Kamis, 19 Mei 2022

SOAL PKK 22 Teknologi Perkantoran

 YAYASAN TOHA AL-MAQID:\Umy\PPDB BROSUR FOTO\LOGO SMK 2.jpg

SMK ISLAM AL-MADATSIR

Jl. Raya Genuk – Pamongan Km. 5 Karangasem Sayung Demak 59563

NPSN  :69964029


Penilaian Kenaikan Kelas

Tahun Pelajaran 2021-2022


Mata Pelajaran    :  Teknik Perkantoran                        Hari/Tanggal    :

Kelas        :  X (semua  Jurusan)        .         Waktu        :

           

       

  1. Berilah tanda silang (x) pada huruf  a,b,c,d, atau e di depan jawaban yang paling tepat!   (dilembar Jawab  yang  sudah disediakan  Panitia). 

  1. Seseorang yang menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja disebut kolega yang berarti …

  1. Tamu kantor

  2. Pelanggan kantor

c.   Rekan kantor

d   Teman atasan

e.   Dinas pemerintah


  1.   Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah …

  1. Disposisi

  2. Buku jurnal surat keluar

  3. Buku jurnal surat masuk

  4. Buku ekspedisi

    e..   Buku direktori

3. Pengertian administrasi secara luas adalah :

a.    Kegiatan menyusun kerangka organisasi yang menjadi wadah aktivitas

b     Pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan transportasi

c     Tata penyelenggaraan pelayanan komunikasi

d.      Kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat hingga tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.

e   Tempat sekelompok orang berkumpul dan bekerjasama


4. Berikut ini merupakan salah satu fungsi pekerjaan kantor :

a.   Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan keuangan untuk mencapai tujuan organisasi

b.  Menyediakan informasi atau keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan

c.   Menyediakan informasi atau keterangan bagi mitra kerja organisasi untuk embeli produk

d     Melakukan kegiatan perencanaan organisasi  setiap tri wulan 

e.     Membantu kompetitor organisasi untuk mengetahui informasi organisasi 


5. Di bawah ini  yang termasuk barang tidak  habis pakai adalah ….

a  Perforator, stapler, kertas

b..  Spidol, kertas, perforator

c.    Spidol, kertas, staples

d    Perforator, stapler, Gunting

e.   Kertas, pulpen, gunting


6. Berikut ini adalah contoh dokumen yang memiliki nilai historis … 

a     Naskah Proklamasi, Faktur, Akta jual beli

b     Naskah Proklamasi, Perjanjian Linggarjati, Surat Perintah 11 Maret

c     KTP, ijazah, akta lahir

d     Naskah proklamasi, KTP, Ijazah

e      Kuitansi, faktur, nota, naskah MOU


7. Pengendalian kegiatan pengelolaan surat dan arsip yang dibebankan dan dipertanggungjawabkan  kepada suatu unit kerja yang disebut dengan unit kearsipan, berarti pengelolaan tersebut menggunakan asas….


a. Sentralisasi

b Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e. Kolaboratif


8.Asas pengelolaan arsip yang bertujuan meningkatkan kelebihan dari suatu asas dan meminimalkan kekurangannya adalah asas….

a. Sentralisasi

b. Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e. Kolaborasi


9.Proses kerja akan lebih lancar karena arsip dapat lebih mudah ditemukan, merupakan salah satu keuntungan dari pengelolaan arsip dengan menggunakan asas….

a. Sentralisasi

b. Desentralisasi

c. Gabungan

d. Desentralisasi terkendali

e Tidak  lancer   jika kita  laksanakan




10.Tempat penyimpanan arsip yang penggunaannya memerlukan alat bantu perforator adalah….

a Stopmap folio dan box file

b Map snelhecter dan guide

c. Ordner dan map snelhecter

d. Box file dan ordner

e.  Ouwner


11. Prosedur pengurusan surat masuk dengan menggunakan sistem buku agenda adalah….

a. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyimpanan -penyampaian,

b. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian – penyimpanan,

c Penerimaan –pengarahan – pencatatan – penyortiran – penyimpanan -penyampaian,

d. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan –penyampaian – penyimpanan.

e   saldo  akhir   penerimaan


11. Petugas yang bertugas untuk mengantarkan surat langsung kepada alamat yang dituju, disebut….

a. Satpam

b. Penerima surat

c Kurir

d Pengarah surat

e. Carik


12.Dalam penanganan surat masuk biasa, setelah surat dicatat pada Lembar Pengantar I dan II, maka selanjutnya diserahkan kepada….

a. Pengarah surat

b. Penata arsip

c. Unit Pengolah

d. Unit Kearsipan

e. Manajer


13.Yang harus dilakukan dalam menangani surat-surat yang memiliki lampiran adalah….

a.. Menyatukan lampiran dengan suratnya menggunakan paper clip,

b. Menyimpan lampirannya pada tempat khusus,

c. Mencatat tersendiri untuk surat-surat yang memiliki lampiran,

d.Surat dan lampiran dipisahkan.

e. kurang  tepat   semuanya


14.Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan melalui suatu prosedur, adapun prosedur/langkah yang pertama adalah ...

a.       Mengadakan seleksi

b.      Merencanakan anggaran

c.       Pemecahan permasalahan

d.      Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarpras

e.      SWOT


15. Salah satu permasalahan  dihadapi dalam perencanaan sarana dan prasarana adalah ....

a.       Terbatasnya dana yang tersedia

b.      Penggunaan sarana yang efisien

c.       Terjadinya pemborosan dana yang tidak perlu

d.      Pembelian dengan tepat guna

e.      Amati   lingkungan


16.  Di bawah ini hal yang berhubungan dengan perancanaan kebutuhan prasarana, yaitu ...

a.       Berabot

b.      Buku

c.       Alat-alat

d.      Lahan/tanah

e.      software


17. Pengadaan barang/jasa dapat diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan, kriteria tertentu berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas. Uraian dimaksud merupakan ....

a.       Prinsip Akuntabel

b.       Prinsip terbuka

c.        Prinsip adil/tidak diskriminasi

d.       Prinsip bersaing

e.       Prnsip  ekonomi

18.  Kegiatan yang mencakup sejak perencanaan kebutuhan, penentuan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan dan pergudangan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusaan adalah merupakan ....

a.       Pengertian administrasi sarana dan prasarana

b.      Ruang lingkup administrasi sarana dan prasaranas

c.       Tujuan administrasi sarana dan prasarana

d.      Fungsi administrasi sarana dan prasarana

e.     Fungsi  manajemen


19. Menyediakan sarana dan prasarana/perbekalan yang siap pakai (ready for use) ke unit-unit kerja maupun personel sehingga menjamin kelangsungan aktivitas maupun tugas setiap unit kerja maupun personel dalam suatu organisasi.  Pernyataan tersebut merupakan ....  

a.       Kegtiatan manajerial administrasi sarana dan prasarana

b.      Kegiatan operasional administrasi sarana dan prasarana

c.       Tujuan administrasi sarana dan prasarana

d.      Objek  administrasi sarana dan prasarana

e.      Targer  administrasi


20. Keseluruhan orang yang bekerja pada suatu kantor tertentu atau orang yang melakukan pekerjaan dengan mendapatkan imbalan jasa berupa gaji atau tunjangan baik di instansi pemerintah atau swasta adalah …

a.   personil kantor

b.   syarat kantor

c.   jenis kantor

d.  tanggungjawab kantor

e.  semua   bertanggungjawab


21. Administrator, Manager, Staff (pembantu) dan Worker (pegawai atau pekerja) adalah 

a.   tanggungjawab kantor

b.  Jenis personil kantor

d.  Nama personil kantor

e.  Syarat personil kantor



22. Pengetahuan, Keterampilan, Kepribadian, sikap dan perilaku adalah

  a.  tanggungjawab kantor

  b.  Jenis personil kantor

  c. Nama personil kantor

 d.   Syarat personil kantor

e. Wajib    dilaksanakan


23.Suatu proses atau usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan atau instansi, disebut….

a.  Seleksi

b.  Rekruitmen 

c.  Analisis jabatan

d.    Tes

e.  Analisis   SWOT


24. Barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan kantor yang sesuai dengan yang diharapkan, seperti kerjas, karbon, pita mesin, tinta, perforator, numbering machine dan lain-lain

a.  Ketatausaaan

b   Perlengkapan kantor

c.  Jenis perlengkapan kantor

d.Fungsi perlengkapan kantor

e. Semua   jawaban   todak  tepat


25.  Semua jenis barang atau fasilitas kantor yang berfungsi untuk menghias kantor sehingga tercipta ruangan yang serasi, rapih dan nyaman, adalah pengertian dari…

a.     Pesawat kantor

b    Mesin kantor

c.     Perabot kantor

d.   Interior kantor

e.  Variasi  Kantor


26. Dibawah ini yang termasuk kedalam perlengkapan kantor habis pakai adalah….

a,    Kertas; gunting; lem

b.      Amplop; kertas; gunting

c      Karbon, hecter; pena

d     Kertas; karbon; lem

e.  printer


27.Suatu usaha agar peralatan siap digunakan dan daya tahan lama serta awet dinamakan

a.    Perbaikan

b.  Pemeliharaan 

c.   Service

d.    berkala

e. berjenjang


28Buku yang digunakan untuk mencatat semua barang tidak habis pakai yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan, disebut..

a.    Buku induk barang inventaris

b.     Buku golongan barang inventaris

c     Buku catatan barang non inventaris

d     Buku agenda

e.  Buku  jurnal


29.  The Liang Gie mengartikan organisasi sebagai…

a.     Kegiatan menghimpun orang dan dilakukan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu

b.     Alat, bagian atau anggota badan

c.      Suatu sistem usaha kerjsama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama

d.  Suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan     mengejar tujuan bersama

e. kumpulan  orang orang


30.Struktur organiasi sebagai proses penentuan keputusan memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan dan departemen adalah pendapat

a. Ivancevich,

b     Gibson

c     Mullins

d.  Sondang

e.  meriam


31. Struktur organisasi yang diciptakan oleh Henry Fayol dan dianggap sebagai struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana adalah

a.     Bentuk Garis/lini

b.     Bentuk garis dan staf

c.     Bentuk fungsional

d.    Bentuk produk

e.    kolaboratif


32.Pemusatan dari kegiatan-kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu dan manajemennya diserahkan kepada satu orang yang khusus bertanggungjawab dalam bidang aktivitas perkantoran, ini adalah pengertian dari asas…

a.     Sentralisasi

b.     Efisiensi 

c.     Asas campuran

d     Desentralisasi

e.  campuran  manajamen


33.  Pemencaran atau penyebaran dimana masing-masing bagian pokok bekerja sebagai satu kesatuan yang seakan-akan berdiri sendiri merupakan pengertian dari asas…

a.     Sentralisasi

b     Asas campuran

c.     Desentralisasi

d     Ekonomisasi 

e.    ekonomi  pasif


34.  Suatu pekerjaan harus selalu bergerak maju dari permulaan dikerjakan sampai selesainya, tanpa ada gerak mundur atau menyilang dan bentuknya bisa berupa garis lurus siku-siku, lingkaran, huruf L, atau huruf U. Hal ini merupakan penataan ruang kantor dengan memperhatikan asas…

a.     Jarak terpendek

b.     Rangkaian kerja

c.     Penggunaan seluruh ruangan

d     Perubahan susunan tempat kerja

e. Perubahan   watak


35.  Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas merupakan kelemahan dari tata ruang kantor jenis…

a.     Tertutup/berkamar

b     Terbuka

c     Berpanorama/berhias

d.      Gabungan

e.   Di absen


essay  


1.  Jenis cahaya yang digunakan untuk menerangi area kerja seorang pegawai dengan tujuan untuk membantu aktivitas tertentu, misalnya menggambar yang memerlukan konsentrasi tinggi dikenal dengan sebutan……..


2.  Dalam merancang pengorganisasian pekerjaan kantor, sebagian ditangani oleh masing unitnya dan sebagian dipusatkan pada unit tertentu, maka rancangan ini menganut asas:………………..

 

3. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari penerapan sistem informasi yang baik adalah…


4. Jenis sistem informasi terkomputerisasi pada level yang lebih tingi yang berfungsi sebagai pendukung dalam proses pembuatan keputusan adalah…


5. Jelaskan  arti   dari   Manajemen  perusahaan……………  jelaskan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE