pusaka
http://study.com/cimages/multimages/16/computer_video_card_fan_600.jpg
Ø LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran
pembuktian PRAKERIN:
Ø Kegiatan Praktek
ditempat magang
( MAJU JAYA KOMPUTER)
Praktek
yang dilakukan ditempat magang seperti merakit PC, pengecekanCPU yang telah dirakit
pemasangan batrai CIMOS pengambilan BARANG pengiriman BARANG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar