Modul 1Mendeskripsikan Admninistrasi Perkantoran
1. Admministrasi berasal dari bahasa Latin, Ad dan Ministrare. Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani. Apa yang dimaksud Administrasi?
2. Administrasi juga memiliki unsur-unsur. Menurut The Liang Gie dalam buku “Administrasi Perkantoran Modern”, unsur Administrasi ada 8. Sebutkan 8 unsur dari Admministrasi tersebut?
3. Fungsi Administrasi ada lima, seperti fungsi analisis. Apa yang dimaksud dengan fungsi analisis? Berikan contohnya!
4. Fungsi Administrasi ada 5 yaitu fungsi rutin, fungsi teknis, fungsi analisis, fungsi interpersonal, dan fungsi manajerial. Apa yang dimaksud dengan fungsi manajerial?
5. Kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari tempat personil dan operasi ketatausahaan. Tujuan kantor adalah memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman. Kantor memiliki 5 fungsi, apakah fungsi dari kantor tersebut?
6. Didalam ruang lingkup administrasi perkantoran, ada kegiatan kantor dan sarana dan fasilitas kerja perkantoran. Kegiatan kantor terdiri dari perencanaan perkantoran, pengorganisasian perkantoran, pengarahan perkantoran, dan pengawasan perkantoran. Apa saja yang termasuk ke dalam pengawasan perkantoran?
7. Sarana dan fasilitas kerja perkantoran terdiri atas lokasi kantor, gedung, peralatan, interior, dan mesin-mesin kantor. Apa yang dimaksud interior?
Modul 2Mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor
8. Organisasi berasal dari bahasa yunani “Organon”. Dalam bahasa latin “Organum” yang artinya alat, bagian, anggota atau badan. Apa yang dimaksud dengan organisasi?
9. Organisasi selain memiliki tujuan, ada pula prinsip-prinsip organisasi. Ada 7 prinsip-prinsip organisasi. Apa saja ke 7 prinsip-prinsip organisasi tersebut?
10. Berdasarkan pola hubungan kerja serta alur wewenang dan tanggung jawabnya, bentuk organsiasi terbagi menjadi 3 macam. Yaitu organisasi garis/lini, organisasi garis&staf, dan organsisasi fungsional. Apa kelebihan dari organisasi garis/lini?
11. Selain organisasi garis/lini ada juga bentuk organisasi lainnya yaitu organisasi garis&staf dan organisasi fungsional. Apa kekurangan dari organisasi garis&staf?
12. Organisasi fungsional adalah organisasi ayng pimpinannya tidak mempunyai bawahan yang jelas. Apa kelebihan dari organisasi fungsional ini?
13. Pekerjaan kantor menekankan kepada fungsi kantor yaitu menyediakan suatu pelayanan mengenai komunikasi dan warkat. Apakah fungsi dari pekerjaan kantor?
Modul 3Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor
14. Jenis-jenis pekerjaan kantor sangat beragam, seperti menggandakan. Menggandakan yaitu kegiatan melipat gandakan suatu dokumen, seperti apakah contoh dari kegiatan menggandakan dokumen?
15. Bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference merupakan kegiatan pekerjaan kantor. Jenis pekerjaan kantor apakah yang kegiatannya seperti itu?
16. Untuk menunjang tugas utama perusahaan maka diperlukan presentase pekerjaan. Berapakah presentase dari typing, calculating, dan telephoning?
17. Selain jenis-jenis pekerjaan kantor, ada juga hasil jasa/produk pekerjaan kantor. Seperti surat, surat adalah media komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran/informasi yang disampaikan kepada pihak lain untuk mendapatkan tanggapan. Apa kegunaan dari surat ini?
18. Laporan mempunyai fungsi yaitu sebagai bahan pertanggung jawaban, alat penyampaian informasi, alat pengawasan, dan lain-lain. Apa yang dimaksud dengan laporan?
Modul 4Mengidentifikasi Sarana dan Prasaran AP
19. Peralatan/perlengkapan kantor adalah alat/bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan baik. Apa saja jenis-jenis peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya?
20. Ruang kantor terbuka adalah ruangan dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama-sama dalam satu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok ataupun penyekat dari kayu. Apa keuntungan dari ruang kantor terbuka?
21. Penyimpanan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan. Apa tujuan dari penyimpanan barang/bahan kantor?Jawab : -Agar barang tidak cepat rusak -Agar tidak terjadi kehilangan barang -Agar tersusun rapi sehingga mudah ditemukan apabila barang tersebut dicari
Modul 5Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Perkantoran
22. Personil kantor adalah pegawai, anak buah, awak. Apa saja yang termasuk kedalam personil kantor dan jelaskan!
23. Macam-macam personil kantor ada 4 macam salah satunya yaitu Administrator atau petugas pelaksana administrasi. Apa yang dimaksud dari Administrator atau petugas pelaksana administrasi?
24. Selain Administrator atau petugas pelaksana administrasi, ada juga macam personil kantor lainnya seperti Staf atau pembantu ahli. Apa yang dimaksud staf atau pembantu ahli ini?
25. Ada 3 tahap dalam pengadaan personil kantor. Yaitu tahap analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi. Apa yang dimaksud dari tahap rekrutmen?
26. Mutasi personil kantor yaitu pemindahan karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain. Mutasi dapat dilakukan secara horizontal ataupun vertikal. Didalam cara vertikal, terbagi menjadi promosi dan demosi. Apa yang dimaksud promosi dalam memutasi personil kantor dengan cara vertikal?
27. Macam-macam mutasi sangat beragam. Apa saja macam-macam mutasi bila ditinjau dari tempat kerja karyawan?
Pokok-pokok Organisasi
28. Setiap organisasi dibentuk karena adanya suatu tujuan tertentu. Tujuan ini bukan saja harus diketahui secara pasti melainkan, juga harus dirumuskan dengan jelas dan sebaiknya secara tertulis. Apa yang dimaksud dengan tujuan organisasi?
29. Adapun anggota organisasi yaitu tenaga staf. Apa yang dimaksud dengan tenaga staf?
30. Tugas dan kewajiban staf atau pejabat staf beserta unit staf yang dipimpinnya tergantung dari apa saja?
31. Jika dilihat dari segi perannya, maka staf dapat dibedakan atas dua golongan yaitu Advisory staf dan Service staf. Aapa tugas dari Advisory staf?
32. Pemberian pertimbangan yang matang kepada pimpinan dilakukan dengan mengadakan proses kegiatan-kegiatan pendahuluan. Apa saja proses kegiatan-kegiatan pendahuluan itu?
33. Pada hakekatnya sebelum saran diajukan staf kepada pimpinan kantor, saran-saran tersebut perlu analisa. Saran staf yang baik adalah saran yang memenuhi persyaratan-persyaratan. Apa saja saran yang memenuhi persyaratan-persyaratan?
34. Hubungan pimpinan kantor dan staf, hubungan adalah proses pengalihan (transfer) sesuatu dari satu orang atau unit lain kepada unit lainnya. Apa saja macam-macam jenis dari hubungan antara pimpinan dengan staf?
35. Wewenang (Authority) adalah alat untuk melakukan suatu perbuatan atau tindakan. Wewenang dibagai menjadi 3, yaitu wewenang garis, wewenang staf, dan wewenang fungsional. Apa yang dimaksud dari wewenang fungsional?
36. Wewenang dapat didelegasikan dari suatu pihak kepada pihak lain. namun tentu saja tidak semua wewenang dapat didelegasikan. Sifat pendelegasian harus disesuaikan dengan fungsi, kemampuan, dan ruang lingkup tingkatannya. Apa yang dimaksud dengan pendelegasian wewenang?
37. Pendelegasian wewenang merupakan proses dalam pembagian pekerjaan antara atasan dan bawahan yang masing-masing mempunyai tugas dan wewenangnya. Apa saja sumber-sumber wewenang?
38. Ada sepuluh macam wewenang yang harus diketahui. Apa saja ke sepuluh macam wewenang tersebut?
39. Apa yang dimaksud dengan Wewenang anggaran atau Budgeting authority?
40. Tanggung jawab timbul karena adanya hubungan antara atasan dan bawahan yang melaksanakan sebagian dari tugas orang lain. Tanggung jawab tercipta karena adanya penerimaan wewenang. Tanggung jawab harus sama besarnya dengan wewenang yang dimiliki. Apa saja macam-macam tanggung jawab?
-Tanggung jawab terhadap Politik
-Tanggung jawab terhadap Hukum
-Tanggung jawab terhadap Jabatan
-Tanggung jawab terhadap Lembaga
-Tanggung jawab terhadap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar