Rabu, 11 Maret 2020

SOAL SMK AL FURQON MRANGGEN


Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, dan e pada lembar jawab!

1.
 Melalui komunikasi dalam jaringan, perasaan atau emosi dapat dikomunikasikan melalui pesan verbal dan non verbal. Pesan verbal dan nor verbal meliputi ….
a. Video, audio, teks
b. Ekspresi orang yang menyampaikan pesan
c. Komunikasi yang dilakukan secara sering antara dua orang
d. Pertukaran data yang cepat
e. Semua jawaban benar

2. Komunikasi dapat dikatakan langsung atau tidak langsung bergantung pada ….
a. Respon yang diberikan secara langsung atau tidak
b. Media yang digunakan
c. Aplikasi yang digunakan
d. Perangkat jaringan
e. Tujuan dan fungsi komunikasi

3. Rocketmail salah satu media komunikasi secara ….
a. Real time
b. Tidak langsung
c. Up to date
d. Langsung
e. synchronous

4. Perbedaan video conference dan video chat yaitu ….
a. Video conference untuk bisnis dan video chat bukan untuk bisnis
b. Koneksi internet video conference harus cepat dan video chat bias lambat
c. Video conference tidak menggunakan aplikasi dan video chat menggunakan aplikasi
d. Video conference multipoint dan video chat hanya satu panggilan
e. Koneksi video conference dengan satelit dan internet sementara video chat dengan internet

5. Dalam suatu ruangan terdapat lima computer yang saling terhubung. Antar computer data saling berbagi CPU, menggunakan printer, scanner, dan lain-lain. Berdasarkan tujuannya penggunaan computer tersebut masuk dalam….
a. Akses informasi
b. Sarana komunikasi
c. Membagi sumber daya
d. Konektifitas
e. Jaringan yang efisien

6. Berikut tidak termasuk aplikasi untuk video chat yaitu ….
a. Gtalk
b. Facebook
c. Skype
d. Yahoo messenger
e. hotmail

7. Protocol berfungsi sebagai ….
a. Penyedia jaringan
b. Sebagai perantara data
c. Tempat untuk pemrosesan data
d. Penghubung antara pengguna ke jaringan
e. Mengatur komunikasi data dan menjamin data sampai di tujuan

8. Perhatikan pernyataan berikut dengan cermat!
1) Komunikasi social,
2) Komunikasi interaktif,
3) Komunikasi ekspresif
4) Komunikasi real time
5) Komunikasi ritual
6) Komunikasi instrumental
Yang termasuk fungsi komunikasi ialah ….
a. 1, 2, 5
b. 3, 5, 6
c. 3, 4, 6
d. 1, 3, 5
e. 2, 4, 5

9. Data atau informasi diperlukan dalam komponen komunikasi data, hal ini dikarenakan ….
a. Data atau informasi sesuatu yang ingin disampaikan ke tujuan
b. Materi utama dalam komunikasi
c. Tanpa data dan informasi tidak ada yang dikirim
d. Data atau informasi adalah layanan perantara
e. Semua jawaban benar

10. Ubuntu merupakan contoh ….
a. System operasi jaringan
b. Aplikasi jaringan
c. Bagian PC
d. Pemrosesan data
e. Pengolahan, penyimpanan, dan penyajian data

11. Setelah selesai dengan pengaturan protocol jaringan computer, langkah selanjutnya adalah ….
a. Persiapan perangkat keras
b. Mempersiapkan data yang akan dikomunikasikan
c. Instalasi aplikasi pendukung komunikasi daring
d. Konektivitas internet
e. Melakukan sharing data

12. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi komunikasi daring diantaranya adalah ….
a. Berbagi sumber daya (sharing resource)
b. Pesan offline
c. Voice call
d. Memanggil protocol
e. PC call

13. Berikut tujuan komunikasi daring, kecuali ….
a. Efisien dalam waktu dan biaya
b. Memudahkan akses
c. Meningkatkan efisiensi pertemuan
d. Media untuk mempengaruhi seseorang
e. Meningkatkan kualitas pertemuan

14. Manfaat yang tidak didapat guru dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi daring adalah ….
a. Tidak perlu bertatap muka lagi
b. Penyebarluasan materi pelajaran
c. Mengirim tugas
d. Melatih tanggung jawab peserta didik
e. Dapat digunakan untuk berdiskusi

15. Browser yang mendukung aplikasi gtalk yaitu ….
a. Google chrome
b. Sarari
c. Internet explorer
d. Netscape navigator
e. Microsoft internet explore

16. Pembelajaran melalui media internet sangat penting. Pernyataan berikut yang tepat dalam pemanfaatan aplikasi komunikasi online ….
a. Memerlukan jaringan internet yang cepat
b. Membutuhkan smartphone
c. Memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mencari informasi
d. Penyampaikan informasi yang cepat
e. Aplikasi yang digunakan banyak jenisnya

17. Fitur yang terdapat di yahoo messenger dengan terkoneksi internet yaitu ….
a. Panggilan PC ke PC
b. IM with friends on other networks
c. Hangout
d. Status music
e. Pesan offline

18. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi online adalah ….
a. Epub
b. Metadata
c. Sigil
d. Simsimi
e. Adobe premier

19. Penggunaan etika dalam berkomuniaksi bertujuan untuk ….
a. Menunjukkan jati diri sesungguhnya
b. Untuk meyakinkan lawan chatting
c. Kewajiban menghormati yang lebih tua
d. Tidak menyinggung perasaan lawan chatting
e. Menyampaikan informasi tepat

20. Jarak suatu daerah 321 km dan ingin berkomunikasi. Jenis jaringan yang sesuai untuk 2 daerah yang ingin berkomunikasi tersebut adalah ….
a. Internet
b. Wide area network (WAN)
c. Metropolitan area network (MAN)
d. Lokal area network (LAN)
e. Semua jawaban salah

21. Kelas maya adalah ….
a. System pembelajaran online atanra guru dengan peserta didik yang dapat dilakukan di luar
    jam sekolah dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh

b. Pembelajaran yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dengan memanfaatkan
    teknologi komunikasi
c. System pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh apabila guru atau peserta didik tidak
    dapat hadir
d. Pembelajaran yang bertujjuan untuk meningkatkann pengetahuan peserta didik
    dengan memanfaatkan internet
e. Pembelajaran yang dilakukan secara online secara terus menerus

22. Berikut yang tidak termasuk persamaan antara kelas maya dengan e-learning dalam system pembelajaran adalah …
a. Sama-sama dilakukan oleh guru dan peserta didik
b. Daapt dilakukan kapan saja dan dimana saja
c. Pembejlajaran dilakukan melalui perangkat elektronika
d. Informasi yang disampaikan berupa digital
e. Terkoneksi dengan internet

23. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kelebihan kelas maya adalah ….
a. Waktu dan tempat bebas
b. Guru sebagai fasilitator, penyedia dan pendukung pembelajaran
c. Peserta didik lebih aktif dalam mempelajari materi
d. Tidak dipatok oleh waktu dan tempat
e. Peserta didik lebih asyik dengan bermain internet dibanding kelas maya

24. Apabila pengguna ingin mengakses materi dalam kelas maya, maka ia akan mengakses
    LMS terlebih dulu, hal ini dikarenakan ….
a. LMS letaknyka sebelum materi
b. LMS berfungsi untuk pengelolaan dan distribusi materi ke user
c. LMS sebagai aplikasi pemanggilan data
d. LMS berfungsi untuk penyedia layana login bagi user
e. LMS merupakan apikasi untuk menyediakan akses materi

Baca Juga :


25. Salah satu fungsi LMS adalah komunikasi, yang dimaksud komunikasi tersebut adalah ….
a. Untuk menghubungkan satu orang dengan lainnya
b. LMS berfungsi sebagai sarana interaksi antara user dengan non user
c. Sarana komunikasi antara guru dnegan peserta didik untuk berinteraksi

d. Media penghubung antara peserta didik dengan materi
e. Media penghubung antara guru dengan materi

26. Perbedaan LMS dan LCMS adalah ….
a. LMS berfungsi sebagai pembuatan content, dan LCMS sebagai pembuatan materi
b. LMS sebagai evaluasi materi dan LCMS sebagai pembuatan content
c. LMS untuk mendistribusikan materi dan LMCMS untuk mengolah materi
d. LMS bekerja saat proses pembelajaran dan LCMS sebagai pembuatan materi
e. LMS ntuk mengolah materi dan LCMS sebagai penyedia materi

27. Fungsi learning object repository pada LCMS ialah ….
a. Mengolah dan mendistribusikan materi
b. Mengedit dan menyimpan materi
c. Menyimpan dan mengelola materi
d. Mengelola materi dan memanggil
e. Memasukkan dan menyimpan materi

28. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat kelas maya ialaha ….
a. Dapat meningkatkan kemampuan
b. Setiap orang dapat mengaksesnya
c. Media bertukar informasi
d. Materi dalam bentuk analog
e. Materi dapat diulang

29. Fitur awal pada rumah belajar ialah ….
a. Pindah halaman selanjutnya
b. Untuk kembali ke menu utama
c. Pindah halaman sebelumnya
d. Untuk kembali ke halaman kosong
e. Untuk ke menu selanjutnya

30. Berikut ini yang bukan merupakan tipe kuis pada fitur kuis pada edmodo ialah ….
a. Multiple choice
b. True falses
c. Short answer
d. Matching
e. Semua jawaban salah

Essay!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan tentang komunikasi dalam jaringan!
2. Apa manfaat yang dapat anda peroleh saat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan?
3. Apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan komunikasi jaringan!

4. Jelaskan tujuan melakukan komunikasi dalam jaringan!
5. Fungsi komunikasi salah satunya adalah komunikasi social. Jelaskan menurut pendapatmu
    tentang fungsi social tersebut!
6. Jelaskan perangkat yang terdapat dalam komunikasi jaringan
7. Sebutkan minimal lima aplikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi daring!
8. Jelaskan kelebihan aplikasi google hang out!
9. Dengan bahasamu sendiri, jelaskan tentang langkah-langkah komunikasi dengan
     menggunakan yahoo messenger!
10. Mengapa dalam melakukan komunikasi daring harus sesuai dengan etika internet!
11. Jelaskan tentang kelas maya!
12. Apa kelebihan dan kekurangan kelas maya!
13. Bagaimana pengelolaan kelas maya sehingga menjadi media pembelajaran menarik?
14. Jelakskan manfaat kelas maya dalam pembelajaran!
15. Apa saja fitur kelas maya pada edmodo?





1. Apa yang dimaksud dengan Komunikasi ?
a.     Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b.     Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c.     Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d.     Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet

2. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a.      Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b.      Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c.      Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d.      a dan c benar

3. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a.      Modulator Demodulator
b.      Modulator Demulator
c.      Modulator Demudolator
d.      Modelator Demoulator

4. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a.      Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b.      Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c.      Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d.      Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi

5. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a.       Penyebaran Virus di beberapa Website
b.      Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c.      Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d.      a dan b Benar

6. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a.      Kabel LAN RJ45
b.      Kabel Fiber Optik
c.      Kabel Coaxial
d.      Kabel Wi-Fi

7. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a.       Mozaic, IE, Flock
b.       Mozilla Firefox, IE, GIMP
c.       Google Chrome, IE, GIMP
d.       Flock, Google Chrome, GIMP

8. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a.       Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b.       Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c.       Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d.       a dan b Benar

9. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a.       Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b.       Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c.       Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d.       a dan c Benar

10. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a.      Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim

b.      Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya

c.       Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik

d.      Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet

11.     Platform media social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari …

a.      Edmodo

b.     Facebook

c.      Google +

d.     Twitter

e.      Skype

12.     Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.

a.      User name dan password

b.     Nama dan alamat

c.      E-mail dan Username

d.     Alamat dan tanggal lahir

e.      Komentar dan user name

13.     Tahun berapa Edmodo dikembangkan….

a.      Akhir tahun 2000

b.     Pertengahan 2001

c.      Awal tahun 2007

d.     Awal tahun 2008

e.      Akhir tahun 2008

14.     Di bawah ini kelebihan Edmodo, kecuali….

a.      User interface

b.     Sosial media

c.      Compatibility

d.     Aplikasi

e.      Sharing data

15.     Edmodo dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi….

a.      Bersemangat

b.     Santai

c.      Malas

d.     Kurang bersemangat

e.      Semua benar


16.     Sebelum siswa mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup yang harus dimasukkan….

a.      5 digit

b.     6 digit

c.      7 digit

d.     8 digit

e.      9 digit

17.     Untuk mendaftar Edmodo sebagai guru kita harus mengklik….

a.      I’m teacher

b.     I’m student

c.      Sign in

d.     I’m parent

e.      I’m professor

18.     Untuk mendaftar edmodo sebagai siswa kita harus mengklik….

a.      I’m teacher

b.     I’m student

c.      Sign in

d.     I’m parent

e.      I’m professor

19.     Di bawah ini fitur-fitur yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….

a.      Ganti foto profile

b.     Tampilan seperti facebook

c.      Membuat event atau jadwal kegiatan penting

d.     Interaksi guru dengan murid secara mudah

e.      Tidak bisa diakses oleh HP

20. Di bawah ini adalah fitur edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru, kecuali….

a.      Quiz

b.     Polling

c.      Game

d.     Library

e.      Assignment

21. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student” berfungsi untuk….

a.      Memudahkan para guru dan murid saling berinteraksi

b.     Mempermudah berbagi pengalaman

c.      Mempersulit untuk berinteraksi

d.     Membuat status

e.      Membuat quiz

22. Tombol “I’m techer” digunakan oleh…

a.      Murid

b.     Guru

c.      Orangtua

d.     Sekolah

e.      Pilot

23. Tombol “I’m student” digunakan oleh…

a.      Murid

b.     Guru

c.      Orangtua

d.     Sekolah

e.      Pilot

24. Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…

a.      Murid

b.     Guru

c.      Orangtua

d.     Sekolah

e.      Pilot

25. Tombol “School & District” digunakan oleh…

a.      Murid

b.     Guru

c.      Orangtua

d.     Sekolah

e.      Pilot

26. Di bawah ini fitur yang disediakan oleh Edmodo untuk mendaftar, kecuali…

a.      I’m a teacher

b.     I’m a student

c.      I’m crazy

d.     I’m a parent

e.      School & District

27. Siapa pembuat/pendiri Edmodo…

a.      Nicolas Borg dan James

b.     Albert dan Jeff O’Hara

c.      Nicolas Borg dan Jeff O’Hara

d.     Cristian dan Michael

e.      Erick dan Robert

28. Di bawah ini tools yang ada di Edmodo, kecuali…

a.      Follow

b.     Home

c.      Backpack

d.     Notification

e.      Account

29. Di bawah ini yang terdapat di dalam Account, kecuali…

a.      Profile

b.     Settings

c.      Sign in

d.     Help

e.      Log out

30. Dengan mengklik apa jika kita ingin membuat grup atau masuk ke suatu grup di dalam Edmodo, adalah….

a.      Join or create

b.     Join or clear

c.      Join or back

d.     Create or clear

e.      Create or exit

31. Jejaring social yang diluncurkan oleh Google Inc, adalah…

a.      Facebook

b.     Google +

c.      Twitter

d.     Edmodo

e.      Skype

32. Google + diluncurkan pada tanggal…

a.      28 Maret 2011

b.     28 April 2011

c.      28 Mei 2011

d.     28 Juni 2011

e.      28 Juli  2011

33. Di bawah ini layanan yang terdapat di dalam Google +, kecuali…

a.      Circle

b.     Hangouts

c.      Sparks

d.     Huddles (Messenger)

e.      Call

34. Apa fungsi dari layanan circle…

a.      Untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi

b.     Untuk melingkari buku

c.      Untuk melingkari sepeda

d.     Untuk melingkari bola

e.      Untuk melingkari HP

35. Apa fungsi Hangouts….

a.      Jalan jalan ke luar negeri

b.     Bermain game

c.      Komentar

d.     Menghidupkan percakapan dengan sesame pengguna Google+

e.      Membalas komentar

36. Apa yang dimaksud dengan Sparks….

a.      Sebuah front-end untuk Google Search

b.     Untuk mengirim pesan

c.      Untuk mengirim email

d.     Untuk mengirim file

e.      Untuk berkomentar

37. Apa yang dimaksud dengan Huddles…

a.      Member komentar

b.      Membuat status

c.       Untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles

d.      Sharing file

e.      Mengirim file

38. Apa yang dimaksud dengan Instant Upload…

a.      Untuk mengirim pesan

b.     Untuk mengirim email

c.      Untuk mengirim file

d.     Untuk berkomentar

e.      Untuk  ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi

39.Di bawah ini fungsi Google +, kecuali…

a.      Memperbaiki SEO sebuah blog/website

b.     Membingungkan pengguna

c.      Meningkatkan minat pengunjung blog dengan Rich Snippet

d.     Membantu meningkatkan SERP

e.      Meningkatkan kredibilitas

40. Di bawah ini keunggulan Google +, kecuali…

a.      Dapat menambahkan teman tanpa batas

b.     Up date status sampai puas

c.      Membuat grup yang tak terbatas

d.     Telephone gratis

e.      Akses lebih berat



B. ESSAY :


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Komunikasi Dalam Jaringan , berikan contohnya!
2. Tuliskan 2 perbedaan antara Komunikasi Konvensional dengan Komunikasi Dalam Jaringan!
3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi dalam jaringan , berikan contohnya masing-masing minimal 1 (satu)!
4. Tuliskan tujuan atau kegunaan komunikasi dalam jaringan!
5. Tuliskan tahap-tahap pembuatan sebuah e-mail melalui webmail (layanan) gratis!


JAWABAN


1. komunikasi dalam jaringan adalah proses penyampaian pikiran
atau gagasan dari seseorang ke orang lain yang dilakukan melalui
dunia maya . contahnya : facebook , twitter , yahoo , dll .

2. perbedaannya :
konvensional
-tidak menggunakan jaringan internet .
-tidak membutuhkan biaya
komunikasi daring
-memerlukan jaringan internet
-butuh biaya banyak

3. jenis komunikasi dalam jaringan ada 2 yaitu:
-sinkron artinya = langsung , contohnya : chatting
-asinkron artinya = tidak langsung , contohnya : e-mail

4. tujuannya yaitu :
-kendali
-sebagai informasi
-motifasi
-sebagai tempat emosional

5. caranya :

A. bukalah perambah internet (browser ) anda lalu klik bagian
addres bar ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol enter .

B. kemudian setelah halaman gmail .com terbuka , klik tombol “buat
akun”

C .isilah semua kolom isian dengan biodata diri anda .
 
D .setelah berhasil klik tombol “langkah berikutnya”

E .untuk menambahkan foto profil pada akun gmail yang telah anda
buat , klik tombol “tanda foto profil”. maka halaman tersebut akn
di tampilkan

F .klik tombol “pilih foto dari komputer pengguna”

G .setelah gambar di tampilkan klik tombol “tetapkan sebagai foto
profil”

H .klik tombol “langkah berikutnya ”

I.gmail anda sebagai pengguna siap untuk di gunakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

data prakerin 2025

    menu  menu 1.  data  prakerin  2025 https://drive.google.com/drive/folders/1GsR1unDSehj1oCgHXOGYAJKhy120SwkV?usp=sharing  2.  data  sert...

UPDATE