YAYASAN PATI UNUS KARANGAWEN DEMAK
SMK PATI UNUS KARANGAWEN
TERAKREDITASI
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen,
Teknik, dan Pariwisata
Jl. Raya Karangawen Km. 19,5 Demak 59566,
Telp. (024) 6773386
E-mail : patiunus_smk@yahoo.com
NIS: 400080 NSS:
32.2.0321.02.010 NPSN: 20319295
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK
PAT UNUS KARANGAWEN
Kelas /
Semester : X
/ 2
Mata Pelajaran : Prakarya
dan Kewirausahaan
Materi Pokok :
Pengolahan Bahan Pangan Hewani dan Nabati
Sub Materi
Pokok : Lingkup
pengolahan bahan pangan hewani dan nabati
Pertemuan Ke : 1,2
Alokasi Waktu : 4
x 45 Menit
A. Kompetensi
Dasar
1.1.
|
Menghayati keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan
lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.1.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
|
2.2.
|
Menghayati perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di
wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
|
2.3.
|
Menghayati sikap
bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk
pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika
produk akhir untuk membangun semangat usaha
|
3.4.
|
Memahami konsep
kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha pengawetan bahan nabati dan
hewani
|
4.4.
|
Menyajikan konsep
kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha pengawetan
bahan nabati dan hewani
|
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian bahan
angan hewani dan nabati
2. Menyebutkan karakteristik
bahan pangan hewani dan nabati
3. Menyebutkan jenis-jenis bahan
pangan hewani dan nabati
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
diskusi dan presentasi,siswa dapat menjelaskan pengertian bahan pangan hewani
dan nabati
2.
Melalui
diskusi-presentasi, siswa dapat menyebutkan karakteristik dan jenis bahan
pangan hewani dan nabati
D. Materi
Ajar
1.
Pengertian
bahan pangan hewani dan nabati
2.
Karakteristik
bahan pangan hewani dan nabati
3.
Jenis
bahan pangan hewani dan nabati
E. Metode
Pembelajaran
§ Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah, penugasan
§ Pendekatan Pembelajaran : Scientific
§ Model Pembelajaran : Cooperative Jigsaw
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Abstraksi
waktu
|
Pendahuluan
|
§
Memberikan
salam pembuka
§
Memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru
menayangkan video motivasi, kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengamatinya
§
Guru
membentuk kelompok-kelompok diskusi
§
Guru
menuliskan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
§
Siswa
mengamati tayangan presentasi tentang
bahan pangan hewani dan nabati
§
Peserta
didik membaca materi karakteristik dan jenis bahan pangan hewani dan nabati
§ Menanya:
§
Guru
bertanya-jawab dengan siswa, seperti:
-
Apakah
yang dimaksud dengan bahan pangan hewani dan nabati ?
-
Bagaimana
karakteristik bahan pangan hewani dan nabati ?
-
Apa
sajakah yang termasuk jenis bahan pangan hewani dan nabati ?
Menalar:
§
Guru
memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi yang diperlukan dalam
pembelajaran
Mencoba:
§
Siswa
berdiskusi mengenai karakteristik dan jenis bahan pangan hewani dan nabati
Jejaring
sosial:
§
Semua
anggota mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan secara bebas
|
60 menit
|
Penutup
|
§
Siswa
membuat kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
§
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
§
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
§
Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai tugas secara berkelompok untuk mengidentifikasi
karakteristik dan jenis bahan pangan hewani dan nabati
§
Kegiatan
diakhiri dengan salam
|
20
menit
|
G. Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat
dan Bahan:
-
2.
Sumber
Belajar:
-
Internet
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik:
tes dan non-tes
a. Tes
Soal uraian:
1)
Apa yang kamu ketahui
tentang bahan pangan hewani dan nabati ?
2)
Sebutkan karakteristik
dari bahan pangan hewani ?
3)
Sebutkan jenis-jenis
bahan pangan nabati ?
4)
Sebutkan jenis-jenis
bahan pangan hewani ?
Kunci jawaban:
1) Bahan
pangan hewani adalah bahan pangan yang berasal dari hewan atau produk-produk
yang di olah dengan menggunakan bahan dasar asal hewan . sedankan bahan pangan
nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman.
2) Karakteristik dari bahan panan hewani antara lain :
·
Daya
simpan yang jauh lebih pendek
·
Bersifat lunak dan pendek
·
Bersifat lebih spesifik
sehingga tidak dapat di generalisasi
3) Jenis-jenis
bahan pangan nabati :
·
Bisa berupa batang
·
Akar
·
Dahan
·
Daun
·
Bunga
·
Buah
4) Jenis-jenis
bahan pangan hewani :
·
Susu
·
Ikan
·
Daging
·
Telur
b. Non
test
2.
Bentuk:
a.
Tertulis
b.
Penilaian
Kinerja
3.
Instrumen:
a.
Test
tertulis
b.
Lembar
Observasi
Pedoman penilaian:
§ Skor per item: 5
§ Total skor: 20
§ Nilai: S(skor per item x 5) = 100
Kriteria penilaian:
§ 90 – 100 : Sangat baik
§ 85 – 90 :
Baik
§ 75 – 84 :
Cukup
§ <75 : Kurang
Mengetahui Demak, Januari 2014
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
ZAMRONI,S.Pd
SUGIYONO,S.Kom
YAYASAN PATI UNUS KARANGAWEN DEMAK
SMK PATI UNUS KARANGAWEN
TERAKREDITASI
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen,
Teknik, dan Pariwisata
Jl. Raya Karangawen Km. 19,5 Demak 59566,
Telp. (024) 6773386
E-mail : patiunus_smk@yahoo.com
NIS: 400080 NSS:
32.2.0321.02.010 NPSN: 20319295
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :SMK PAT UNUS KAANGAWEN
Kelas /
Semester : X
/ 2
Mata Pelajaran : Prakarya
dan Kewirausahaan (PKWU)
Materi Pokok :
Pengolahan bahan pangan hewani dan
nabati
Sub Materi
Pokok : Produk
pengolahan bahan hewani dan nabati
Pertemuan Ke : 3,4
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
A.Kompetensi Dasar
1.1.
|
Menghayati keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan
lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.1.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
|
2.2.
|
Menghayati perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di
wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
|
2.3.
|
Menghayati sikap
bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk
pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika
produk akhir untuk membangun semangat usaha
|
3.4.
|
Memahami konsep
kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha pengawetan bahan pangan
hewani dan nabati
|
4.4.
|
Menyajikan konsep
kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha
pengawetan bahan hewani dan nabati
|
B.Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengolahan produk
hewani dan nabati
2. Menjelaskan tehnik pengolahan buah-buahan,ubi-ubian,kacang-
kacangan,dll
3. Memahami hakikat sikap pantang
menyerah dan ulet
C.Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
diskusi dan presentasi,siswa dapat menjelaskan produk pengolahan bahan hewani
dan nabati
2.
Melalui
diskusi-presentasi, siswa dapat menjelaskan tehnik pengolahan bahan hewani dan
nabati
3.
Melalui
diskusi dan presentasi,siswa dapat memahami tentang hakikat sikap pantang
menyerah dan ulet
D.Materi Ajar
1.
Produk
pengolahan bahan hewani dan nabati
2. Tehnik pengolahan bahan
pangan hewani dan nabati
3.
Hakikat
sikap pantang menyerah dan ulet
E..Metode Pembelajaran
§ Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah, penugasan
§ Pendekatan Pembelajaran : Scientific
§ Model Pembelajaran : Cooperative Jigsaw
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Abstraksi
waktu
|
Pendahuluan
|
§
Memberikan
salam pembuka
§
Memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru
menayangkan video motivasi, kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengamatinya
§
Guru
membentuk kelompok-kelompok diskusi
§
Guru
menuliskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§
Siswa
mengamati tayangan presentasi tentang tehnik
pengolahan bahan hewani dan nabati
§
Peserta
didik membaca materi tehnik pengolahan bahan hewani dan nabati
§
Peserta
didik membaca materi tentang hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
Menanya:
§
Guru
bertanya-jawab dengan siswa, seperti:
-
Apakah
yang dimaksud dengan tehnik pengolahan ?
-
Jelaskan
apa yang di maksud tehnik pengolahan bahan pangan hewani dan nabati ?
-
Menalar:
§
Guru
memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi yang diperlukan dalam
pembelajaran
Mencoba:
§
Siswa
berdiskusi mengenai tehnik pengolahan produk hewani dan nabati
Jejaring
sosial:
§
Semua
anggota mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan secara bebas
|
60
menit
|
Penutup
|
§
Siswa
membuat kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
§
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
§
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
§
Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai tugas secara berkelompok untuk membuat
produk pengolahan bahan hewani dan nabati
§
Kegiatan
diakhiri dengan salam
|
20 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
Alat
dan Bahan:
-
Sumber belajar:
-
Internet
;
H.Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
Teknik:
tes dan non-tes
a.
Tes
Soal uraian:
1.
Apa yang di maksud dengan
tehnik pengolahan ?
2.
Sebutkan beberapa bentuk
produk pengolahan dari bahan-bahn dibawah ini :
a.
Susu
b.
Daging
c.
Buah-buahan
3.
Jelaskan apa yang di
maksud dengan hakikat sikap pantang
menyerah dan ulet ?
4.
Jelaskan apakah makna
dari kesabaran dalam menghadapi kendala atau rintanagan ?
Kunci jawaban:
1. Tehnik
pengolahan adalah cara untuk merubah bentuk,rasa,dan manfaat dari sebuah barang
.
2. Beberapa produk pengolahan dari :
·
Susu
- keju
- mentega
-es krim
- yougurt
·
Daging
- kornet
- dendeng
- sosis
- krecek dan rambak
·
Buah-buahan
-minuman jus
-makanan ringan
-selai
3. Hakikat
sikap pantang menyerah dan ulet adalah suatu interaksi dari perilaku positif
yang dapat memberikan suatu dorongan atau motivasi kearah yang lebih baik . .
4. Makna
kesabaran dalam menghadapi kendala atau rintangan adalah cara atau metode dalam
mensikapi permasalahan dengan tegar,menunggu waktu yang tepat untuk
menyelesaikan dan memahami langkah apa yang perlu ditempuh untuk memecahkan
masalah.
a. Non
tes
1.
Bentuk:
a.
Tertulis
b.
Penilaian
Kinerja
2.
Instrumen:
a. Test tertulis
b. Lembar Observasi
Pedoman penilaian:
§ Skor per item: 5
§ Total skor: 20
§ Nilai: S(skor per item x 5) = 100
Kriteria penilaian:
§
§ 90 – 100 : Sangat baik
§ 85 – 90 :
Baik
§ 75 – 84 :
Cukup
§ <75 :
Kurang
Mengetahui Demak, Januari 2014
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
ZAMRONI,S.Pd
SUGIYONO,S.Kom
YAYASAN PATI UNUS KARANGAWEN DEMAK
SMK PATI UNUS KARANGAWEN
TERAKREDITASI
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen,
Teknik, dan Pariwisata
Jl. Raya Karangawen Km. 19,5 Demak 59566,
Telp. (024) 6773386
E-mail : patiunus_smk@yahoo.com
NIS: 400080 NSS:
32.2.0321.02.010 NPSN: 20319295
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK
PAT UNUS KAANGAWEN
Kelas /
Semester : X
/ 2
Mata Pelajaran : Prakarya
dan Kewirausahaan (PKWU)
Materi Pokok :
Pengolahan bahan pangan hewani dan
nabati
Sub
Materi Pokok : Tehnik
dan permasalahan gizi dalam pengolahan bahan pangan hewani dan nabati
Pertemuan Ke : 5,6
Alokasi Waktu : 4
x 45 Menit
A. Kompetensi
Dasar
1.1.
|
Menghayati keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan
lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.1.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
|
2.2.
|
Menghayati perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di
wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
|
2.3.
|
Menghayati sikap
bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk
pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika
produk akhir untuk membangun semangat usaha
|
3.4.
|
Memahami konsep
kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha pengawetan bahan nabati dan
hewani
|
4.4.
|
Menyajikan konsep
kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha
pengawetan bahan nabati dan hewani
|
B.Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menyebutkan jenis-jenis tehnik pengolahan ddan pengawetan
makanan
2. Menjelaskan permasalahan gizi
dalam pengolahan dan pengawetan makanan
3. Menjelaskan efek pengolahan
terhadap gizi bahan pangan
C.Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
diskusi dan presentasi,siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tehnik pengolahan
dan pengawetan makanan
2.
Melalui
diskusi-presentasi, siswa dapat menjelaskan permasalahan gizi dalam pengolahan
ddan pengawetan makanan
3.
Melalui
diskusi dan presentasi, siswa dapat menjelaskan efek pengolahan terhadap gizi
bahan pangan
D. Materi Ajar
1.
Jenis-jenis
tehnik pengolahan dan pengawetan makanan
2.
Permasalahan
gizi dalam pengolahan dan pengawetan makanan
3.
Efek
pengolahan gizi terhadap giziz bahan pangan
E. Metode Pembelajaran
§ Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah, penugasan
§ Pendekatan Pembelajaran : Scientific
§ Model Pembelajaran : Cooperative Jigsaw
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Abstraksi
waktu
|
1.
Pendahuluan
|
§
Memberikan
salam pembuka
§
Memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru
menayangkan video motivasi, kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengamatinya
§
Guru
membentuk kelompok-kelompok diskusi
§
Guru
menuliskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
2.
Inti
|
Mengamati:
§
Siswa
mengamati tayangan presentasi tentang
bahan pangan hewani dan nabati
§
Peserta
didik membaca materi tehnik dan permasalahan gizi dalam pengolahan dan
pengawetan
§ Menanya:
§
Guru
bertanya-jawab dengan siswa, seperti:
-
Apakah
yang dimaksud denganpengeringan dan pemanasan dalam tehnik pengolahan ?
-
Bagaimanakah
pengaruh beberapa bahan pengawet terhadap kesehatan ?
-
Apa
sajakah yang termasuk jenis pengolahan dan pengawetan dalam makanan ?
Menalar:
§
Guru
memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi yang diperlukan dalam
pembelajaran
Mencoba:
§
Siswa
berdiskusi mengenai jenis tehnik pengilahan dan pengawetan makanan
Jejaring
sosial:
§
Semua
anggota mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan secara bebas
|
60menit
|
3.
Penutup
|
§
Siswa
membuat kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
§
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
§
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
§
Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai tugas secara berkelompok untuk
mengidentifikasi jenis tehnik
pengolahan dan pengawetan makanan
§
Kegiatan
diakhiri dengan salam
|
20
Enit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat
dan Bahan:
-
2.
Sumber
Belajar:
-
Internet
H.Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
3.
Teknik:
tes dan non-tes
b.
Tes
Soal uraian:
1.
Apa yang dimaksud dengan
jenis pengolahan model pengeringan dan pengalengan ?
2.
Sebutkan dasar prinsip pengolahan
makanan untuk pengawetan ?
3.
Sebutkan jenis-jenis tehnik
pengolahan dan pengawetan makanan ?
4.
Sebutkan efek pengolahan
terhadap makanan ?
Kunci jawaban:
1. Pengeringan
adalah suatu cara untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari
suatau bahan dengan menguapkan sebagian besar air yang dikandung melalui
penggunaan energi panas. Pengalengan adalah suatu cara pengawetan bahan pangan
ynag dipak secara hermetis(kedap terhadap udara,air,mikroba atau benda asing
lainnya)dalam suatu wadah,yang kemudian disterilkan secara komersial untuk
membunuh semua mikroba patogen(penyebab penyakit)dan pembusuk .
2. Dasar
prinsip pengolahan bahan makanan untuk makanan :
·
Penguranag
air-pengeringan,dehidrasi,dan pengentalan
·
Perlakuan
panas-blanching,pasteurisasi,dan sterilisasi
·
Perlakuan suhu
rendah-pendinginan dan pembekuan
·
Pengendalian
makanan-fermentasi dan zat aditif asam
·
Berbagai macam zat kimia
3. Jenis-jenis
tehnik pengolahan ddan pengawetan makanan :
·
Pendinginan
·
Peneringan
·
Pengemasan
·
Pengalengan
·
Penggunaan bahan kimia
·
Pemanasan
·
Tehnik fermentasi
·
Tehnik iradiasi
4. Efek
pengolahan terhadap makanan :
·
Efek pengolahan terhadap
protein
·
Efek pengolahan terhadap
karbohidrat
·
Efek pengolahan terhadap
lemak
c. Non
tes
4.
Bentuk:
c.
Tertulis
d.
Penilaian
Kinerja
5.
Instrumen:
a. Test tertulis
b.Lembar Observasi
Pedoman penilaian:
§ Skor per item: 5
§ Total skor: 20
§ Nilai: S(skor per item x 5) = 100
Kriteria penilaian:
§ 90 – 100 : Sangat baik
§ 85 – 90 :
Baik
§ 75 – 84 :
Cukup
§ <75 : Kurang
Mengetahui Demak, Januari 2014
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
ZAMRONI,S.Pd
SUGIYONO,S.Kom
YAYASAN PATI UNUS KARANGAWEN DEMAK
SMK PATI UNUS KARANGAWEN
TERAKREDITASI
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen,
Teknik, dan Pariwisata
Jl. Raya Karangawen Km. 19,5 Demak 59566,
Telp. (024) 6773386
E-mail : patiunus_smk@yahoo.com
NIS: 400080 NSS:
32.2.0321.02.010 NPSN: 20319295
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Sekolah
: SMK PATI UNUS KARANGAWEN
Kelas
/ Semester : X
/ 2
Mata
Pelajaran : Prakarya
dan Kewirausahaan (PKWU)
Materi Pokok :
Pengolahan bahan pangan hewani dan
nabati
Sub
Materi Pokok : Membuat
karya pengolahan bahan pangan nabati dan atau bahan pangan hewani
Pertemuan
Ke : 7,8,9
Alokasi
Waktu : 6 x 45 Menit
A.Kompetensi Dasar
1.1.
|
Menghayati keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan
lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
2.1.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
|
2.2.
|
Menghayati perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di
wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
|
2.3.
|
Menghayati sikap
bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat produk
pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika
produk akhir untuk membangun semangat usaha
|
3.4.
|
Memahami konsep
kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha pengawetan bahan pangan
hewani dan nabati
|
4.4.
|
Menyajikan konsep
kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha
pengawetan bahan hewani dan nabati
|
B.Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan langkah-langkah pembuatan pengolahan bahan pangan hewani dan bahan
pangan nabati
2. Mereproduksi produk pengolahan
bahan pangan hewani dan bahan pangan nabati
C.Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mengikuti petunjuk pengolahan dan pengawetan bahan pangan hewani dan nabati
yang ada,siswa dapat mempelajari urutan langkah-langkah dalam mengolah bahan
pangan hewani dan nabati
2.
Dengan
mengikuti petunjuk pengolahan dan lengawetan bahan pangan hewani dan nabati
yang adad,siswa dapat meniru tata cara pengolahan dan pengawetan bahan pangan
hewani dan nabati
D.Materi Ajar
1.
Pengolahan
bahan pangan hewani
2.
Pengolahan
bahan pangan nabati
E.Metode Pembelajaran
§ Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah, penugasan
§ Pendekatan Pembelajaran : Scientific
§ Model Pembelajaran : Problem based learning
F.Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Abstraksi
waktu
|
Pendahuluan
|
§
Memberikan
salam pembuka
§
Memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru
menayangkan video motivasi, kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengamatinya
§
Guru
membentuk kelompok-kelompok diskusi
§
Guru
menuliskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
§
Siswa
mengamati tayangan presentasi tentang produk pengolahan bahan hewani dan
nabati
§
Peserta
didik membaca materi tehnik pengolahan bahan hewani dan nabati
§
Peserta
didik membaca materi tentang tata cara
pengolahan bahan pangan hewani dan nabati
Menanya:
§
Guru
bertanya-jawab dengan siswa, seperti:
-
Bagaimanakah
tata cara mengolah bahan panagn hewani dan nabati yang baik dan sehat ?
-
Sebutkan
macam-macam jenis pengolahan dari
bahan hewani daging dan susu ?
Menalar:
§
Guru
memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi yang diperlukan dalam
pembelajaran
Mencoba:
§
Siswa
berdiskusi mengenai tata cara pengolahan produk hewani dan nabati
Jejaring
sosial:
§
Semua
anggota mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan secara bebas
|
60
menit
|
Penutup
|
§
Siswa
membuat kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
§
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
§
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
§
Guru
memberikan informasi kepada siswa mengenai tugas secara berkelompok untuk
membuat produk pengolahan bahan hewani dan nabati
§
Kegiatan
diakhiri dengan salam
|
20
Menit
|
G.Alat dan Sumber Belajar
Alat
dan Bahan:
-
Sumber belajar:
-
Internet
-
Buku-buku
resep masakan ;
H.Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
1.Teknik: tes dan non-tes
a.
Tes
Soal uraian:
1. Apa
yang di maksud dengan tehnik pengolahan
?
2. Sebutkan beberapa bentuk
produk pengolahan dari bahan-bahn dibawah ini
:
a. Susu
b. Daging
c. Buah-buahan
Kunci jawaban:
1. Tehnik
pengolahan adalah cara untuk merubah bentuk,rasa,dan manfaat dari sebuah barang
.
2. Beberapa produk pengolahan dari :
·
Susu
- keju
- mentega
-es krim
- yougurt
·
Daging
- kornet
- dendeng
- sosis
- krecek dan rambak
·
Buah-buahan
-minuman jus
-makanan ringan
-selai
Pedoman penilaian:
§ Skor per item: 5
§ Total skor: 20
§ Nilai: S(skor per item x 5) = 100
Kriteria penilaian:
§ 90 – 100 : Sangat baik
§ 85 – 90 :
Baik
§ 75 – 84 :
Cukup
§ <75 : Kurang
b.Non test
- penilaian unjuk kerja(performance)
- Buatlah produk pengolahan bahan pangan
hewani dan nabati
2. Bentuk:
a.Tertulis
b.Penilaian
Kinerja
3.
Instrumen:
a. Test tertulis
b.Lembar Observasi
- lembar penilaian unjuk kerja
(lampiran)
Mengetahui Demak, Januari 2014
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
ZAMRONI,S.Pd
SUGIYONO,S.Kom
Lampiran
2
Penilaian Unjuk Kerja
(Performance)
Lembar Penilaian Unjuk Kerja
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Perolehan
|
Nilai Akhir
|
|||
Menentukan Ide atau
Gagasan
|
Gambar Rencana
|
Prosedur Kerja
|
Hasil Akhir
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
§ 4
= Baik Sekali
§ 3
= Baik
§ 2
= Cukup
§ 1
= Kurang
Kriteria Nilai:
§ A
= 80 – 100 : Baik Sekali
§ B
= 70 – 79 : Baik
§ C
= 60 – 69 : Cukup
§ D
= < 60 : Kurang
ok terima kasih Uatadz
BalasHapus