RENCANA Pelaksanaan PEMBELAJARAN
|
Normatif
| |
Adaptif
| ||
Produktif
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.001.01
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 30 Jam x 45 Menit
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE
|
Kompetensi Dasar
|
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- M elakukan Prosedur penyalaan Komputer Beroperasi Benar.
- M elakukan Perintah-Perintah internal yang Penulisan DENGAN yang Benar.
- M elakukan Perintah-Perintah eksternal DENGAN Penulisan yang Benar.
- Menjelaskan Jenis-JENIS Perangkat Keras Yang dikonfigurasi DENGAN menggunakan Sistem Operasi Berbasis Teks.
- Melakukan Prosedur menutup TPU DENGAN SOP.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Operasi Berbasis Teks:
- Sistem Komputer
- Prosedur penyalaan Komputer
- Identifikasi POST
- Suara
- Tampilan
- Perintah internal
- Eksternal Command
- Prosedur menutup
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Sistem Komputer (input, proses, output, storage), hardware, software Singkat Dan Jelas.
- Menjelaskan Dan melakukan Prosedur penyalaan Komputer Beroperasi Benar
- Mengidentifikasikan Kondisi Komputer Yang Siap DENGAN Melihat hal tampilan pãda Layar Monitor DENGAN teliti
- Menjelasakan Dan melakukan Perintah-Perintah DENGAN internal yang Penulisan yang Benar.
- Menjelaskan Dan melakukan Perintah-Perintah eksternal DENGAN Penulisan yang Benar
- File fungsi fungsi Menjelaskan Konfigurasi pãda Sistem Komputer (batch, config file)
- Menjelaskan Jenis-JENIS Perangkat Keras Yang dikonfigurasi DENGAN menggunakan Sistem Operasi Berbasis Teks
- Melakukan Prosedur menutup TPU DENGAN SOP
E. SUMBER BELAJAR:
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Komputer
- UPS
- Internet
- Buku DOS
- Sistem Operasi DOS
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI
Informasi di internet masukan Yang berkaitan DENGAN, Proses Dan output,
Sistem Operasi, Perintah Dan intern eksternal DOS.
|
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN PC STAND ALONE
|
Kompetensi Dasar
|
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Peralatan Menggunakan Peralatan perangkat menunjuk TPU DENGAN Kebutuhan.
- M elakukan p rosedur MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah cara menghapus berkas Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
- M elakukan Prosedur MEMBUAT, menyalin, mengubah folder Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
- Melakukan pengaturan tampilan kerja
- M elakukan Prosedur UNTUK Mengelola menu, ikon Dan tampilan Utama.
- M elakukan Prosedur Instalasi printer, scaner, Kartu Jaringan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Operasi Berbasis GUI:
- Pengetahuan menunjuk Peralatan perangkat.
- MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah Satu berkas cara menghapus persatu, nama kelompok Dan Seluruh.
- MEMBUAT, menyalin, mengubah Dan cara menghapus folder Satu persatu, Kelompok Dan Seluruh.
- Pengaturan tampilan Jendela TPU DENGAN Kebutuhan.
- Perintah-Perintah Mengelola UNTUK menu, ikon Dan Utama tampilan.
- Menginstal printer, scanner, Kartu Jaringan,
- Prosedur s hutdown Komputer.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Jenis-JENIS Piranti pointing device.
- Peralatan Menggunakan Peralatan perangkat menunjuk TPU DENGAN Kebutuhan.
- Menjelaskan Dan melakukan p rosedur MEMBUAT, menyalin, Dan mengubah cara menghapus berkas Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
- Menjelaskan Dan melakukan Prosedur MEMBUAT, menyalin, mengubah folder Baik Satu persatu, nama kelompok Dan Menyeluruh.
- Menjelaskan Dan melakukan pengaturan tampilan kerja
- Menjelaskan Dan melakukan Prosedur UNTUK Mengelola menu, ikon Dan tampilan Utama.
- Menjelaskan Dan melakukan Prosedur Instalasi printer, scaner, Kartu Jaringan.
- Menjelaskan Dan melakukan Prosedur shutdown.
E. SUMBER BELAJAR:
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Pencetak
- Sistem Operasi Windows
- Sistem Operasi Linux
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI
Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN menginstal hardware Dan
perifer, Mengelola berkas di Windows, mengubah Tampilan Menu, ikon Dan
tampilan di Windows.
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.00 2 .01
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 84 Jam x 45 Menit
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menginstal Sistem Operasi softrware
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Menjelaskan software fungsi fungsi Sistem Operasi.
- Melakukan Langkah-Langkah Instalasi software Sistem Operasi.
- Menjelaskan aplikasi untuk perangkat lunak fungsi fungsi.
- Melakukan Langkah-Langkah aplikasi untuk perangkat lunak Instalasi.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Menginstal Sistem Operasi Dan Program Aplikasi:
- Software Fungsi:
- Sistem Operasi
- aplikasi untuk
- Cara menginstal perangkat lunak:
- Sistem Operasi
- aplikasi untuk
- Cara mengoperasikan perangkat lunak:
- Sistem Operasi
- aplikasi untuk
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Software Mempersiapkan dan Komputer Yang diinstal akan.
- Fungsi fungsi Menjelaskan software Sistem Operasi.
- Menjelaskan Langkah - Langkah Instalasi software Sistem Operasi.
- Software Menginstal Sistem Operasi.
- Mengoperasikan software Sistem Operasi.
- Fungs i Menjelaskan software aplikasi untuk.
- Menjelaskan Langkah - Langkah Instalasi aplikasi untuk perangkat lunak.
- Menginstal aplikasi untuk perangkat lunak.
- Mengoperasikan aplikasi untuk perangkat lunak.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Instalasi Sistem Operasi Program Dan aplikasi untuk
- Instalasi SOP perangkat lunak
- Internet
- Komputer
- Perangkat Lunak
- Menu Bantuan
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN menginstal software Sistem Operasi Dan software aplikasi untuk.
|
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mengoperasikan software Pengolah kata
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Membuka Dan Menutup software Pengolah kata.
- Menggunakan menu-menu Yang ADA di hearts software Pengolah kata.
- Menggunakan icon-icon Yang ADA di toolbar software Pengolah kata.
- MEMBUAT, mengedit, memformat Dan memanipulasi Dokumen Pengolah kata.
- Mencetak Dokumen hasil temuan kerja perangkat lunak Pengolah kata.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Pengolah Kata:
- Software Pengenalan aplikasi untuk Dan menu - menu software Pengolah kata
- MEMBUAT, Membuka Dan berkas menyimpan dokumen
- Pengolahan Dan pengaturan, Serta isian berulang pãda Dokumen berkas
- File Pencetakan dokumen
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Fungsi fungsi Menjelaskan software Pengolah kata.
- Menjelaskan Langkah - Langkah Membuka Dan software Menutup Pengolah kata TPU SOP.
- Menu melalui Mengoperasikan, shortcut icon ATAU software pãda BERBAGAI Pengolah kata DENGAN Cermat misalnya: Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Witer (Open Office).
- File MEMBUAT Dokumen Baru, Membuka Dokumen, Dokumen menyimpan, with menyimpan nāma berbaring DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk Pengolah kata.
- Menjelaskan Langkah - Langkah File menyimpan Dokumen TPU Prosedur.
- Dokumen berkas Menyimpan baru Negara berkas ATAU nāma berbaring Format DENGAN BERBAGAI penyimpanan Beroperasi teliti, misalnya: sxw (Teks Dokumen), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokumen), html (Web Halaman).
- Menjelaskan Dan melakukan Pengolahan Dan pengaturan Dokumen berkas pãda menggunakan Perintah - Perintah font, teks aligment, peluru dan penomoran, perbatasan dan shading, page istirahat, pengaturan coulumn, halaman, paragraf, Format pelukis, sundulan dan footer, mengedit, paste, cut, mail merge.
- Menjelaskan Langkah - Langkah Perintah cetak File Dokumen DENGAN Benar.
- Megoperasikan p erintah - Perintah pencetakan seperti pengaturan cetak Dan cetak pratinjau Serta parameter menyesuaikan kertas Negara printer dgn.
- Mengoperasikan Perintah cetak software pãda Pengolah UNTUK mencetak Semua Halaman, halaman Tertentu, halaman Yang sedang Aktif / diedit.
- Dokumen berkas Mencetak.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Pengoperasian perangkat lunak Pengolah kata
- Internet
- Pribadi Komputer
- Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah kata
- Menu Bantuan
- Pencetak
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengolah Dokumen di hearts software Pengolah k ata.
|
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi Dasar
|
3. software Mengoperasikan spread sheet
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Membuka Dan Menutup software spreadsheet.
- MEMBUAT, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma Lain SEBUAH spreadsheet DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk spreadsheet.
- Melakukan Pengolahan Dan pengaturan berkas sel spreadsheet pãda (Kolom Dan baris) menggunakan fitur-fitur n umbering (nomor, mata uang, tanggal, waktu dll), font, alignment, perbatasan, latar belakang, perlindungan, menggabungkan dan pusat, menyalin, pasta, dipotong.
- Mengap l ikasikan fungsi fungsi Dan rumus sederhana Seperti: + (Penjumlahan), - (Equity), * (Perkalian), / (pembagian), sum, rata-rata berkas pãda spreadsheet.
- Fungsi fungsi Menjelaskan Perintah cetak pãda spreadsheet software.
- Mengoperasikan Perintah cetak software pãda parameter spreadsheet DENGAN UNTUK mencetak Semua Halaman, Halaman Tertentu, halaman Yang Aktif / diedit.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Aplikasi Software Spreadsheet:
- Software Pengenalan aplikasi untuk Dan menu-menu spreadsheet software.
- MEMBUAT, Membuka Dan berkas menyimpan spreadsheet.
- Data Pengolahan sederharna Yang sel pãda Terdapat (Kolom Dan baris), Serta isian berulang pãda spreadsheet.
- File Pencetakan spreadsheet.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Fungsi fungsi Menjelaskan spreadsheet software.
- Fungsi fungsi menu Menjelaskan - menu perangkat lunak spreadsheet.
- M enjelaskan Langkah - Langkah Membuka Dan software Menutup spreadsheet.
- BERBAGAI Mengoperasikan software spreadsheet misalnya: Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office).
- MEMBUAT, Membuka, menyimpan, menyimpan DENGAN nāma Lain SEBUAH spreadsheet DENGAN BERBAGAI menggunakan Program aplikasi untuk spreadsheet.
- Menjelaskan Langkah - Langkah File menyimpan spreadsheet.
- File Menyimpan spreadsheet berkas baru Negara ATAU nāma Lain DENGAN Format BERBAGAI penyimpanan Beroperasi teliti, misalnya: SXC, ods, csv, xls, html.
- Menjelaskan Langkah - Langkah Pengolahan Dan Data pengaturan sederhana.
- Pengolahan Melakukan Dan berkas pengaturan sel pãda spreadsheet (Kolom Dan baris) menggunakan fitur-fitur penomoran (nomor, mata uang, tanggal, waktu dll), font, alignment, b order, latar belakang, perlindungan, menggabungkan dan pusat, menyalin, pasta, dipotong.
- Fungsi fungsi Mengapilkasikan Dan rumus sederhana Seperti: + (Penjumlahan), - (Equity), * (Perkalian), / (Pembagian), jumlah, File pãda rata spreadsheet.
- Fungsi fungsi Menjelaskan Perintah cetak pãda spreadsheet software.
- Perintahperintah Melakukan Pengaturan pencetakan seperti print Setup pratinjau Dan cetak, daerah cetak.
- Perintah Mengoperasikan software pãda cetak spreadsheet DENGAN parameter UNTUK mencetak SEMUA Halaman, halaman Tertentu, halaman Yang Aktif / diedit.
- Mencetak spreadsheet berkas.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku PANDUAN Software Pengoperasian spreadsheet (Lembar Sebar)
- Internet
- Pribadi Komputer
- Perangkat Lunak Aplikasi spreadsheet
- Menu Bantuan
- Pencetak
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengolah software d ata di hearts spread sheet (lembar sebar).
|
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi Dasar
|
4. Presentasi software Mengoperasikan
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Me lakukan Langkah - Langkah m embuka software dan m enutup Presentasi.
- File Menyimpan Presentasi DENGAN BERBAGAI Format ANTARA berbaring: ppt, pps, html, odp, SXI.
- Melakukan editing sederhana UNTUK MEMBUAT Presentasi Yang meliputi teks, kalimat, penomoran, peluru, slide penyelipan, gambar pemasukkan, diagram, kotak teks, video dan suara, grafik, objek.
- Efek Memberikan Yang berkas pãda menarik Presentasi DENGAN tata letak memadukan slide, desain slide, warna animasi, skema animasi, animasi kostum, transisi slide.
- Cara Menjelaskan mencetak berkas Presentasi hearts Bentuk slide / gambar, garis, membagikan, catatan.
- Melakukan Presentasi DENGAN menggunakan LCD.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Presentasi:
- Software Pengenalan apilkasi Dan menu-menu software Presentasi
- MEMBUAT, Membuka, File menyimpan Presentasi.
- File Pengolahan Presentasi
- File Pencetakan Presentasi
- Persiapan Presentasi
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Fungsi fungsi Menjelaskan Presentasi software.
- Menjelaskan Langkah - Langkah m embuka software dan m enutup Presentasi DENGAN Benar.
- Mengoperasikan software BERBAGAI Pengolah kata DENGAN Cermat misalnya: Microsoft Power Point (Microsoft Office), Presentation (Star Office), Impress (Open Office).
- File Menyimpan Presentasi DENGAN BERBAGAI Format ANTARA berbaring: ppt, pps, html, odp, SXI.
- Melakukan editing sederhana UNTUK MEMBUAT Presentasi Yang meliputi teks, kalimat, penomoran, peluru, slide penyelipan, gambar pemasukkan, diagram, kotak teks, video dan suara, grafik, objek.
- Efek Memberikan Yang berkas pãda menarik Presentasi DENGAN tata letak memadukan slide, desain slide, warna animasi, skema animasi, animasi kostum, transisi slide.
- Header Memberikan dan footer pãda geser Presentasi.
- Cara Menjelaskan mencetak berkas Presentasi hearts Bentuk slide / gambar, garis, membagikan, catatan.
- Mencetak mengajukan Presentasi DENGAN memperhatikan pengaturan slide / gambar, garis, tangan keluar, catatan DENGAN meng-Pengaturan warna, grayscale, hitam dan Serta menyertakan putih Nama halaman, tanggal, waktu.
- Melakukan Presentasi DENGAN menggunakan LCD.
- Navigasi Mengoperasikan PADA Presentasi slide.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku PANDUAN Pengoperasian Presentasi
- Internet
- Pribadi Komputer
- Perangkat Lunak Aplikasi Presentasi
- Menu Bantuan
- LCD Proyektor
- Pencetak
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Mengelola tampilan geser Presentasi.
|
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi Dasar
|
5. Mengoperasikan basis data yang perangkat lunak aplikasi untuk
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- M embuat, Membuka, menyimpan, basis data IT dan Menutup.
- Pengertian Menjelaskan data base, tabel, bidang, record, primary key.
- M embuat Dan menyimpan tabel Yang terdiri Dari beberapa bidang Dan menjadikan shalat Satu bidang nya Menjadi primary key.
- M emasukkan, Menambah, mengubah, cara menghapus record.
- Menampilkan Data ATAU basis data berkas DENGAN user interface.
- Basis data berkas Mencetak.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Pengolahan Dasar Data:
- Software Pengenalan apilkasi Dan menu-menu basis data perangkat lunak
- MEMBUAT, Membuka, dasar berkas menyimpan Data.
- Dasar berkas Pengolahan Data.
- Dasar berkas Pencetakan data
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Fungsi fungsi Menjelaskan basis data perangkat lunak.
- Proses Menjelaskan MEMBUAT, Membuka, menyimpan, Dan dasar software Menutup Data.
- Mengoperasikan Program BERBAGAI basis data aplikasi untuk.
- Pengertian Menjelaskan data base, tabel, bidang, record, primary key.
- Mengoperasikan software aplikasi untuk basis data yang UNTUK MEMBUAT Dan menyimpan tabel Yang terdiri Dari beberapa bidang Dan menjadikan shalat Satu bidang nya Menjadi primary key.
- Software Mengoperasikan Data dasar UNTUK memasukkan, Menambah, mengubah, cara menghapus record DENGAN teiliti.
- Menampilkan Data ATAU File basis data DENGAN user interface.
- Basis data berkas Mencetak.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku PANDUAN Software Pengoperasian Data dasar
- Internet
- Pribadi Komputer
- Perangkat Lunak Aplikasi Data dasar
- Menu Bantuan
- Pencetak
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base Mengelola.
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.00 3 .01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 40 Jam x 45 Menit
Standar Kompetensi
|
Mengo LAH DATA APLIKASI
|
Kompetensi Dasar
|
1. Melakukan entri Keyboard Data aplikasi untuk DENGAN
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Memasukan Data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN Keyboard menggunakan.
- Melakukan entri data pãda sutau basis aplikasi untuk data.
- Basis data aplikasi untuk Mencetak entri hasil temuan data yang Pada Suatu.
- MEMBUAT Laporan Hasil entri data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengenalan Keyboard:
- Keyboard Macam-macam
- Struktur Dan Fungsi Keyboard Tombol
- Entri data aplikasi untuk DENGAN Keyboard:
- Prosedur Operasi pemasukan Data DENGAN Keyboard menggunakan
- Entri data Pada Suatu basis data aplkasi
- Entri hasil temuan Pengecekan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
- Entri hasil temuan Pencetakan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membedakan macam - macam Keyboard.
- Mengidentifikasi Struktur Dan fungsi fungsi Tombol Keyboard.
- Menjelaskan Prosedur Operasi pemasukan Data Pada Suatu aplikasi untuk basisdata DENGAN menggunakan Keyboard TPU SOP.
- Entri data Melakukan pãda sutau APL i kasi basis data yang DENGAN Cermat.
- Mengecek hasil temuan entri data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN teliti.
- Basis data aplikasi untuk Mencetak entri hasil temuan data yang Pada Suatu.
- MEMBUAT Laporan Hasil entri data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Pencetak
- Perangkat Lunak aplikasi untuk Dasar Data
- Pemakai Panduan perangkat lunak Data dasar
- Modul KKPI Dikemnjur 2005
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Keyboard data base entri Mengelola DENGAN.
|
Standar Kompetensi
|
Mengo LAH DATA APLIKASI
|
Kompetensi Dasar
|
2. Melakukan update data Utilitas DENGAN aplikasi untuk
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Saya lakukan Langkah - Langkah Proses operasional update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
- Data Pemilihan Melakukan, lapangan, catatan ATAU pãda suatu basis aplikasi untuk data.
- Melakukan pengecekan hasil temuan update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
- Mencetak update data hasil temuan dasar aplikasi untuk Pada Suatu Data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Update data pãda Aplikasi Dasar Data:
- Langkah-Langkah Proses operasional update data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
- Data Pemilihan, bidang ATAU Catatan Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
- Update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk
- Update hasil temuan Pengecekan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
- Update hasil temuan Pencetakan Data Pada Suatu aplikasi untuk Data dasar
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Langkah - Langkah Proses operasional update data Pada Suatu basis data aplikasi untuk.
- Data Pemilihan Melakukan, lapangan, catatan ATAU pãda suatu basis aplikasi untuk data.
- Melakukan update data Pada Suatu basis aplikasi untuk Data DENGAN Cermat.
- Melakukan pengecekan hasil temuan update data Pada Suatu dasar aplikasi untuk Data DENGAN teliti.
- Mencetak update data hasil temuan dasar aplikasi untuk Pada Suatu Data TPU DENGAN permintaan Negara / Kebutuhan.
- Update hasil temuan dasar Data Pada Suatu aplikasi untuk Data Laporan MEMBUAT.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Pencetak
- Perangkat Lunak aplikasi untuk Dasar Data
- Perangkat Lunak Kegunaan
- Pemakai Panduan perangkat lunak Dasar Data
- Modul KKPI Dikmenjur 2005
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base pembaruan meng.
|
Standar Kompetensi
|
Mengo LAH DATA APLIKASI
|
Kompetensi Dasar
|
3. Melakukan menghapus data DENGAN Utilitas aplikasi untuk
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Me catatan penghapusan lakukan DENGAN Utilitas aplikasi untuk.
- Melakukan bidang penghapusan Utilitas DENGAN aplikasi untuk.
- Saya lakukan penghapusan tabel DENGAN Utilitas aplikasi untuk.
- Melakukan pengecekan hasil temuan menghapus basis data aplikasi untuk Data Pada Suatu.
- Mencetak HASIL menghapus data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Hapus Data pãda Aplikasi Dasar Data:
- Prosedur penghapusan data
- Cara rekor penghapusan DENGAN Utilitas aplikasi untuk
- Cara Penghapusan bidang DENGAN Utilitas Aplikasi
- Cara Penghapusan tabel DENGAN Utilitas Aplikasi
- Pengecekan Hasil menghapus data yang
- Pencetakan Hasil menghapus data yang
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Prosedur Data Penghapusan.
- Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan record DENGAN Utilitas Aplikasi.
- Macam Macam Melakukan-Cara Penghapusan record Menggunakan Uitillitas Aplikasi DENGAN Cermat.
- Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan bidang DENGAN Utilitas Aplikasi.
- Macam Macam Melakukan- lapangan Cara Penghapusan Menggunakan Utilitas Aplikasi DENGAN Cermat.
- Macam Macam Menjelaskan- Cara Penghapusan tabel DENGAN Utilitas Aplikasi.
- Macam Macam Melakukan- Cara Penghapusan tabel Menggunakan Utilitas Aplikasi DENGAN Cermat.
- Melakukan Pengecekan Hasil menghapus data Pada Suatu Aplikasi Data Dasar DENGAN Teliti.
- Mencetak HASIL menghapus data.
- MEMBUAT Laporan Hasil hapus.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Pencetak
- Software Aplikasi Dasar data
- Software utiliy
- Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN data base meng kompetisi ini.
|
Standar Kompetensi
|
Mengo LAH DATA APLIKASI
|
Kompetensi Dasar
|
4. Melakukan entri data yang DENGAN i mage scanner
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Melakukan Scanning Gambar DENGAN Menggunakan gambar scanner.
- Melakukan Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar.
- Menyimpanan Hasil / image Format DENGAN Khusus.
- Melakukan Pencetakan Hasil / gambar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Data Entry DENGAN Gambar Scanner:
- Prosedur Pengoperasian image scanner
- Scanning Gambar DENGAN Menggunakan image scanner
- Image Pengolah Aplikasi
- Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar
- Penyimpanan Hasil / image DENGAN Format Khusus
- Hasil temuan Pencetakan / gambar
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Prosedur Pengoperasian image scanner.
- Melakukan Scanning Gambar DENGAN Menggunakan gambar scanner Sesuai DENGAN SOP.
- Menjelaskan Pengolahan citra DENGAN Aplikasi Pengolah gambar.
- Melakukan Manipulasi Obyek Gambar DENGAN Aplikasi Pengolah gambar Sesuai DENGAN Prosedur Dan Instruksi kerja.
- Menyimpanan Hasil / image Format DENGAN Khusus Sesuai DENGAN Prosedur Dan Instruksi kerja.
- Melakukan Pencetakan Hasil / gambar.
- MEMBUAT hasil temuan Laporan.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Scanner
- Pencetak
- Software Aplikasi Pengolah gambar
- Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang
- SOP Scanner
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN memanipulasi gambar (gambar).
|
Standar Kompetensi
|
Mengo LAH DATA APLIKASI
|
Kompetensi Dasar
|
5. Melakukan entri data yang DENGAN OCR ( Optical Character Recognition )
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Melakukan Scanning Obyek DENGAN Menggunakan Scanner Yang di-set modus OCR.
- Me Lakukan Pengolahan Hasil Scann i ng DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro).
- Impor Melakukan Dan mengedit teks DENGAN Aplikasi Pengolah kata.
- Menyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format.
- Melakukan Pencetakan Hasil pemindaian.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Data Entry DENGAN OCR (Optical Character Recognition):
- Prosedur Pengoperasian OCR
- Scanning DENGAN Menggunakan OCR
- Pengolahan Hasil scanning DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro)
- Mengedit teks impor Dan Aplikasi Pengolah DENGAN kata
- Penyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format
- Pencetakan hasil temuan scanning
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Prosedur Pengoperasian OCR (Optical Character Recognition).
- Melakukan Scanning Obyek DENGAN Menggunakan Scanner Yang modus di-set OCR Sesuai DENGAN SOP.
- Menjelaskan Pengolahan Hasil Scann i ng DENGAN Aplikasi Pengolah OCR (Misal: Omni Halaman Pro).
- Impor Melakukan Dan mengedit teks DENGAN Aplikasi Pengolah kata.
- Menyimpanan Hasil scanning DENGAN BERBAGAI Format.
- Melakukan Pencetakan Hasil pemindaian.
- MEMBUAT hasil temuan Laporan.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Scanner
- Pencetak
- Software Aplikasi Pengolah OCR
- Software Aplikasi Pengolah kata
- Modul KKPI Dikmenjur 2005 yang
- SOP Scanner
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN OCR (Optical Character Recognition).
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.00 4 .01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 32 x 45 Jam Menit
Standar Kompetensi
|
Mengo PERASIKAN PC DALAM JARINGAN
|
Kompetensi Dasar
|
1. Me nginstal software Jaringan
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Menjelaskan Pengertian LAN Dan hearts Internet Sistem Komputer Jaringan.
- Me Lakukan Identi Fikasi Komputer (nama Komputer, TCP / IP).
- Melakukan uji Koneksi DENGAN Perintah "ping".
- Melakukan serching pãda Komputer Jaringan.
- Melakukan menginstal program Melalui Jaringan Komputer.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Program Instalasi Melalui Jaringan Komputer:
- Jaringan Komputer (LAN, Internet)
- Perangkat Jaringan
- Properti jaringan
- Utilitas Koneksi
- Mencari Komputer
- Program Instalasi
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Pengertian LAN Dan hearts Internet Sistem Komputer Jaringan.
- Menjelaskan Perangkat Jaringan Yang Digunakan.
- Memberi Identitas Komputer (nama Komputer, TCP / IP).
- Melakukan uji Koneksi DENGAN Perintah "ping".
- Melakukan serching pãda Komputer Jaringan Sesuai Prosedur.
- Melakukan menginstal program Melalui Jaringan Komputer Sesuai Prosedur DENGAN Yang Berlaku.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Software web browser yang
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN Instalasi software hearts Jaringan.
|
Standar Kompetensi
|
Mengo PERASIKAN PC DALAM JARINGAN
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mengoperasikan Jaringan PC DENGAN Sistem Operasi
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Berbagi Melakukan berkas, printer, hard disk Dan CD ROM.
- Proses Melakukan menyalin file Dan folder.
- M Elakukan Program Pencetakan DENGAN Memanfaatkan berbagi printer.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengoperasian Jaringan Komputer:
- Pengertian Dan Manfaat perangkat berbagi
- Berbagi Protokol
- File sharing, printer, Hard disk, CD ROM.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Pengertian berbagi perangkat Dan Manfaatnya.
- Menjelaskan Protokol berbagi perangkat Yang Digunakan.
- Berbagi Melakukan berkas, printer, hard disk Dan CD ROM DENGAN Benar.
- Menjelaskan Melakukan Dan Dan Proses copy file folder Sesuai Prosedur.
- Menjelaskan Dan Melakukan Program Pencetakan DENGAN Memanfaatkan printer berbagi Sesuai Prosedur.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Pencetak
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN berbagi Sumber Daya di PC Yang tersambung dal am Jaringan.
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.00 5 01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 16 x 45 Jam Menit
Standar Kompetensi
|
Mengo PERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET)
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengoperasikan Web Browser-
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Melakukan Koneski internet Melalui Saluran Telepon Dan Jaringan Komputer.
- Melakukan penjelajahan DENGAN Menuliskan URL, menu Menggunakan, hyperlink DENGAN Memanfaatkan Fitur-Fitur Yang ADA di Web-Browser.
- MENCARI Informasi dan Gambar DENGAN Menggunakan Mesin Pencari.
- Menyimpan Hasil menjelajah pãda Penyimpan Media (hard disk, flash disk, CD).
- To Membuka Hasil Pencarian Program Pengolah kata, Presentasi Sesuai DENGAN ektensi berkas Hasil Pencarian.
- Mencetak Hasil Pencarian Informasi dan Gambar DENGAN KUALITAS Baik.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengoperasian Web-Browser:
- Internet Dan Sistem Koneksi
- Media Koneksi Internet
- Pengenalan Web-Browser
- Mengatasi Sistem di internet
- Hyperlink
- Pencarian (searching) Informasi di Internet
- Penyimpanan berkas
- Pencetakan
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan Pengertian Dan Manfaat internet.
- Sistem Menjelaskan Koneksi internet.
- Melakukan Koneski internet Melalui Saluran Telepon Dan Jaringan Komputer.
- Menjelaskan Interest Rate Browser Fitur Dan Yang ADA.
- Menjelaskan Pengetahuan URL Dan Cara TENTANG Penulisannya di web Browser.
- Melakukan penjelajahan DENGAN Menuliskan URL, menu Menggunakan, hyperlink DENGAN Memanfaatkan Fitur-Fitur Yang ADA di Web-Browser Beroperasi Tepat Sesuai Kebutuhan.
- MENCARI Informasi dan Gambar DENGAN Menggunakan Mesin Pencari DENGAN Cepat.
- Menyimpan Hasil menjelajah pãda Penyimpan Media (hard disk, flash disk, CD) Sesuai Kebutuhan DENGAN.
- To Membuka Hasil Pencarian Program Pengolah kata, Presentasi Sesuai DENGAN ektensi berkas Hasil Pencarian.
- Mencetak Hasil Pencarian Informasi dan Gambar DENGAN KUALITAS Baik.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
- Buku Windows
- Buku Internet
- Komputer
- UPS
- Pencetak
- Flash disk
- CD ROM
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengoperasikan web browser, tip dan trik mesin pencari menggunakan.
|
Standar Kompetensi
|
Mengo PERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET)
|
Kompetensi Dasar
|
2. software Mengoperasikan klien e-mail
|
Indikator
|
|
A. Composition Komposisi PEMBELAJARAN
Penghasilan kena pajak mengikuti Kegiatan Pembelajaran Siswa diharapkan Suami Mampu:
- Melakukan Prosedur Registrasi web-mail email Dan client.
- Menu M enggunakan Yang Terdapat Program hearts webmail Dan E-mail client.
- MEMBUAT e-mail webmail pãda Dan E-mail client.
- Melakukan instalasi dan setting e-mail client pãda Komputer.
- Mengirim, Membaca Dan Menghapus e-mail.
- Mengirim, Mambuka, dan dan Menyimpan Menghapus file attachment e-mail Degan pãda Media Penyimpan.
- M elakukan Proses pencetakan e-mail, attachment.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi E-mail:
- Web-mail Dan E-mail Client
- Registrasi e-mail
- Pengaturan SMTP Server, POP Server, IMAP Server
- Fitur E-mail
- Aplikasi E-mail
- File attachment
- Pencetakan
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Webmail Menjelaskan Pengertian, e-mail client, Dan Manfaatnya.
- Menjelaskan Prosedur Registrasi web-mail email Dan client.
- Menjelaskan Dan Yang Menggunakan menu Terdapat Program hearts webmail Dan E-mail client Beroperasi Tepat.
- MEMBUAT e-mail webmail pãda Dan E-mail client Sesuai Prosedur.
- Melakukan instalasi dan setting e-mail client pãda Komputer Sesuai Prosedur.
- Mengirim, Membaca Dan Menghapus e-mail Sesuai Prosedur DENGAN.
- Mengirim, Mambuka, dan dan Menyimpan Menghapus file attachment e-mail Degan pãda Media Penyimpan Beroperasi Tepat.
- Menjelaskan Dan melakukan Proses pencetakan e-mail, lampiran TPU prosedur pengajian.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005 yang
- Buku Pa n duan MEMBUAT E-mail
- Buku Internet
- Internet
- Komputer
- UPS
- Pencetak
- Flash disk
- CD ROM
F. PENILAIAN
Teknik PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
PT Pertanyaan
|
|
Tes praktik
| ||
Tugas-Tugas
|
MENCARI Informasi di internet Yang berkaitan DENGAN mengoperasikan e-mail client.
|
RPP SMK KARTIKA IV - 2 LAWANG KAB. MALANG
|
KKPI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar