YAYASAN TOHA
AL-MAQI
SMK ISLAM
AL-MADATSIR
TERAKRDITASI B
KARANGASEM SAYUNG
DEMAK JATENG
Jl. Genuk-Pamongan Km 5, Karangasem, RT 03/04
Kec. Sayung
Kab. Demak 59563
PENILAIAN TENGAH
SEMESTER
TAHUN
2022
MATA
PELAJARAN : BK
JAM :
TANGGAL :
HARI :
KELAS :
X SEMUA JURUSAN
Pilihlah jawaban a, b, c,
d, atau e, ganda
dibawa ini yang paling tepat
?
1.suatu keyakinan remaja bahwa
diri mereka unik dan tidak terpengaruh oleh
hukum alam disebut . . .
A.ilvulnerability
B.self-destructive
C.personal fable
D.self-invulnerability
E.egosentrisme
2.perubahan kemampuan
mental seperti belajar,memori,menalar,berpikir,dan
bahasa disebut perkembangan . . .
A.fisik
B.sosial
C.kognitif
D.psikologis
E.kepribadian
3.pada tahap remaja awal,
para remaja pada umumnya tidak stabil, maksudnya .
A.lebih bersabar
B.lebih dapat bertanggung jawab
C.konsentrasi terhadap suatu
masalah
D.emosi yg cepat berubah dan
cepat bosan
E.selalu ingin dihargai dan
diakui keberadaanya
4.salah satu faktor yg
mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang
berkaitan dg sifat turunan dari
orang tua adalah . . .
A.faktor biologis
B.faktor geografis
C.faktor pengalaman unik
D.faktor kebudayaan khusus
E.faktor pengalaman kelompok
5.semakin realistis dalam
menyikapi hidup merupakan ciri-ciri remaja yg
memasuki tahap masa. . .
A.transisi
B.perubahan
C.remaja awal
D.remaja akhir
E.gejolak jiwa
6.tahapan remaja yg sudah mulai
mempunyai pola berpikir sebagai peneliti dan
mereka mampu membuat suatu
perencanaan unutk mencapai suatu tujuan di
masa depan yaitu pada
perkembangan . . .
A.fisik
B.sosial
C.kognitif
D.psikologis
E.kepribadian
7.masa remaja menunjukan
sifat transisi atau peralihan, maksudnya . . .
A.masa pertumbuhan
B.kematangan mental
C.kematangan intelektual
D.masa perkembangan fisik dan
psikis
E.belum memperoleh status dewasa
dan tidak lagi memilki status kanak-kanak
8.pengertian dari kepribadian
intuitif adalah . . .
A.kepribadian yg di pengaruhi
oleh perasaan
B.kepribadian yg di pengaruhi
oleh firasat
C.kepribadian yg di pengaruhi
oleh panca indra
D.kepribadian yg di pengaruhi
oleh alam sekitar
E.kepribadian yg din pengaruhi
oleh akal pikiran yg sehat
9.pernyataan berikut
yg bukan merupakan tugas perkembangan remaja adalah .
A.memperoleh peranan sosial
B.merasa rendah diri dg keadaan
fisiknya
C.mempersiapkan diri dalam
pembentukan keluarga
D.menentukan dg penuh kesadaran
nilai-nilai yg benar dan salah
E.memperoleh kebebasan emosional
dari orang tua dan orang dewasa
10.persepsi(pandangan) atas keinginan untuk menundukan atau
mempengaruhi
orang lain merupakan contoh nilai. . .
A.kasih sayang
B.keindahan
C.kekuasaan
D.keterampilan
11.
Gambaran mental yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri, baik gambaran
fifik, psykologis maupun sosial disebut………..
a.
gambaran diri
b.
pengembangan diri
c.
konsep diri
d.
kekuatan diri
e.
cermin diri
12.Suatu
usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan semua potensi yang
dimiliki secara optimal selaras dengan batasan kemampuan alamianya
disebut…………….
a.
konsep diri
b.
pengembangan diri
c. cermin diri
d.
analisa diri
e.
gambaran diri
13.Cara
seseorang menerima rangsangan (informasi) dari luar disebut……….
a.
karakteristik gaya belajar
b. pengembangan gaya
belajar
c.
ketekunan belajar
d. kemampuan dalam belajar
e.
management gaya belajar
14.Ciri-ciri
gaya belajar visual adalah dibawah ini, kecauali……………
a.
mengutamakan tampilan b. agak introvet
c.
pembaca yang tepat d. mudah terganggu
keributan
e.
teliti dan detail
15.Ciri-ciri
gaya belajar visual adalah dibawah ini, kecauali……………
a.
mengutamakan tampilan b. agak
introvet
c.
pembaca yang tepat d. mudah terganggu keributan
e.
teliti dan detail
16.Gaya belajar kinestetik adalah gaya belajar dengan pengamatan dan aktivitas
ciri-ciri gaya belajar diatas adalah, kecuali…………..
a. menghapal dengan belajar dan melihat
b.
sulit mengingat sesuatu
c.
tidak bisa duduk dalam waktu yang lama
d.
mudah terganggu oleh keributan
e.
sulit mengingat sesuatu, kecuali dengan pengalamannya sendiri
17Ada
beberapa pedoman dalam belajar diantaranya……………
a.
konsentrasi
b. pemakaian
perpustakaan
c.
keteraturan
d.
disiplin
e. benar semua
18.Pemusatan
pikiran terhadap suatu hal dengan mengeyampingkan hal yang lain yang
berhubungan dengan pelajaran disebut………………..
a.
disiplin belajar
b.konsentrasi
c. perpustakaan
d.
pemahaman
e. konfirmasi
19.Bagaimanakah
cara mengembangkan konsentrasi………………
a.
sambil mendengarkan musik
b.
punya daya ingat yang besar terhadap mata pelajaran yang mau ditelaah
c.
menanamkan sistim SKS
d.
bila sudah ada tanda kelelahan maka beristirahat sebentar
e.
b dan d benar
20.Dibagi
menjadi berapa fase kah masa remaja itu…………
a.
4 (empat) fase b..
5 face (lima)
c. 3 (tiga) fase
d.
6 (enam) fase
e. salah semua
21.
Meningginya emosi perubahan bentuk tubuh berubahnya minat dari prilaku, mengingikan
dan menurut kebebasan adalah merupakan ciri-ciri dari……………….
a.
kemandirian emosi b. kematangan emosi
c. kehangatan emosi
d.
tahapan pubertas e.
semuanaya benar
22. Gaya belajar kinestetik
adalah gaya belajar dengan pengamatan dan aktivitas ciri-ciri gaya belajar
diatas adalah, kecuali…………..
a. menghapal dengan belajar dan
melihat
b. sulit mengingat sesuatu
c. tidak bisa duduk dalam waktu
yang lama
d. mudah terganggu oleh
keributan
e. sulit mengingat sesuatu,
kecuali dengan pengalamannya sendiri
23.Ada beberapa pedoman
dalam belajar diantaranya……………
a.konsentrasi
.b. pemakaian perpustakaan
.c keteraturan
d.
disiplin
e. benar semua
24. Pemusatan pikiran terhadap
suatu hal dengan mengeyampingkan hal yang lain yang berhubungan dengan
pelajaran disebut………………..
a.disiplin belajar
b.
konsentrasi
c. perpustakaan
c.
pemahaman
d.
konfirmasi
e.
sala kabeh
25. Bagaimanakah cara mengembangkan
konsentrasi………………
a. sambil mendengarkan
musik
b. punya daya ingat yang besar
terhadap mata pelajaran yang mau ditelaah
c. menanamkan sistim SKS
d. bila sudah ada tanda
kelelahan maka beristirahat sebentar
e. b dan d benar
II.
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1.
Setiap orang memiliki sisi
positif dan negatif dalam konsep dirinya dalam menganalisa konsep diri ada yang
dinamakan konsep SWOT, jelaskan kepanjanagan dan artinya ?
2.
Sebutkan aspek-aspek pendukung dalam
mengembangkan kondisi !
3.
Ada berapakah gaya belajar itu,
disebut ! Jelaskan masing-masing ?
4.
Sebutkan ciri-ciri gaya belajar
kinestetik !
5.
Untuk memperoleh hasil belajar
yang maksimal dibutuhkan ada pedoman atau dasar-dasar yang mendukung. Sebutkan
pedoman-pedoman belajar !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar