Rabu, 05 November 2014

KOLEGA DAN PELANGGAN

 
 
 
 

SOAL LATIHAN TEORI 

PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN


1.    Berikut ini yang termasuk prinsip-prinsip manejemen/administrasi perkantoran  menurut Henry Fayol diantaranya adalah…
a. Pembagian kerja, disiplin dan kesatuan perintah
b. Tujuan, perencanaan dan pengawasan
c. Perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan
d. Motivasi, delegasi, promosi
e. Sentralisasi dan desentralisasi 
2.    Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah...
a. Mejual barang/jasa
b. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
c. Menyediakan informasi kepada masyarakat
d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
e. Meningkatkan kinerja karyawan

3.    Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan, sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa...
a. Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
b. Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi?
c. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan?
d. Tinggalkan pesan saja Bapak sedang sibuk
e. Lain kali saja Bapak telepon lagi
4.    Suatu rangkaian kegiatan yang menyampaikan warta dari seseorang kepada orang lain dalam rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan disebut ….
a. Komunikasi
b. Tata kerja kantor
c. Tata hubungan
d. Komunikasi kantor
e. Tata hubungan komunikasi
5.    Radio, tape recorder dan telepon merupakan jenis media komunikasi...
a. Audio Visual
b. Cetak
c. Visual
d. Gambar
e. Audio
6.    Langkah yang tepat untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan yang di sampaikan oleh pelanggan adalah ….
a. Melaporkan kepada atasan
b. Menelepon bagain costumer services
c. Mendengarkan dan mencatat solusi
d. Memberikan pada bagian lain
e. Mencatat keluhannya
7.    Agar karyawan/pekerja merasa selamat dalam melakukan aktifitas kerja, harus memperhatikan unsur-unsur penunjang keselamatan kerja berikut ini, yaitu ….
a. adanya kesadaran dalam menjaga keamanan dan kesehatan kerja
b. teliti dalam bekerja
c. melaksanakan prosedur kerja dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan kerja
d. menggunakan alat pelindung diri pada saat bekerja
e. semua jawaban benar
8.    Lingkungan tempat di mana seorang tenaga kerja, seorang karyawan melakukan suatu pekerjaan disebut ….
a. lingkungan hidup           d. lingkungan sosial
b. lingkungan alami           e. lingkungan buatan
c. lingkungan kerja
9.    Langkah untuk mengoperasikan Microsoft word 2007 adalah ….
a. Start – all programs – Microsoft word 2007
b. Home – all programs – Microsoft office 2007
c. Start – Microsoft office 2007
d. Start – all programs – Microsoft office – Microsoft word 2007
e. Start – all programs – Microsoft word 2007 – Microsoft office
10.  Aplikasi software komputer yang digunakan untuk membuat laporan keuangan kas kecil dan dokumen lainnya yang berupa angka dan tabel adalah ….
a. MS Acces
b. MS Excel
c. MS Word
d. MS Power Point
e. MS Publisher
11.  Untuk menambahkan slide baru dapat dilakukan melalui menu bar …
a.   Insert – Group Slides – New Slides
b.  Button – Insert – New Slides
c.   Home – Group Sides – New Slides
d.  Home – Styles – New Slides
e.   Start – Insert – New Slides
12.  Alat yang digunakan untuk mengirim data dokumen yang sama dengan aslinya,baik tulisan dan gambar dalam waktun yang singkat...
a. MesinBinding                                    
b. Telepon genggam                           
c. Mesin fotocopi    
d. Risograf
e. Mesin Faximili
13.  Dokumen bersejarah yang mencakup materi cetak, tidak tercetak, prasasti, disebut dokumen…
a. Korporil                          d. Tekstual
b. Literer                            e. Non Tekstual
c. Pribadi
14.  Untuk mengetahui jumlah surat yang telah dikeluarkan atau surat yang diterima pada periode tertentu, adalah kegunaan … surat
a. Kepala                           d. Hal
b. Tanggal                          e. Nomor
c. Alamat Dalam
15.  Bentuk surat yang ciri kususnya terletak pada penulisan alamat dalam, yaitu alamat dalamnya berlekuk, disebut surat…     
a. Block Style                   
b. Indented Style
c. Full Block Style            
d. Semi Block Style
e. Hanging Paragraph Style
16.  Semua mesin yang dirancang dengan menggabungkan tiga teknologi yaitu scanning, fotocopi serta sistem offset adalah..
a. Mesin fotocopi          d.  Mesin stensil otomatis
b. Mesin Faximili          e. Mesin stensil manual
c. Risograf
17.  Suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk atau sifat benda, dokumen, foto,gelombang dan suhu adalah..
a. Mesin stensil                d. Mesin binding
b. Mesin fotocopi              e. Mesin scanner
c. Risograf
18.  Keuntungan menggunakan Risograf adalah...
a. Sebagai alat penggandaaan                
b. Biaya operasional tinggi                       
c. Mencetak kertas 150lembar/menit
d. Perawatan mahal
e. Waktu mencetak terlalu lama
19.  Sistem penyimpan dan penemuan kembali arsip berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun, disebut sistem ....
a. Kronologis
b. Alfabetic
c. Geografis
d. Numeric
e. Subyek
20.  Map yang menggunakan jepitan, digunakan untuk menyimpan arsip dan biasanya disusun secara vertical di atas rak, disebut ....
a. Stop map
b. Snelhecter
c. Map gantung
d. Ordner
e. Tab
21.  Sekumpulan informasi yang ditata secara sistematis, terdiri dari informasi tertulis, terketik, tercetak atau telah terekam dengan mesin disebut ....
a. Warkat
b. Record
c. File
d. Surat
e. Arsip
22.  Informasi yang berisikan tentang e-mail lain masuk ke e-mail anda dalam bentuk informasi yang tidak dikenal adalah ….
a.       Inbox
b.      Drafts
c.       Sent
d.      Trash
e.       Spam
23.  Pada penangananan surat masuk, setelah diterima dicatat ke buku agenda, langkah berikutnya adalah ….
a.       Dikirim kebagian lain
b.      Dicatat kedalam buku ekspedisi
c.       Diberi lembar disposisi
d.      Diperiksa kelengkapan isinya
e.       Disimpan
24.  Surat keluar merupakan kebutuhan, misalnya kantor ingin mengundang rapat, maka dibuat surat undangan rapat, cara pendistribusian surat undangan dalam organisasi menggunakan buku ….
a.       Agenda
b.      Ekspedisi intern
c.       Ekspedisi ekstern
d.      Agenda tunggal
e.       Agenda berpasangan
25.  Hal yang pertama kali dilakukan oleh seorang sekretaris  dalam menangani  perjalanan  bisnis  adalah . . . .
a. menyiapkan  akomodasi            
b. menyiapkan  transportasi                     
c. menyiapkan  dokumen 
d. menyiapkan  keuangan    
e. menyiapkan  penginapan
                
26.  Suatu bukti izin yang berupa  cap pada lembar halaman paspor  yang berlaku pada       waktu tertentu  yaitu tidak lebih dari dua minggu disebut . . . .
a. fiskal                                         
b. Visa                                             
c. paspor
d. yellow card
e. SPPD
27.  Agar rapat berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan rapat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah persiapan administrasi. Hal-hal yang berkaitan dengan persiapan administrasi adalah..
a. Membuat surat undangan rapat                       
b. Persiapan akomodasi
c. Pengaturan tempat duduk                                
d. Menentukan tujuan rapat
e. Penyusunan notula
28.  Segala bentuk peralatan dan perlengkapan yang menjadi fasilitas penunjang bagi pertemuan/rapat agar berjalan lancar disebut...
a. Dokumen rapat                                                
b. Lay out
c. Media rapat                                                      
d. Distribusi
e. Akomodasi
29.  Catatan hasil rapat yang telah diolah menjadi catatan yang urut dan dapat dipertanggungjawabkan untuk pengambilan bahan keputusan disebut...
a. Notulis                                                               
b. Laporan rapat
c. Kesimpulan rapat                                             
d. Notulen
e. Risalah
30.  Transaksi-transaksi berikut yang dibiayai dengan dana kas kecil, yaitu....
a. biaya produksi                                      
b. biaya promosi
c. pengadaan barang                               
d. pembelian mesin dan kendaraan kantor
e. biaya rekening telepon
31.  Setiap transaksi yang terjadi yang berkaitan dengan dana kas kecil, tidak dicatat dalam jurnal. Ini merupakan ciri metode....
a. fluctuation fund system                        
b. lifo
c. moving average                                               
d. fifo
e. imprest fund system.
32.  Pelanggan eksternal bisa individu atau perorangan dan perusahaan atau lembaga, oleh sebab itu kebutuhan pelanggan ekternal diantaranya …
a. kerjsama/teamwork
b. struktur dan sistem yang jelas
c. kualitas kerja
d. harga yang kompetitif
e. tepat waktu
33.  Data tentang karyawan, seperti data absensi, dan data jam kerja lembur termasuk data….
a. data keuangan
b. data administrasi
c. data kepegawaian
d. data pembelian
e. data produksi
34.  Data yang dikelola adalah yang bersifat bahan jadi bagi pengambilan keputusan pemimpin organisasi yaitu pengolahan data/informasi pada tingkat….
a. tingkat manajemen
b. tingkat produksi
c. tingkat operasional
d. tingkat bawahan
e. tingkat atasan
35.  Proses penarikan sejumlah calon pegawai yang memiliki potensi untuk ditarik menjadi pegawai, yang dilakukan melalui berbagai kegiatan disebut….
a. Rekrutmen
b. formasi
c. promosi
d. mutasi
e. PHK
36.  Melakukan  tindakan pencatatan dan penyusunan daftar inventaris secara sistematis, tertib, dan teratur berdasarkan ketentuan dan pedoman yang berlaku dinamakan….
a. maintenance
b. rehabilitasi
c. akumulasi penyusutan
d. inventarisasi
e. administrasi
37.  Komunikasi non verbal disampaikan dengan cara ….
a.    Membaca
b.    Menulis
c.    Mendengarkan
d.    Bahasa tubuh
e.    Lambang atau gambar
38.  Instruksi number of copies pada menu print berguna untuk ….
a.    Mencetak seluruh halaman
b.    Mencetak halaman tertentu
c.    Mengatur penggunaan tinta printer yang diinginkan
d.    Mencetak halaman yang aktif
e.    Menentukan jumlah cetakan
39.  Seseorang yang menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja disebut kolega yang berarti …
a.    Tamu kantor
b.    Pelanggan kantor
c.    Rekan kantor
d.    Teman atasan
e.    Dinas pemerintah
40.  Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah …
a.    Disposisi
b.    Buku jurnal surat keluar
c.    Buku jurnal surat masuk
d.    Buku ekspedisi
e.    Buku direktori

 
 1.       Salah satu cara untuk memelihara hubungan kekeluargaan para pegawai yaitu  dengan cara ....
a.       menyediakan aula untuk berkumpul
b.      memberikan pedoman kerja
c.       memberi perintah yang jelas
d.      selalu datang ke rumah
e.      saling bertatap muka dan bertegur sapa

2.       Pengertian cara berpakaian yang wajar dalam melayani pelanggan adalah ....
        a.   Warna pakaian tidak terlalu menyala
b.      Model yang lazim
c.       Keserasian antara baju dan celana
d.      Jawaban a,b dan c benar
e.      Jawaban a dan c benar
3.       Bila anda  seorang profesional sebagai seorang  sekretaris, maka yang buka termasuk kriteria profesi adalah ....
a.       Bersifat tetap dan teus menerus
b.      Berdasarkan keahlian dan ketrampilan khusus
c.       Tidak perlu memiliki ijazah
d.      Lebih mendahulukan pelayanan daripada imbalan
e.      Berkelompok pada suatu organisasi
4.       Hubungan masyarakat diagonal adalah ....
a.       Hubungan antarapegawa pada tingkat yang berbeda
b.      Hubungan antarpegawa dengan pimpinan diatasnya
c.       Hubungan antarpimpinan dengan pimpinan
d.      Hbungan antapembeli dengan pegawai
e.      Hubungan antarpegawai dengan masyarakat
5.       Hubungan internal dilakukan dengan cara ....
a.       Berkampanye kebersihan lingkunga
b.      Mengundang tokoh ekonomi
c.       Membantu usaha sosial
d.      Mengadakan rapat inter perusahaan
e.      Memberi sumbangan kepada masyarakat
6.       Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbicara adalah sebagai berikut, kecuali  ....
a.       Volume suara
b.      Membuat suara lebih merdu
c.       Nada suara yang sopan
d.      Kecepatan berbicara
e.      Tinggi rendahnya nada
7.       Menyatakan terima kasih kepada pelanggan dengan harapan pelanggan mau kembali merupakan prinsip dari pelayanan prima berdasarkan konsep ...
a.       Attention
b.      Action
c.       Attitude
d.      Attention dan attitude
e.      Action dan attention
8.       Sikap berpikir positif terhadap pelanggan mutlak dibutuhkan, sebab perusahaan akan berjalan terus walaupun ....
a.       Produksinya berkualitas tinggi
b.      Produksinya laku di masyarakat
c.       Menejemennya bagus
d.      Harganya murah
e.      Harga produksinya mahal
9.       Salah satu bentuk kegiatan hubungan masyarakat eksternal adalah ....
a.       Menjual barang besar-besaran
b.      M3engadakan olah raga bersama dengan masyarakat
c.       Memberi potongan harga
d.      Memberi hadia lewat undian
e.      Memberi senyuman kepada pembeli
10.   Pegawai yang sudah berpengalaman diwajibkan mengajarkan cara-cara melaksanakan tugas kepada para pegawai baru yang disebut ....
a.       On the job training
b.      Induction training
c.       Apprentice training
d.      Jib training
e.      Supervisory training

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE