Selasa, 20 Januari 2015

RPP KKPI KELAS Xa

RENCANA Pelaksanaan PEMBELAJARAN
Normatif
 
Adaptif
Produktif

 
Mata Pelajaran               : KKPI
Kode Kompetensi               : KKPI.104.001.01              
Kelas / Semester               : X / 1
Alokasi Waktu               : 30 Jam x 45 Menit


Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE
Kompetensi Dasar
  1. Sistem Mengoperasikan Operasi dasar Teks
Indikator
    • Sistem Komputer dijelaskan DENGAN rinci
    • Sistem dinyalakan TPU DENGAN Prosedur yang Benar.
    • Indikator keberhasilan Sistem ditampilkan pãda Layar Monitor
    • Perintah Perintah Sistem Operasi Siap dijalankan
    • Perintah folder MEMBUAT, Melihat hal, mengubah cara menghapus Dan dijalankan TPU DENGAN KETENTUAN
    • Perintah menyalin, cara menghapus, Dan memindahkan berkas dilakukan DENGAN Baik
    • Perintah UNTUK MEMBUAT, cara menghapus, memperbaharui mengajukan Konfigurasi Sistem dibuat Beroperasi Benar
    • Prosedur menutup Sistem dilakukan Beroperasi Benar


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
    • M elakukan Prosedur penyalaan Komputer Beroperasi Benar.
    • M elakukan Perintah-Perintah internal yang Penulisan DENGAN yang Benar.
    • M elakukan Perintah-Perintah eksternal DENGAN Penulisan yang Benar.
    • Menjelaskan Jenis-JENIS Perangkat Keras Yang dikonfigurasi DENGAN menggunakan Sistem Operasi Berbasis Teks.
    • Melakukan Prosedur menutup TPU DENGAN SOP.

B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Operasi Berbasis Teks:
    • Sistem Komputer
    • Prosedur penyalaan Komputer
    • Identifikasi POST
- Suara
- Tampilan
    • Perintah internal
    • Eksternal Command
    • Prosedur menutup

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer


D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    • Menjelaskan Sistem Komputer (input, proses, output, storage), hardware, software Singkat Dan Jelas.
    • Menjelaskan Dan melakukan Prosedur penyalaan Komputer Beroperasi Benar
    • Mengidentifikasikan Kondisi Komputer Yang Siap DENGAN Melihat hal tampilan pãda Layar Monitor DENGAN teliti
    • Menjelasakan Dan melakukan Perintah-Perintah DENGAN internal yang Penulisan yang Benar.
    • Menjelaskan Dan melakukan Perintah-Perintah eksternal DENGAN Penulisan yang Benar
    • File fungsi fungsi Menjelaskan Konfigurasi pãda Sistem Komputer (batch, config file)
    • Menjelaskan Jenis-JENIS Perangkat Keras Yang dikonfigurasi DENGAN menggunakan Sistem Operasi Berbasis Teks
    • Melakukan Prosedur menutup TPU DENGAN SOP

E. SUMBER BELAJAR:
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Komputer
  • UPS
  • Internet
  • Buku DOS
  • Sistem Operasi DOS

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
        1. Langkah Sebutkan (Prosedur) Mematikan Komputer Beroperasi Benar!
        2. Sebutkan beberapa alat perangkat input Yang termasuk?
        3. Sebutkan 5 Perintah DOS internal yang Dan beri k an penulisannya contoh!
        4. Sebutkan 5 Perintah eksternal DOS Dan berikan contoh penulisannya!
        5. Apa Saja fungsi fungsi Dari berkas COMMAND.COM?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet masukan Yang berkaitan DENGAN, Proses Dan output, Sistem Operasi, Perintah Dan intern eksternal DOS.




Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE
Kompetensi Dasar
  1. Mengoperasikan Sistem Operasi secara GUI (Graphical User Interface)
Indikator
  • Menunjuk perangkat (seperti tikus) dijelaskan Beroperasi Benar.
  • Tikus digunakan UNTUK melakukan Perintah Pengelolaan File Dan folder, seperti Melihat hal isi folder, MEMBUAT, mengubah, cara menghapus, berkas nāma mengganti folder, menyalin folder danmenyalin memindahkan file / / memindahkan / Dari suatu folder to Tourism lain.
  • Menunjuk perangkat DENGAN cara "titik & klik" maupun "klik & tarik" pãda dilakukan Lingkungan GUI.
  • Pengelolaan SISTEM MANAJEMEN menu tampilan, ikon Dan tampilan Utama dilakukan DENGAN Benar.
  • Input perangkat output diinstalasi pãda Sistem DENGAN Cermat Dan teliti.
  • Program pãda Sistem Operasi Berbasis GUI Dibuka d an Ditutup TPU Prosedur.
  • Proses menutup dilakukan Beroperasi Benar TPU DENGAN SOP.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Peralatan Menggunakan Peralatan perangkat menunjuk TPU DENGAN Kebutuhan.
  • M elakukan p rosedur MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah cara menghapus berkas Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
  • M elakukan Prosedur MEMBUAT, menyalin, mengubah folder Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
  • Melakukan pengaturan tampilan kerja
  • M elakukan Prosedur UNTUK Mengelola menu, ikon Dan tampilan Utama.
  • M elakukan Prosedur Instalasi printer, scaner, Kartu Jaringan.

B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Operasi Berbasis GUI:
  • Pengetahuan menunjuk Peralatan perangkat.
  • MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah Satu berkas cara menghapus persatu, nama kelompok Dan Seluruh.
  • MEMBUAT, menyalin, mengubah Dan cara menghapus folder Satu persatu, Kelompok Dan Seluruh.
  • Pengaturan tampilan Jendela TPU DENGAN Kebutuhan.
  • Perintah-Perintah Mengelola UNTUK menu, ikon Dan Utama tampilan.
  • Menginstal printer, scanner, Kartu Jaringan,
  • Prosedur s hutdown Komputer.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer


D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Jenis-JENIS Piranti pointing device.
  • Peralatan Menggunakan Peralatan perangkat menunjuk TPU DENGAN Kebutuhan.
  • Menjelaskan Dan melakukan p rosedur MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah cara menghapus berkas Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
  • Menjelaskan Dan melakukan Prosedur MEMBUAT, menyalin, mengubah folder Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
  • Menjelaskan Dan melakukan pengaturan tampilan kerja
  • Menjelaskan Dan melakukan Prosedur UNTUK Mengelola menu, ikon Dan tampilan Utama.
  • Menjelaskan Dan melakukan Prosedur Instalasi printer, scaner, Kartu Jaringan.
  • Menjelaskan Dan melakukan Prosedur shutdown.

E. SUMBER BELAJAR:
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku Windows
  • Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Pencetak
  • Sistem Operasi Windows
  • Sistem Operasi Linux

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Apa Fungsi Dari Windows Explorer?
  2. Sebutkan APA Yang dimaksud drag dan drop?
  3. Sebutkan Langkah-Langkah mengcopy beberapa file yang Dari CD to folder My Document!
  4. Bagaimana Langkah-Langkah mengubah Jendela Penampilan?
  5. Apa Yang dimaksud DENGAN Screen Saver, Dan APA manfaatnya?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN menginstal hardware Dan perifer, Mengelola berkas di Windows, mengubah Tampilan Menu, ikon Dan tampilan di Windows.



Mata Pelajaran               : KKPI
Kode Kompetensi               : KKPI.104.00 2 .01              
Kelas / Semester               : X / 1
Alokasi Waktu               : 84 Jam x 45 Menit

Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
Kompetensi Dasar
1. Menginstal Sistem Operasi softrware
Indikator
  • Software Fungsi Sistem Operasi dijelaskan DENGAN Benar.
  • Langkah-Langkah menginstal software Sistem Operasi dijelas kan DENGAN Benar.
  • Cara menginstal software Sistem Operasi dijelaskan DENGAN Benar.
  • Software Sistem Operasi diinstal TPU DENGAN SOP
  • Software Sistem Operasi Dan dioperasikan berjalan Beroperasi normal.
  • Software Fungsi aplikasi untuk dijelaskan Benar DENGAN.
  • Langkah-Langkah software menginstal dijelaskan aplikasi untuk
  • DENGAN Benar.
  • Cara menginstal software dijelaskan aplikasi untuk DENGAN Benar.
  • Software aplikasi untuk diinstal TPU DENGAN SOP.
  • Software aplikasi untuk Dan dioperasikan berjalan Beroperasi normal.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Menjelaskan software fungsi fungsi Sistem Operasi.
  • Melakukan Langkah-Langkah Instalasi software Sistem Operasi.
  • Menjelaskan aplikasi untuk perangkat lunak fungsi fungsi.
  • Melakukan Langkah-Langkah aplikasi untuk perangkat lunak Instalasi.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Menginstal Sistem Operasi Dan Program Aplikasi:
  • Software Fungsi:
    • Sistem Operasi
    • aplikasi untuk
  • Cara menginstal perangkat lunak:
    • Sistem Operasi
    • aplikasi untuk
  • Cara mengoperasikan perangkat lunak:
    • Sistem Operasi
    • aplikasi untuk

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Software Mempersiapkan dan Komputer Yang diinstal akan.
  • Fungsi fungsi Menjelaskan software Sistem Operasi.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Instalasi software Sistem Operasi.
  • Software Menginstal Sistem Operasi.
  • Mengoperasikan software Sistem Operasi.
  • Fungs i Menjelaskan software aplikasi untuk.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Instalasi aplikasi untuk perangkat lunak.
  • Menginstal aplikasi untuk perangkat lunak.
  • Mengoperasikan aplikasi untuk perangkat lunak.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku Panduan Instalasi Sistem Operasi Program Dan aplikasi untuk
  • Instalasi SOP perangkat lunak
  • Internet
  • Komputer
  • Perangkat Lunak
  • Menu Bantuan

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Apa Saja Yang membedakan ANTARA Sistem Operasi Windows 98 DENGAN Windows 2000?
  2. Apa Saja keunggulan Windows 2000 dibandingkan DENGAN Windows 98?
  3. Sebutkan Beroperasi Garis-Garis Besar Langkah-Langkah menginstal Windows 98!
  4. Sebutkan software-software aplikasi untuk paket Dari Microsoft Office!
  5. Sebutkan Utilitas perangkat lunak beberapa!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN menginstal software Sistem Operasi Dan software aplikasi untuk.




Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
Kompetensi Dasar
2. Mengoperasikan software Pengolah kata
Indikator
  • Software Fungsi Pengolah kata dijelaskan DENGAN Benar.
  • Software Pengolah kata dijalankan melalui Perintah Yang ter DAPAT menu start PADA, shortcut icon ATAU.
  • Software BERBAGAI Pengolah kata dioperasikan TPU DENGAN SOP.
  • Perintah-Perintah Pengelolaan Berkas Dokumen, Seperti: MEMBUAT Dokumen Baru, Membuka Dokumen, Dokumen menyimpan, menyimpan DENGAN nāma Lain, Program Keluar Dari aplikasi untuk dijalankan DENGAN Benar.
  • File Dokumen Disimpan menggunakan BERBAGAI Format ANTARA berbaring: sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (halaman web)
  • File Dokumen dijalankan DENGAN Perintah-Perintah editing sederhana ANTARA berbaring: mengetik Dan menyelipkan Huruf / kata / kalimat, memformat Huruf / font, text keselarasan, penomoran, peluru, page break, PENGGUNAAN Kolom, paragraf, perbatasan Dan shading, Format pelukis, mengedit, pasta, potong, mail merge.
  • Document File diatur DENGAN Perintah-Perintah ANTARA pengaturan berbaring: Kertas Ukuran, Orientasi Kertas (Potraid ATAU Landscap), marjin.
  • Header Dan footer, Halaman pemberian, penomoran isian berulang File pãda diaplikasikan Dokumen.
  • Perintah-Perintah pencetakan seperti cetak pengaturan print preview Dan diaplikasikan TPU DENGAN parameter Kertas Dan printer.
  • Berkas Dokumen dicetak TPU DENGAN parameter standar seperti mencetak Semua Halaman, Halaman Tertentu, halaman Yang sedang Aktif / diedit.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Membuka Dan Menutup software Pengolah kata.
  • Menggunakan menu-menu Yang ADA di hearts software Pengolah kata.
  • Menggunakan icon-icon Yang ADA di toolbar software Pengolah kata.
  • MEMBUAT, mengedit, memformat Dan memanipulasi Dokumen Pengolah kata.
  • Mencetak Dokumen hasil temuan kerja perangkat lunak Pengolah kata.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Aplikasi Software Pengolah Kata:
    • Software Pengenalan aplikasi untuk Dan menu - menu software Pengolah kata
    • MEMBUAT, Membuka Dan berkas menyimpan dokumen
    • Pengolahan Dan pengaturan, Serta isian berulang pãda Dokumen berkas
    • File Pencetakan dokumen


C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Fungsi fungsi Menjelaskan software Pengolah kata.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Membuka Dan software Menutup Pengolah kata TPU SOP.
  • Menu melalui Mengoperasikan, shortcut icon ATAU software pãda BERBAGAI Pengolah kata DENGAN Cermat misalnya: Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Witer (Open Office).
  • File MEMBUAT Dokumen Baru, Membuka Dokumen, Dokumen menyimpan, with menyimpan nāma berbaring DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk Pengolah kata.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah File menyimpan Dokumen TPU Prosedur.
  • Dokumen berkas Menyimpan baru Negara berkas ATAU nāma berbaring Format DENGAN BERBAGAI penyimpanan Beroperasi teliti, misalnya: sxw (Teks Dokumen), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokumen), html (Web Halaman).
  • Menjelaskan Dan melakukan Pengolahan Dan pengaturan Dokumen berkas pãda menggunakan Perintah - Perintah font, teks aligment, peluru dan penomoran, perbatasan dan shading, page istirahat, pengaturan coulumn, halaman, paragraf, Format pelukis, sundulan dan footer, mengedit, paste, cut, mail merge.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Perintah cetak File Dokumen DENGAN Benar.
  • Megoperasikan p erintah - Perintah pencetakan seperti pengaturan cetak Dan cetak pratinjau Serta parameter menyesuaikan kertas Negara printer dgn.
  • Mengoperasikan Perintah cetak software pãda Pengolah UNTUK mencetak Semua Halaman, halaman Tertentu, halaman Yang sedang Aktif / diedit.
  • Dokumen berkas Mencetak.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku Panduan Pengoperasian perangkat lunak Pengolah kata
  • Internet
  • Pribadi Komputer
  • Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah kata
  • Menu Bantuan
  • Pencetak

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 3 Cara menyimpan berkas MS di Kata!
  2. Apa Manfaat fitur Mail Merge di MS Word?
  3. Sebutkan Langkah-Langkah menyisipkan nomor Halaman!
  4. Cara Sebutkan SEBUAH menyisipkan gambar Dan Cara peletakan gambar tersebut di MS Firman!
  5. Apa Yang dimaksud DENGAN Bullets dan Numbering?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengolah Dokumen di hearts software Pengolah k ata.



Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
Kompetensi Dasar
3. software Mengoperasikan spread sheet
Indikator
  • Software Fungsi spreadsheet (lembar sebar) dijelaskan DENGAN Benar.
  • Software spreadsheet (lembar sebar) dioperasik sebuah melalui Perintah start menu, shortcut icon ATAU.
  • Software BERBAGAI spreadsheet TPU dioperasikan DENGAN SOP.
  • Perintah-Perintah File Pengelolaan spreadsheet (lembar sebar) lembar ATAU (lembar kerja) Seperti: MEMBUAT, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma berbaring TPU dioperasikan DENGAN SOP.
  • File Spreadsheet Disimpan menggunakan BERBAGAI Format ANTARA berbaring: SXC, ods, csv, xls, html.
  • Perintah-Perintah pengaturan Kolom Dan baris diaplikasikan TPU DENGAN Kebutuhan.
  • File Spreadsheet diolah DENGAN perintahperintah editing sederhana ANTARA berbaring mengetik Dan menyelipkan Huruf / kata / kalimat sel pãda, misalnya sel memformat penomoran (nomor, mata uang, tanggal, waktu dll), font, alignment, perbatasan, latar belakang, perlindungan, menggabungkan dan pusat.
  • Perintah-Perintah copy, cut Dan pasta diaplikasikan DENGAN BERBAGAI PILIHAN, Seperti: isi (value), format, rumus ATAU Semuanya.
  • Formula Dan fungsi fungsi sederhana Seperti: + (penjumlahan), - (Pengurangan), * (perkalian), / (pembagian), sum, Rata-rata dioperasikan DENGAN Benar.
  • Header Dan footer, digunakan UNTUK isian berulang.
  • Perintah-Perintah pencetakan seperti pengaturan cetak print preview Dan, daerah cetak di-setting SEBELUM berkas mencetak.
  • File spreadsheet dicetak parameter DENGAN TPU standar.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Membuka Dan Menutup software spreadsheet.
  • MEMBUAT, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma Lain SEBUAH spreadsheet DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk spreadsheet.
  • Melakukan Pengolahan Dan pengaturan berkas sel spreadsheet pãda (Kolom Dan baris) menggunakan fitur-fitur n umbering (nomor, mata uang, tanggal, waktu dll), font, alignment, perbatasan, latar belakang, perlindungan, menggabungkan dan pusat, menyalin, pasta, dipotong.
  • Mengap l ikasikan fungsi fungsi Dan rumus sederhana Seperti: + (Penjumlahan), - (Equity), * (Perkalian), / (pembagian), sum, rata-rata berkas pãda spreadsheet.
  • Fungsi fungsi Menjelaskan Perintah cetak pãda spreadsheet software.
  • Mengoperasikan Perintah cetak software pãda parameter spreadsheet DENGAN UNTUK mencetak Semua Halaman, Halaman Tertentu, halaman Yang Aktif / diedit.

B. MATERI PEMBELAJARAN
Aplikasi Software Spreadsheet:
  • Software Pengenalan aplikasi untuk Dan menu-menu spreadsheet software.
  • MEMBUAT, Membuka Dan berkas menyimpan spreadsheet.
  • Data Pengolahan sederharna Yang sel pãda Terdapat (Kolom Dan baris), Serta isian berulang pãda spreadsheet.
  • File Pencetakan spreadsheet.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Fungsi fungsi Menjelaskan spreadsheet software.
  • Fungsi fungsi menu Menjelaskan - menu perangkat lunak spreadsheet.
  • M enjelaskan Langkah - Langkah Membuka Dan software Menutup spreadsheet.
  • BERBAGAI Mengoperasikan software spreadsheet misalnya: Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office).
  • MEMBUAT, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma Lain SEBUAH spreadsheet DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk spreadsheet.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah File menyimpan spreadsheet.
  • File Menyimpan spreadsheet berkas baru Negara ATAU nāma Lain DENGAN Format BERBAGAI penyimpanan Beroperasi teliti, misalnya: SXC, ods, csv, xls, html.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Pengolahan Dan Data pengaturan sederhana.
  • Pengolahan Melakukan Dan berkas pengaturan sel pãda spreadsheet (Kolom Dan baris) menggunakan fitur-fitur penomoran (nomor, mata uang, tanggal, waktu dll), font, alignment, b order, latar belakang, perlindungan, menggabungkan dan pusat, menyalin, pasta, dipotong.
  • Fungsi fungsi Mengapilkasikan Dan rumus sederhana Seperti: + (Penjumlahan), - (Equity), * (Perkalian), / (Pembagian), jumlah, File pãda rata spreadsheet.
  • Fungsi fungsi Menjelaskan Perintah cetak pãda spreadsheet software.
  • Perintahperintah Melakukan Pengaturan pencetakan seperti print Setup pratinjau Dan cetak, daerah cetak.
  • Perintah Mengoperasikan software pãda cetak spreadsheet DENGAN parameter UNTUK mencetak SEMUA Halaman, halaman Tertentu, halaman Yang Aktif / diedit.
  • Mencetak spreadsheet berkas.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku PANDUAN Software Pengoperasian spreadsheet (Lembar Sebar)
  • Internet
  • Pribadi Komputer
  • Perangkat Lunak Aplikasi spreadsheet
  • Menu Bantuan
  • Pencetak


F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Apa rumus fungsi fungsi SUM Dan RATA-RATA, Dan beri contoh masing-masing penulisannya yang Benar?
  2. Apa Yang dimaksud DENGAN Urutkan Ascending Dan Sort Descending?
  3. Sebutkan contoh Penulisan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan Dan Pengurangan!
  4. Ada berapa Langkah MUDAH MEMBUAT Grafik, sebutkan Garis besarnya Saja?
  5. Sebutkan Langkah-Langkah AutoFormat menggunakan!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengolah software d ata di hearts spread sheet (lembar sebar).



Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
Kompetensi Dasar
4. Presentasi software Mengoperasikan
Indikator
  • Software Fungsi Presentasi dijelaskan DENGAN Benar.
  • Software Presentasi melalui dijalankan Perintah start menu Dan shortcut icon ATAU.
  • Software BERBAGAI Presentasi dioperasikan TPU DENGAN SOP.
  • Perintah-Perintah File Pengelolaan Presentasi, Seperti: MEMBUAT Baru, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma berbaring TPU diaplikasikan DENGAN SOP.
  • Berkas Presentasi Disimpan menggunakan BERBAGAI Format ANTARA berbaring: ppt, pps, html, odp, SXI.
  • Perintah-Perintah editingsederhana, Seperti: mengetik Huruf / kata / kalimat, memformat Huruf / font, text keselarasan, penomoran, peluru, slide menyelipkan, gambar memasukkan, diagram, kotak teks, film dan suara, grafik, objek diimplementasikan TPU DENGAN Kebutuhan.
  • Geser Pengaturan, Seperti: geser lay-out, geser desain, animasi warna, skema animasi, animasi kostum, slide transisi diaplikasikan TPU DENGAN Kebutuhan
  • Lay-out Dan isian standar Yang berulang pãda Header footer dibuat Dan diubah melalui induk geser.
  • Berkas Presentasi dicetak hearts Bentuk slide / gambar, garis, tangan keluar, Catatan TPU DENGAN Kebutuhan.
  • Berkas Presentasi dicetak Parameter TPU pencetakan Seperti: Seluruhnya, halaman Tertentu Saja, halaman Yang sedang diedit, Urutan pencetakan.
  • Perintah-Perintah Dasar Halaman seperti pencetakan setup, pengaturan printer, cetak Pratinjau disetting TPU DENGAN Kebutuhan.
  • File Presentasi dipresentasikan (slide acara) melalui Komputer Dan LCD.
  • Perpindahan geser menggunakan dioperasikan Navigasi.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Me lakukan Langkah - Langkah m embuka software dan m enutup Presentasi.
  • File Menyimpan Presentasi DENGAN BERBAGAI Format ANTARA berbaring: ppt, pps, html, odp, SXI.
  • Melakukan editing sederhana UNTUK MEMBUAT Presentasi Yang meliputi teks, kalimat, penomoran, peluru, slide penyelipan, gambar pemasukkan, diagram, kotak teks, video dan suara, grafik, objek.
  • Efek Memberikan Yang berkas pãda menarik Presentasi DENGAN tata letak memadukan slide, desain slide, warna animasi, skema animasi, animasi kostum, transisi slide.
  • Cara Menjelaskan mencetak berkas Presentasi hearts Bentuk slide / gambar, garis, membagikan, catatan.
  • Melakukan Presentasi DENGAN menggunakan LCD.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Aplikasi Software Presentasi:
    • Software Pengenalan apilkasi Dan menu-menu software Presentasi
    • MEMBUAT, Membuka, File menyimpan Presentasi.
    • File Pengolahan Presentasi
    • File Pencetakan Presentasi
    • Persiapan Presentasi

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Fungsi fungsi Menjelaskan Presentasi software.
  • Menjelaskan Langkah - Langkah m embuka software dan m enutup Presentasi DENGAN Benar.
  • Mengoperasikan software BERBAGAI Pengolah kata DENGAN Cermat misalnya: Microsoft Power Point (Microsoft Office), Presentation (Star Office), Impress (Open Office).
  • File Menyimpan Presentasi DENGAN BERBAGAI Format ANTARA berbaring: ppt, pps, html, odp, SXI.
  • Melakukan editing sederhana UNTUK MEMBUAT Presentasi Yang meliputi teks, kalimat, penomoran, peluru, slide penyelipan, gambar pemasukkan, diagram, kotak teks, video dan suara, grafik, objek.
  • Efek Memberikan Yang berkas pãda menarik Presentasi DENGAN tata letak memadukan slide, desain slide, warna animasi, skema animasi, animasi kostum, transisi slide.
  • Header Memberikan dan footer pãda geser Presentasi.
  • Cara Menjelaskan mencetak berkas Presentasi hearts Bentuk slide / gambar, garis, membagikan, catatan.
  • Mencetak mengajukan Presentasi DENGAN memperhatikan pengaturan slide / gambar, garis, tangan keluar, catatan DENGAN meng-Pengaturan warna, grayscale, hitam dan Serta menyertakan putih Nama halaman, tanggal, waktu.
  • Melakukan Presentasi DENGAN menggunakan LCD.
  • Navigasi Mengoperasikan PADA Presentasi slide.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku PANDUAN Pengoperasian Presentasi
  • Internet
  • Pribadi Komputer
  • Perangkat Lunak Aplikasi Presentasi
  • Menu Bantuan
  • LCD Proyektor
  • Pencetak






F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Apa Manfaat Dari software Presentasi?
  2. Sebutkan Langkah-Langkah Skema Animasi menggunakan!
  3. Sebutkan Langkah-Langkah background gambar menggunakan!
  4. Sebutkan 4 nāma animasi Yang Kalian ketahui!
  5. Bagaimana Cara memindah Urutan geser?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Mengelola tampilan geser Presentasi.



Standar Kompetensi
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
Kompetensi Dasar
5. Mengoperasikan basis data yang perangkat lunak aplikasi untuk
Indikator
  • Fungsi basis data perangkat lunak dideskripsikan DENGAN Benar.
  • Data dasar Software dioperasikan melalui pria Perintah pãda u, shortcut icon ATAU.
  • Dasar software BERBAGAI Data dioperasikan TPU denga SOP.
  • Pengertian database, tabel, bidang, catatan, dijelaskan kunci utama DENGAN Benar.
  • Fitur-fitur berkas Pengelolaan basis data diaplikasikan TPU Kebutuhan.
  • Data dasar Software dioperasikan MEMBUAT UNTUK Dan Data memasukkan TPU DENGAN Kebutuhan DENGAN tabel tunggal.
  • Dasar lapangan Salah Satu Data disetting Menjadi SEBUAH kunci primer.
  • Perintah-Perintah editing sederhana digunakan UNTUK Menambah, mengubah, cara menghapus record TPU DENGAN Kebutuhan.
  • Basis data berkas DENGAN ditampilkan user interface.
  • Basis data berkas dicetak Data DENGAN TPU Yang Dibutuhkan (Laporan sheet).


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • M embuat, Membuka, menyimpan, basis data IT dan Menutup.
  • Pengertian Menjelaskan data base, tabel, bidang, record, primary key.
  • M embuat Dan menyimpan tabel Yang terdiri Dari beberapa bidang Dan menjadikan shalat Satu bidang nya Menjadi primary key.
  • M emasukkan, Menambah, mengubah, cara menghapus record.
  • Menampilkan Data ATAU basis data berkas DENGAN user interface.
  • Basis data berkas Mencetak.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Aplikasi Software Pengolahan Dasar Data:
    • Software Pengenalan apilkasi Dan menu-menu basis data perangkat lunak
    • MEMBUAT, Membuka, dasar berkas menyimpan Data.
    • Dasar berkas Pengolahan Data.
    • Dasar berkas Pencetakan data

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
             

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Fungsi fungsi Menjelaskan basis data perangkat lunak.
  • Proses Menjelaskan MEMBUAT, Membuka, menyimpan, Dan dasar software Menutup Data.
  • Mengoperasikan Program BERBAGAI basis data aplikasi untuk.
  • Pengertian Menjelaskan data base, tabel, bidang, record, primary key.
  • Mengoperasikan software aplikasi untuk basis data yang UNTUK MEMBUAT Dan menyimpan tabel Yang terdiri Dari beberapa bidang Dan menjadikan shalat Satu bidang nya Menjadi primary key.
  • Software Mengoperasikan Data dasar UNTUK memasukkan, Menambah, mengubah, cara menghapus record DENGAN teiliti.
  • Menampilkan Data ATAU File basis data DENGAN user interface.
  • Basis data berkas Mencetak.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
  • Buku PANDUAN Software Pengoperasian Data dasar
  • Internet
  • Pribadi Komputer
  • Perangkat Lunak Aplikasi Data dasar
  • Menu Bantuan
  • Pencetak

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Apa Yang dimaksud DENGAN Primary Key?
  2. Sebutkan Langkah-Langkah Primary Key menentukan!
  3. Sebutkan Langkah-Langkah rekaman MEMBUAT baru Negara!
  4. Sebutkan 5 Tipe Data MS Access di!
  5. Sebutkan Langkah-Langkah cara menghapus Satu ATAU beberapa record!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base Mengelola.



Mata Pelajaran               : KKPI
Kode Kompetensi               : KKPI.104.00 3 .01              
Kelas / Semester               : X / 2
Alokasi Waktu               : 40 Jam x 45 Menit

Standar Kompetensi
Mengo LAH DATA APLIKASI
Kompetensi Dasar
1. Melakukan entri Keyboard Data aplikasi untuk DENGAN
Indikator
  • Macam-macam JENIS Keyboard dibedakan * Menurut Fisik Dan Sistem koneksinya.
  • Keyboard Struktur Tombol diidentifikasi TPU DENGAN fungsinya.
  • Keyboard Tombol digunakan TPU DENGAN fungsinya.
  • Proses pemasukan data dilakukan TPU DENGAN standar Operasi aplikasi untuk.
  • Entri data pãda aplikasi untuk basis data diselesaikan Kesalahan Tanpa.
  • Data entri Hasil dicetak TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
  • Periksa daftar diisi TPU DENGAN entri data Yang dilakukan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Memasukan Data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN Keyboard menggunakan.
  • Melakukan entri data pãda sutau basis aplikasi untuk data.
  • Basis data aplikasi untuk Mencetak entri hasil temuan data yang Pada Suatu.
  • MEMBUAT Laporan Hasil entri data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Pengenalan Keyboard:
    • Keyboard Macam-macam
    • Struktur Dan Fungsi Keyboard Tombol
  • Entri data aplikasi untuk DENGAN Keyboard:
    • Prosedur Operasi pemasukan Data DENGAN Keyboard menggunakan
    • Entri data Pada Suatu basis data aplkasi
    • Entri hasil temuan Pengecekan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
    • Entri hasil temuan Pencetakan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Membedakan macam - macam Keyboard.
  • Mengidentifikasi Struktur Dan fungsi fungsi Tombol Keyboard.
  • Menjelaskan Prosedur Operasi pemasukan Data Pada Suatu aplikasi untuk basisdata DENGAN menggunakan Keyboard TPU SOP.
  • Entri data Melakukan pãda sutau APL i kasi basis data yang DENGAN Cermat.
  • Mengecek hasil temuan entri data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN teliti.
  • Basis data aplikasi untuk Mencetak entri hasil temuan data yang Pada Suatu.
  • MEMBUAT Laporan Hasil entri data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.

E. SUMBER BELAJAR
  • Komputer
  • Pencetak
  • Perangkat Lunak aplikasi untuk Dasar Data
  • Pemakai Panduan perangkat lunak Data dasar
  • Modul KKPI Dikemnjur 2005

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 4 JENIS Keyboard Beroperasi Fisik!
  2. Beberapa Sebutkan Perbedaan layout keyboard Dvorak Dan QWERTY!
  3. Sebutkan Langkah-Langkah Proses pembetulan Bila Terjadi Kesalahan entri basis pãda Data data!
  4. Apa Yang dimaksud permintaan DENGAN?
  5. Sebutkan Langkah-Langkah mencetak hasil temuan entri data di MS Access!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Keyboard data base entri Mengelola DENGAN.



Standar Kompetensi
Mengo LAH DATA APLIKASI
Kompetensi Dasar
2. Melakukan update data Utilitas DENGAN aplikasi untuk
Indikator
  • Langkah-Langkah Update operasional Proses Data dijelaskan DENGAN Benar.
  • Data, catatan lapangan ATAU pãda dasar SEBUAH aplikasi untuk Data dipilih TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
  • Data ATAU dimasukan dipindah TPU DENGAN Prosedur Dan intruksi kerja.
  • Data di-update TPU DENGAN Permintaan / Kebutuhan Kesalahan Tanpa.
  • Hasil update data dicetak TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
  • Periksa daftar diisi TPU update data DENGAN Yang dilakukan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Saya lakukan Langkah - Langkah Proses operasional update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
  • Data Pemilihan Melakukan, lapangan, catatan ATAU pãda suatu basis aplikasi untuk data.
  • Melakukan pengecekan hasil temuan update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
  • Mencetak update data hasil temuan dasar aplikasi untuk Pada Suatu Data.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Update data pãda Aplikasi Dasar Data:
    • Langkah-Langkah Proses operasional update data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
    • Data Pemilihan, bidang ATAU Catatan Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
    • Update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk
    • Update hasil temuan Pengecekan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
    • Update hasil temuan Pencetakan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Langkah - Langkah Proses operasional update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
  • Data Pemilihan Melakukan, lapangan, catatan ATAU pãda suatu basis aplikasi untuk data.
  • Melakukan update data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN Cermat.
  • Melakukan pengecekan hasil temuan update data Pada Suatu dasar aplikasi untuk Data DENGAN teliti.
  • Mencetak update data hasil temuan dasar aplikasi untuk Pada Suatu Data TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
  • Update hasil temuan dasar Data Pada Suatu aplikasi untuk Data Laporan MEMBUAT.

E. SUMBER BELAJAR
  • Komputer
  • Pencetak
  • Perangkat Lunak aplikasi untuk Dasar Data
  • Perangkat Lunak Kegunaan
  • Pemakai Panduan perangkat lunak Dasar Data
  • Modul KKPI Dikmenjur 2005

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis






PT Pertanyaan
  1. MENGAPA Database SEBUAH update data Perlu dilakukan?
  2. Update data beberapa Sebutkan Utilitas!
  3. Sebutkan beberapa Pesan Kesalahan Bila Terjadi Kesalahan update data pãda Proses!
  4. Apa Yang dimaksud DENGAN lapangan, catatan, meja Dan?
  5. Sebutkan Langkah-Langkah laporan MEMBUAT pãda MS Access!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base pembaruan meng.



Standar Kompetensi
Mengo LAH DATA APLIKASI
Kompetensi Dasar
3. Melakukan menghapus data DENGAN Utilitas aplikasi untuk
Indikator
  • Data dihapus TPU DENGAN Rencana Kerja Dan Prosedur / Instruksi kerja.
  • Rekam dihapus DENGAN beberapa macam Cara TPU Prosedur ATAU Instruksi kerja.
  • Bidang DENGAN dihapus beberapa macam Cara TPU Prosedur ATAU Instruksi kerja.
  • Tabel dihapus DENGAN beberapa macam Cara TPU Prosedur ATAU Instruksi kerja.
  • Proses menghapus data diselesaikan TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan kesalahan Tanpa.
  • Data menghapus Hasil Proses dicetak TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
  • Periksa daftar diisi TPU DENGAN Proses menghapus data Yang dilakukan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Me catatan penghapusan lakukan DENGAN Utilitas aplikasi untuk.
  • Melakukan bidang penghapusan Utilitas DENGAN aplikasi untuk.
  • Saya lakukan penghapusan tabel DENGAN Utilitas aplikasi untuk.
  • Melakukan pengecekan hasil temuan menghapus basis data aplikasi untuk Data Pada Suatu.
  • Mencetak HASIL menghapus data.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Hapus Data pãda Aplikasi Dasar Data:
    • Prosedur penghapusan data
    • Cara rekor penghapusan DENGAN Utilitas aplikasi untuk
    • Cara Penghapusan bidang DENGAN Utilitas Aplikasi
    • Cara Penghapusan tabel DENGAN Utilitas Aplikasi
    • Pengecekan Hasil menghapus data yang
    • Pencetakan Hasil menghapus data yang

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Prosedur Data Penghapusan.
  • Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan record DENGAN Utilitas Aplikasi.
  • Macam Macam Melakukan-Cara Penghapusan record Menggunakan Uitillitas Aplikasi DENGAN Cermat.
  • Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan bidang DENGAN Utilitas Aplikasi.
  • Macam Macam Melakukan- lapangan Cara Penghapusan Menggunakan Utilitas Aplikasi DENGAN Cermat.
  • Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan tabel DENGAN Utilitas Aplikasi.
  • Macam Macam Melakukan- Cara Penghapusan tabel Menggunakan Utilitas Aplikasi DENGAN Cermat.
  • Melakukan Pengecekan Hasil menghapus data Pada Suatu Aplikasi Data Dasar DENGAN Teliti.
  • Mencetak HASIL menghapus data.
  • MEMBUAT Laporan Hasil hapus.

E. SUMBER BELAJAR
  • Komputer
  • Pencetak
  • Software Aplikasi Dasar data
  • Software utiliy
  • Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. MENGAPA SEBUAH Data dasar Perlu dihapus?
  2. Sebutkan cara menghapus Cara-Cara ord rec!
  3. Sebutkan Cara-Cara lapangan cara menghapus!
  4. Sebutkan Cara-Cara cara menghapus tabel!
  5. Sebutkan Cara-cara membuat Laporan Hasil penghapusan!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base meng kompetisi ini.



Standar Kompetensi
Mengo LAH DATA APLIKASI
Kompetensi Dasar
4. Melakukan entri data yang DENGAN i mage scanner
Indikator
  • Prosedur Pengoperasian image scanner Dijelaskan Sesuai DENGAN standar Operasi image scanner.
  • Gambar scanner Dioperasikan Sesuai DENGAN SOP.
  • OBJEK Ditampilkan di Layar Aplikasi Pengolah gambar.
  • Gambar Diperbesar, diperkecil, di-cropping, Dimanipulasi Sehingga Sesuai DENGAN Prosedur Instruksi Kerja dan.
  • OBJEK / image Disimpan Format DENGAN Yang Misal Ditentukan jpeg, gif, bmp, psd, Dan berbaring Sebagainya.
  • Hasil pemindaian Dicetak Sesuai DENGAN Permintaan / Kebutuhan.
  • Periksa daftar Diisi Sesuai Proses scanning DENGAN Yang Dilakukan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Melakukan Scanning Gambar DENGAN Menggunakan gambar scanner.
  • Melakukan Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar.
  • Menyimpanan Hasil / image Format DENGAN Khusus.
  • Melakukan Pencetakan Hasil / gambar.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Data Entry DENGAN Gambar Scanner:
    • Prosedur Pengoperasian image scanner
    • Scanning Gambar DENGAN Menggunakan image scanner
    • Image Pengolah Aplikasi
    • Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar
    • Penyimpanan Hasil / image DENGAN Format Khusus
    • Hasil temuan Pencetakan / gambar

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Prosedur Pengoperasian image scanner.
  • Melakukan Scanning Gambar DENGAN Menggunakan gambar scanner Sesuai DENGAN SOP.
  • Menjelaskan Pengolahan citra DENGAN Aplikasi Pengolah gambar.
  • Melakukan Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar Sesuai DENGAN Prosedur Dan Instruksi kerja.
  • Menyimpanan Hasil / image Format DENGAN Khusus Sesuai DENGAN Prosedur Dan Instruksi kerja.
  • Melakukan Pencetakan Hasil / gambar.
  • MEMBUAT hasil temuan Laporan.

E. SUMBER BELAJAR
  • Komputer
  • Scanner
  • Pencetak
  • Software Aplikasi Pengolah gambar
  • Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang
  • SOP Scanner

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 4 software aplikasi untuk Yang Bisa digunakan UNTUK m engelola gambar (gambar)!
  2. File beberapa Sebutkan o utput Penghasilan kena pajak gambar (image) di scan (dipindai)!
  3. Apa Yang dimaksud DENGAN tanam?
  4. Sebutkan Langkah-Langkah gambar menyisipkan Yang TELAH discan (dipindai) to hearts SEBUAH Dokumen!
  5. Apakah kepanjangan Dari JPEG, GIF, BMP Dan?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN memanipulasi gambar (gambar).



Standar Kompetensi
Mengo LAH DATA APLIKASI
Kompetensi Dasar
5. Melakukan entri data yang DENGAN OCR ( Optical Character Recognition )
Indikator
  • Prosedur Pengoperasian Scanner Yang modus di-set OCR (Optical Character Recognition) Dijelaskan Sesuai DENGAN standar Operasi OCR.
  • Scanner Yang di-set modus OCR Dioperasikan Sesuai DENGAN SOP.
  • OBJEK ditampilkan di Layar aplikasi untuk Pengolah OCR.
  • Hasil pemindaian Diimpor to Apikasi Pengolah kata Sesuai DENGAN Prosedur / Instruksi kerja.
  • Teks Diedit Sesuai DENGAN Prosedur / Instruksi kerja.
  • Hasil pemindaian Disimpan Format DENGAN Yang Misal Ditentukan doc, pdf, Dan berbaring Sebagainya.
  • Hasil pemindaian Dicetak Sesuai DENGAN Permintaan / Kebutuhan.
  • Periksa daftar Diisi Sesuai Proses scanning DENGAN Yang Dilakukan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Melakukan Scanning Obyek DENGAN Menggunakan Scanner Yang di-set modus OCR.
  • Me Lakukan Pengolahan Hasil Scann i ng DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro).
  • Impor Melakukan Dan mengedit teks DENGAN Aplikasi Pengolah kata.
  • Menyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format.
  • Melakukan Pencetakan Hasil pemindaian.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Data Entry DENGAN OCR (Optical Character Recognition):
    • Prosedur Pengoperasian OCR
    • Scanning DENGAN Menggunakan OCR
    • Pengolahan Hasil scanning DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro)
    • Mengedit teks impor Dan Aplikasi Pengolah DENGAN kata
    • Penyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format
    • Pencetakan hasil temuan scanning

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Prosedur Pengoperasian OCR (Optical Character Recognition).
  • Melakukan Scanning Obyek DENGAN Menggunakan Scanner Yang modus di-set OCR Sesuai DENGAN SOP.
  • Menjelaskan Pengolahan Hasil Scann i ng DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro).
  • Impor Melakukan Dan mengedit teks DENGAN Aplikasi Pengolah kata.
  • Menyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format.
  • Melakukan Pencetakan Hasil pemindaian.
  • MEMBUAT hasil temuan Laporan.

E. SUMBER BELAJAR
  • Komputer
  • Scanner
  • Pencetak
  • Software Aplikasi Pengolah OCR
  • Software Aplikasi Pengolah kata
  • Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang
  • SOP Scanner

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 4 Persiapan Yang dilakukan SEBELUM SEBUAH Naskah Teks discan (dipindai)!
  2. Penghasilan kena pajak Naskah Teks discan (dipindai), agar bisa di-edit Naskah Harus Disimpan Astra Honda Motor sebagai berkas APA?
  3. Selain Teks Naskah, Naskah JENIS Apa Lagi Yang Bisa dipindai (discanning)?
  4. Apa software Dari Manfaat Omni Halaman Pro?
  5. Sebutkan 3 berkas ouput software Dari Omni Halaman Pro!
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN OCR (Optical Character Recognition).



Mata Pelajaran               : KKPI
Kode Kompetensi               : KKPI.104.00 4 .01              
Kelas / Semester               : X / 2
Alokasi Waktu               : 32 x 45 Jam Menit

Standar Kompetensi
Mengo PERASIKAN PC DALAM JARINGAN
Kompetensi Dasar
1. Me nginstal software Jaringan
Indikator
  • Pengertian LAN Dan Internet Dijelaskan DENGAN Benar.
  • Perangkat Jaringan Dijelaskan Beroperasi Singkat.
  • Nama Komputer Diidentifikasi Sesuai DENGAN nāma KETENTUAN Penulisan Komputer.
  • Utilitas Koneksi Dijalankan UNTUK Menguji Koneksi Komputer Beroperasi Cepat.
  • Mencari Komputer Dilakukan DENGAN Cepat Dan Benar.
  • Program Diinstal Melalui Jaringan Sesuai DENGAN Prosedur Berfungsi Dan DENGAN Baik.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Menjelaskan Pengertian LAN Dan hearts Internet Sistem Komputer Jaringan.
  • Me Lakukan Identi Fikasi Komputer (nama Komputer, TCP / IP).
  • Melakukan uji Koneksi DENGAN Perintah "ping".
  • Melakukan serching pãda Komputer Jaringan.
  • Melakukan menginstal program Melalui Jaringan Komputer.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Program Instalasi Melalui Jaringan Komputer:
    • Jaringan Komputer (LAN, Internet)
    • Perangkat Jaringan
    • Properti jaringan
    • Utilitas Koneksi
    • Mencari Komputer
    • Program Instalasi

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Pengertian LAN Dan hearts Internet Sistem Komputer Jaringan.
  • Menjelaskan Perangkat Jaringan Yang Digunakan.
  • Memberi Identitas Komputer (nama Komputer, TCP / IP).
  • Melakukan uji Koneksi DENGAN Perintah "ping".
  • Melakukan serching pãda Komputer Jaringan Sesuai Prosedur.
  • Melakukan menginstal program Melalui Jaringan Komputer Sesuai Prosedur DENGAN Yang Berlaku.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
  • Buku Windows
  • Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Software web browser yang

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Apa Yang dimaksud DENGAN LAN, WAN, Intranet Dan Internet?
  2. Sebutkan 5 alat Yang digunakan hearts Jaringan Komputer!
  3. Apa Manfaat Dari Perintah 'ping' Dan 'ipconfig'?
  4. Sebutkan Langkah-Langkah MENCARI Dan menemukan PC Yang tersambung hearts Jaringan!
  5. Apa Yang dimaksud DENGAN IP, Dan IP?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Instalasi software hearts Jaringan.



Standar Kompetensi
Mengo PERASIKAN PC DALAM JARINGAN
Kompetensi Dasar
2. Mengoperasikan Jaringan PC DENGAN Sistem Operasi
Indikator
  • Pengertian perangkat berbagi Dan Manfaatnya Dijelaskan Beroperasi Benar.
  • Protokol berbagi Dijelaskan Beroperasi Singkat Dan Jelas.
  • File sharing, printer, hard disk yang Dan CD ROM Dilakukan Sampai Teridentifikasi.
  • Proses copy file folder Dan Dilakukan Sesuai Prosedur Yang Berlaku.
  • Dokumen Dicetak Beroperasi Benar Sesuai DENGAN Prosedur.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Berbagi Melakukan berkas, printer, hard disk Dan CD ROM.
  • Proses Melakukan menyalin file Dan folder.
  • M Elakukan Program Pencetakan DENGAN Memanfaatkan berbagi printer.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Pengoperasian Jaringan Komputer:
    • Pengertian Dan Manfaat perangkat berbagi
    • Berbagi Protokol
    • File sharing, printer, Hard disk, CD ROM.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Pengertian berbagi perangkat Dan Manfaatnya.
  • Menjelaskan Protokol berbagi perangkat Yang Digunakan.
  • Berbagi Melakukan berkas, printer, hard disk Dan CD ROM DENGAN Benar.
  • Menjelaskan Melakukan Dan Dan Proses copy file folder Sesuai Prosedur.
  • Menjelaskan Dan Melakukan Program Pencetakan DENGAN Memanfaatkan printer berbagi Sesuai Prosedur.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur
  • Buku Windows
  • Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Pencetak

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Sebutkan Langkah-Langkah folder berbagi!
  2. Apa Manfaat Dari berbagi Sumber Daya PC Yang tersambung hearts Jaringan?
  3. Sebutkan Langkah-Langkah berkas mencopy folder Dari PC berbaring Yang tersambung hearts Jaringan!
  4. Sebutkan beberapa Pesan Kesalahan Bila SEBUAH folder TIDAK Bisa diakses!
  5. Sebuah pa penyebabnya folder Bila SEBUAH TIDAK Bisa diakses?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN berbagi Sumber Daya di PC Yang tersambung dal am Jaringan.



Mata Pelajaran               : KKPI
Kode Kompetensi               : KKPI.104.00 5 01              
Kelas / Semester               : X / 2
Alokasi Waktu               : 16 x 45 Jam Menit

Standar Kompetensi
Mengo PERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET)
Kompetensi Dasar
1. Mengoperasikan Web Browser-
Indikator
  • Koneksi internet TELAH Tersambung DENGAN Baik.
  • Browser web TELAH Terinstalasi Dan DAPAT Berjalan normal.
  • Menu Dan URL Format (Uniform resou r ce Locator) Dijelaskan Beroperasi Tepat.
  • URL Tertentu Diakses Melalui Isian, menu hyperlink Dan DENGAN Yang Penulisan Benar.
  • Informasi dan Gambar Dicari Menggunakan Mesin Pencari ses Uai Prosedur.
  • Fitur-Fitur Konfigurasi Sederhana (Seperti: Proxy Dan cookies) Dijelaskan Diaplikasikan Dan DENGAN Baik.
  • File-file yang hasil temuan penjelajahan Dan menghubungkan Disimpan Media pãda penyimpan (hard disk, flash disk, CD) TPU DENGAN Prosedur.
  • Berkas Dokumen hasil temuan penjelajahan dicetak Dan fitur pencetakan diaplikasikan TPU DENGAN Kebutuhan.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Melakukan Koneski internet Melalui Saluran Telepon Dan Jaringan Komputer.
  • Melakukan penjelajahan DENGAN Menuliskan URL, menu Menggunakan, hyperlink DENGAN Memanfaatkan Fitur-Fitur Yang ADA di Web-Browser.
  • MENCARI Informasi dan Gambar DENGAN Menggunakan Mesin Pencari.
  • Menyimpan Hasil menjelajah pãda Penyimpan Media (hard disk, flash disk, CD).
  • To Membuka Hasil Pencarian Program Pengolah kata, Presentasi Sesuai DENGAN ektensi berkas Hasil Pencarian.
  • Mencetak Hasil Pencarian Informasi dan Gambar DENGAN KUALITAS Baik.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Pengoperasian Web-Browser:
    • Internet Dan Sistem Koneksi
    • Media Koneksi Internet
    • Pengenalan Web-Browser
    • Mengatasi Sistem di internet
    • Hyperlink
    • Pencarian (searching) Informasi di Internet
    • Penyimpanan berkas
    • Pencetakan

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Menjelaskan Pengertian Dan Manfaat internet.
  • Sistem Menjelaskan Koneksi internet.
  • Melakukan Koneski internet Melalui Saluran Telepon Dan Jaringan Komputer.
  • Menjelaskan Interest Rate Browser Fitur Dan Yang ADA.
  • Menjelaskan Pengetahuan URL Dan Cara TENTANG Penulisannya di web Browser.
  • Melakukan penjelajahan DENGAN Menuliskan URL, menu Menggunakan, hyperlink DENGAN Memanfaatkan Fitur-Fitur Yang ADA di Web-Browser Beroperasi Tepat Sesuai Kebutuhan.
  • MENCARI Informasi dan Gambar DENGAN Menggunakan Mesin Pencari DENGAN Cepat.
  • Menyimpan Hasil menjelajah pãda Penyimpan Media (hard disk, flash disk, CD) Sesuai Kebutuhan DENGAN.
  • To Membuka Hasil Pencarian Program Pengolah kata, Presentasi Sesuai DENGAN ektensi berkas Hasil Pencarian.
  • Mencetak Hasil Pencarian Informasi dan Gambar DENGAN KUALITAS Baik.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
  • Buku Windows
  • Buku Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Pencetak
  • Flash disk
  • CD ROM

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 4 aplikasi untuk browser web!
  2. Apa Yang dimaksud DENGAN hyperlink, URL, www, email Dan?
  3. Sebutkan URL 5 Alamat mesin pencari (search engine)!
  4. Apa Yang dimaksud DENGAN Istilah-download?
  5. Penghasilan kena pajak kitd menemukan SEBUAH Informasi, agar Informasi tersebut DAPAT dikelola Kembali, Langkah-Langkah Apa Saja Yang Harus dilakukan?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengoperasikan web browser, tip dan trik mesin pencari menggunakan.



Standar Kompetensi
Mengo PERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET)
Kompetensi Dasar
2. software Mengoperasikan klien e-mail
Indikator
  • Pengertian e-mail client Dan web-mail Dijelaskan Beroperasi Rinci.
  • Manfaat klien e-mail Dan web e-mail Dijelaskan DENGAN Benar.
  • E-mail client software diinstall Berfungsi Dan DENGAN Baik.
  • Prosedur Pembuatan email Dijelaskan DENGAN Benar.
  • Alamat e-mail Dibuat DENGAN Benar Sesuai Prosedur.
  • Konfigurasi E-mail client (SMTP Server, POP Server) Dijelaskan Dan Dilakukan Sesuai DENGAN Prosedur Penulisan.
  • E-mail attachment Dan Dan Dibuka Dibaca Sesuai Prosedur DENGAN.
  • Lampiran E-mail Dan (Diteruskan, Dihapus, Dibalas to Satu Alamat, Beberapa Alamat) Dijelaskan Dan Diaplikasikan Sesuai Prosedur.
  • Lampiran E-mail Dan Disimpan pãda Media Jumlah: Tersedia DENGAN Yang Baik.
  • E-mail attachment Dan Dan Dicetak Fitur Pencetakan Dijelaskan DENGAN Benar.


A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
  • Melakukan Prosedur Registrasi web-mail email Dan client.
  • Menu M enggunakan Yang Terdapat Program hearts webmail Dan E-mail client.
  • MEMBUAT e-mail webmail pãda Dan E-mail client.
  • Melakukan instalasi dan setting e-mail client pãda Komputer.
  • Mengirim, Membaca Dan Menghapus e-mail.
  • Mengirim, Mambuka, dan dan Menyimpan Menghapus file attachment e-mail Degan pãda Media Penyimpan.
  • M elakukan Proses pencetakan e-mail, attachment.

B. MATERI PEMBELAJARAN
  • Aplikasi E-mail:
    • Web-mail Dan E-mail Client
    • Registrasi e-mail
    • Pengaturan SMTP Server, POP Server, IMAP Server
    • Fitur E-mail
    • Aplikasi E-mail
    • File attachment
    • Pencetakan

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Webmail Menjelaskan Pengertian, e-mail client, Dan Manfaatnya.
  • Menjelaskan Prosedur Registrasi web-mail email Dan client.
  • Menjelaskan Dan Yang Menggunakan menu Terdapat Program hearts webmail Dan E-mail client Beroperasi Tepat.
  • MEMBUAT e-mail webmail pãda Dan E-mail client Sesuai Prosedur.
  • Melakukan instalasi dan setting e-mail client pãda Komputer Sesuai Prosedur.
  • Mengirim, Membaca Dan Menghapus e-mail Sesuai Prosedur DENGAN.
  • Mengirim, Mambuka, dan dan Menyimpan Menghapus file attachment e-mail Degan pãda Media Penyimpan Beroperasi Tepat.
  • Menjelaskan Dan melakukan Proses pencetakan e-mail, lampiran TPU prosedur pengajian.

E. SUMBER BELAJAR
  • Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
  • Buku Pa n duan MEMBUAT E-mail
  • Buku Internet
  • Internet
  • Komputer
  • UPS
  • Pencetak
  • Flash disk
  • CD ROM

F. PENILAIAN

Teknik PENILAIAN
Bentuk Instrumen
Instrumen
Tes tertulis





PT Pertanyaan
  1. Sebutkan 5 Manfaat kitd memiliki SEBUAH Alamat e-mail!
  2. Sebutkan URL Yang akun menyediakan e-mail gratis Beroperasi 5 Alamat!
  3. Apa Indikator Bila kitd MENERIMA email baru Negara?
  4. Kapan kitd menggunakan fiture attachment email pãda Saat mengirim?
  5. Apa Yang kitd lakukan Bila kitd MENERIMA email Yang memiliki lampiran?
Tes praktik


Tugas-Tugas
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengoperasikan e-mail client.



RPP SMK KARTIKA IV - 2 LAWANG KAB. MALANG
KKPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE