Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara member
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, dan e pada lembar jawab!
1. Melalui komunikasi dalam jaringan, perasaan atau emosi dapat dikomunikasikan melalui pesan verbal dan non verbal. Pesan verbal dan nor verbal meliputi ….
a. Video, audio, teks
b. Ekspresi orang yang menyampaikan pesan
c. Komunikasi yang dilakukan secara sering antara dua orang
d. Pertukaran data yang cepat
e. Semua jawaban benar
2. Komunikasi dapat dikatakan langsung atau tidak langsung bergantung pada ….
a. Respon yang diberikan secara langsung atau tidak
b. Media yang digunakan
c. Aplikasi yang digunakan
d. Perangkat jaringan
e. Tujuan dan fungsi komunikasi
3. Rocketmail salah satu media komunikasi secara ….
a. Real time
b. Tidak langsung
c. Up to date
d. Langsung
e. synchronous
4. Perbedaan video conference dan video chat yaitu ….
a. Video conference untuk bisnis dan video chat bukan untuk bisnis
b. Koneksi internet video conference harus cepat dan video chat bias lambat
c. Video conference tidak menggunakan aplikasi dan video chat menggunakan aplikasi
d. Video conference multipoint dan video chat hanya satu panggilan
e. Koneksi video conference dengan satelit dan internet sementara video chat dengan internet
5. Dalam suatu ruangan terdapat lima computer yang saling terhubung. Antar computer data saling berbagi CPU, menggunakan printer, scanner, dan lain-lain. Berdasarkan tujuannya penggunaan computer tersebut masuk dalam….
a. Akses informasi
b. Sarana komunikasi
c. Membagi sumber daya
d. Konektifitas
e. Jaringan yang efisien
6. Berikut tidak termasuk aplikasi untuk video chat yaitu ….
a. Gtalk
b. Facebook
c. Skype
d. Yahoo messenger
e. hotmail
7. Protocol berfungsi sebagai ….
a. Penyedia jaringan
b. Sebagai perantara data
c. Tempat untuk pemrosesan data
d. Penghubung antara pengguna ke jaringan
e. Mengatur komunikasi data dan menjamin data sampai di tujuan
8. Perhatikan pernyataan berikut dengan cermat!
1) Komunikasi social,
2) Komunikasi interaktif,
3) Komunikasi ekspresif
4) Komunikasi real time
5) Komunikasi ritual
6) Komunikasi instrumental
Yang termasuk fungsi komunikasi ialah ….
a. 1, 2, 5
b. 3, 5, 6
c. 3, 4, 6
d. 1, 3, 5
e. 2, 4, 5
9. Data atau informasi diperlukan dalam komponen komunikasi data, hal ini dikarenakan ….
a. Data atau informasi sesuatu yang ingin disampaikan ke tujuan
b. Materi utama dalam komunikasi
c. Tanpa data dan informasi tidak ada yang dikirim
d. Data atau informasi adalah layanan perantara
e. Semua jawaban benar
10. Ubuntu merupakan contoh ….
a. System operasi jaringan
b. Aplikasi jaringan
c. Bagian PC
d. Pemrosesan data
e. Pengolahan, penyimpanan, dan penyajian data
11. Setelah selesai dengan pengaturan protocol jaringan computer, langkah selanjutnya adalah ….
a. Persiapan perangkat keras
b. Mempersiapkan data yang akan dikomunikasikan
c. Instalasi aplikasi pendukung komunikasi daring
d. Konektivitas internet
e. Melakukan sharing data
12. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi komunikasi daring diantaranya adalah ….
a. Berbagi sumber daya (sharing resource)
b. Pesan offline
c. Voice call
d. Memanggil protocol
e. PC call
13. Berikut tujuan komunikasi daring, kecuali ….
a. Efisien dalam waktu dan biaya
b. Memudahkan akses
c. Meningkatkan efisiensi pertemuan
d. Media untuk mempengaruhi seseorang
e. Meningkatkan kualitas pertemuan
14. Manfaat yang tidak didapat guru dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi daring adalah ….
a. Tidak perlu bertatap muka lagi
b. Penyebarluasan materi pelajaran
c. Mengirim tugas
d. Melatih tanggung jawab peserta didik
e. Dapat digunakan untuk berdiskusi
15. Browser yang mendukung aplikasi gtalk yaitu ….
a. Google chrome
b. Sarari
c. Internet explorer
d. Netscape navigator
e. Microsoft internet explore
16. Pembelajaran melalui media internet sangat penting. Pernyataan berikut yang tepat dalam pemanfaatan aplikasi komunikasi online ….
a. Memerlukan jaringan internet yang cepat
b. Membutuhkan smartphone
c. Memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mencari informasi
d. Penyampaikan informasi yang cepat
e. Aplikasi yang digunakan banyak jenisnya
17. Fitur yang terdapat di yahoo messenger dengan terkoneksi internet yaitu ….
a. Panggilan PC ke PC
b. IM with friends on other networks
c. Hangout
d. Status music
e. Pesan offline
18. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi online adalah ….
a. Epub
b. Metadata
c. Sigil
d. Simsimi
e. Adobe premier
19. Penggunaan etika dalam berkomuniaksi bertujuan untuk ….
a. Menunjukkan jati diri sesungguhnya
b. Untuk meyakinkan lawan chatting
c. Kewajiban menghormati yang lebih tua
d. Tidak menyinggung perasaan lawan chatting
e. Menyampaikan informasi tepat
20. Jarak suatu daerah 321 km dan ingin berkomunikasi. Jenis jaringan yang sesuai untuk 2 daerah yang ingin berkomunikasi tersebut adalah ….
a. Internet
b. Wide area network (WAN)
c. Metropolitan area network (MAN)
d. Lokal area network (LAN)
e. Semua jawaban salah
21. Kelas maya adalah ….
a. System pembelajaran online atanra guru dengan peserta didik yang dapat dilakukan di luar
jam sekolah dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh
1. Melalui komunikasi dalam jaringan, perasaan atau emosi dapat dikomunikasikan melalui pesan verbal dan non verbal. Pesan verbal dan nor verbal meliputi ….
a. Video, audio, teks
b. Ekspresi orang yang menyampaikan pesan
c. Komunikasi yang dilakukan secara sering antara dua orang
d. Pertukaran data yang cepat
e. Semua jawaban benar
2. Komunikasi dapat dikatakan langsung atau tidak langsung bergantung pada ….
a. Respon yang diberikan secara langsung atau tidak
b. Media yang digunakan
c. Aplikasi yang digunakan
d. Perangkat jaringan
e. Tujuan dan fungsi komunikasi
3. Rocketmail salah satu media komunikasi secara ….
a. Real time
b. Tidak langsung
c. Up to date
d. Langsung
e. synchronous
4. Perbedaan video conference dan video chat yaitu ….
a. Video conference untuk bisnis dan video chat bukan untuk bisnis
b. Koneksi internet video conference harus cepat dan video chat bias lambat
c. Video conference tidak menggunakan aplikasi dan video chat menggunakan aplikasi
d. Video conference multipoint dan video chat hanya satu panggilan
e. Koneksi video conference dengan satelit dan internet sementara video chat dengan internet
5. Dalam suatu ruangan terdapat lima computer yang saling terhubung. Antar computer data saling berbagi CPU, menggunakan printer, scanner, dan lain-lain. Berdasarkan tujuannya penggunaan computer tersebut masuk dalam….
a. Akses informasi
b. Sarana komunikasi
c. Membagi sumber daya
d. Konektifitas
e. Jaringan yang efisien
6. Berikut tidak termasuk aplikasi untuk video chat yaitu ….
a. Gtalk
b. Facebook
c. Skype
d. Yahoo messenger
e. hotmail
7. Protocol berfungsi sebagai ….
a. Penyedia jaringan
b. Sebagai perantara data
c. Tempat untuk pemrosesan data
d. Penghubung antara pengguna ke jaringan
e. Mengatur komunikasi data dan menjamin data sampai di tujuan
8. Perhatikan pernyataan berikut dengan cermat!
1) Komunikasi social,
2) Komunikasi interaktif,
3) Komunikasi ekspresif
4) Komunikasi real time
5) Komunikasi ritual
6) Komunikasi instrumental
Yang termasuk fungsi komunikasi ialah ….
a. 1, 2, 5
b. 3, 5, 6
c. 3, 4, 6
d. 1, 3, 5
e. 2, 4, 5
9. Data atau informasi diperlukan dalam komponen komunikasi data, hal ini dikarenakan ….
a. Data atau informasi sesuatu yang ingin disampaikan ke tujuan
b. Materi utama dalam komunikasi
c. Tanpa data dan informasi tidak ada yang dikirim
d. Data atau informasi adalah layanan perantara
e. Semua jawaban benar
10. Ubuntu merupakan contoh ….
a. System operasi jaringan
b. Aplikasi jaringan
c. Bagian PC
d. Pemrosesan data
e. Pengolahan, penyimpanan, dan penyajian data
11. Setelah selesai dengan pengaturan protocol jaringan computer, langkah selanjutnya adalah ….
a. Persiapan perangkat keras
b. Mempersiapkan data yang akan dikomunikasikan
c. Instalasi aplikasi pendukung komunikasi daring
d. Konektivitas internet
e. Melakukan sharing data
12. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi komunikasi daring diantaranya adalah ….
a. Berbagi sumber daya (sharing resource)
b. Pesan offline
c. Voice call
d. Memanggil protocol
e. PC call
13. Berikut tujuan komunikasi daring, kecuali ….
a. Efisien dalam waktu dan biaya
b. Memudahkan akses
c. Meningkatkan efisiensi pertemuan
d. Media untuk mempengaruhi seseorang
e. Meningkatkan kualitas pertemuan
14. Manfaat yang tidak didapat guru dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi daring adalah ….
a. Tidak perlu bertatap muka lagi
b. Penyebarluasan materi pelajaran
c. Mengirim tugas
d. Melatih tanggung jawab peserta didik
e. Dapat digunakan untuk berdiskusi
15. Browser yang mendukung aplikasi gtalk yaitu ….
a. Google chrome
b. Sarari
c. Internet explorer
d. Netscape navigator
e. Microsoft internet explore
16. Pembelajaran melalui media internet sangat penting. Pernyataan berikut yang tepat dalam pemanfaatan aplikasi komunikasi online ….
a. Memerlukan jaringan internet yang cepat
b. Membutuhkan smartphone
c. Memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mencari informasi
d. Penyampaikan informasi yang cepat
e. Aplikasi yang digunakan banyak jenisnya
17. Fitur yang terdapat di yahoo messenger dengan terkoneksi internet yaitu ….
a. Panggilan PC ke PC
b. IM with friends on other networks
c. Hangout
d. Status music
e. Pesan offline
18. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi online adalah ….
a. Epub
b. Metadata
c. Sigil
d. Simsimi
e. Adobe premier
19. Penggunaan etika dalam berkomuniaksi bertujuan untuk ….
a. Menunjukkan jati diri sesungguhnya
b. Untuk meyakinkan lawan chatting
c. Kewajiban menghormati yang lebih tua
d. Tidak menyinggung perasaan lawan chatting
e. Menyampaikan informasi tepat
20. Jarak suatu daerah 321 km dan ingin berkomunikasi. Jenis jaringan yang sesuai untuk 2 daerah yang ingin berkomunikasi tersebut adalah ….
a. Internet
b. Wide area network (WAN)
c. Metropolitan area network (MAN)
d. Lokal area network (LAN)
e. Semua jawaban salah
21. Kelas maya adalah ….
a. System pembelajaran online atanra guru dengan peserta didik yang dapat dilakukan di luar
jam sekolah dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh
b. Pembelajaran yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dengan memanfaatkan
teknologi komunikasi
c. System pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh apabila guru atau peserta didik tidak
dapat hadir
d. Pembelajaran yang bertujjuan untuk meningkatkann pengetahuan peserta didik
dengan memanfaatkan internet
e. Pembelajaran yang dilakukan secara online secara terus menerus
22. Berikut yang tidak termasuk persamaan antara kelas maya dengan e-learning dalam system pembelajaran adalah …
a. Sama-sama dilakukan oleh guru dan peserta didik
b. Daapt dilakukan kapan saja dan dimana saja
c. Pembejlajaran dilakukan melalui perangkat elektronika
d. Informasi yang disampaikan berupa digital
e. Terkoneksi dengan internet
23. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kelebihan kelas maya adalah ….
a. Waktu dan tempat bebas
b. Guru sebagai fasilitator, penyedia dan pendukung pembelajaran
c. Peserta didik lebih aktif dalam mempelajari materi
d. Tidak dipatok oleh waktu dan tempat
e. Peserta didik lebih asyik dengan bermain internet dibanding kelas maya
24. Apabila pengguna ingin mengakses materi dalam kelas maya, maka ia akan mengakses
LMS terlebih dulu, hal ini dikarenakan ….
a. LMS letaknyka sebelum materi
b. LMS berfungsi untuk pengelolaan dan distribusi materi ke user
c. LMS sebagai aplikasi pemanggilan data
d. LMS berfungsi untuk penyedia layana login bagi user
e. LMS merupakan apikasi untuk menyediakan akses materi
Baca Juga :
25. Salah satu fungsi LMS adalah komunikasi, yang dimaksud komunikasi tersebut adalah ….
a. Untuk menghubungkan satu orang dengan lainnya
b. LMS berfungsi sebagai sarana interaksi antara user dengan non user
c. Sarana komunikasi antara guru dnegan peserta didik untuk berinteraksi
d. Media penghubung antara peserta didik dengan materi
e. Media penghubung antara guru dengan materi
26. Perbedaan LMS dan LCMS adalah ….
a. LMS berfungsi sebagai pembuatan content, dan LCMS sebagai pembuatan materi
b. LMS sebagai evaluasi materi dan LCMS sebagai pembuatan content
c. LMS untuk mendistribusikan materi dan LMCMS untuk mengolah materi
d. LMS bekerja saat proses pembelajaran dan LCMS sebagai pembuatan materi
e. LMS ntuk mengolah materi dan LCMS sebagai penyedia materi
27. Fungsi learning object repository pada LCMS ialah ….
a. Mengolah dan mendistribusikan materi
b. Mengedit dan menyimpan materi
c. Menyimpan dan mengelola materi
d. Mengelola materi dan memanggil
e. Memasukkan dan menyimpan materi
28. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat kelas maya ialaha ….
a. Dapat meningkatkan kemampuan
b. Setiap orang dapat mengaksesnya
c. Media bertukar informasi
d. Materi dalam bentuk analog
e. Materi dapat diulang
29. Fitur awal pada rumah belajar ialah ….
a. Pindah halaman selanjutnya
b. Untuk kembali ke menu utama
c. Pindah halaman sebelumnya
d. Untuk kembali ke halaman kosong
e. Untuk ke menu selanjutnya
30. Berikut ini yang bukan merupakan tipe kuis pada fitur kuis pada edmodo ialah ….
a. Multiple choice
b. True falses
c. Short answer
d. Matching
e. Semua jawaban salah
Essay!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan tentang komunikasi dalam jaringan!
2. Apa manfaat yang dapat anda peroleh saat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan?
3. Apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan komunikasi jaringan!
4. Jelaskan tujuan melakukan komunikasi dalam jaringan!
5. Fungsi komunikasi salah satunya adalah komunikasi social. Jelaskan menurut pendapatmu
tentang fungsi social tersebut!
6. Jelaskan perangkat yang terdapat dalam komunikasi jaringan
7. Sebutkan minimal lima aplikasi yang dapat digunakan untuk komunikasi daring!
8. Jelaskan kelebihan aplikasi google hang out!
9. Dengan bahasamu sendiri, jelaskan tentang langkah-langkah komunikasi dengan
menggunakan yahoo messenger!
10. Mengapa dalam melakukan komunikasi daring harus sesuai dengan etika internet!
11. Jelaskan tentang kelas maya!
12. Apa kelebihan dan kekurangan kelas maya!
13. Bagaimana pengelolaan kelas maya sehingga menjadi media pembelajaran menarik?
14. Jelakskan manfaat kelas maya dalam pembelajaran!
15. Apa saja fitur kelas maya pada edmodo?
1. Apa yang dimaksud dengan
Komunikasi ?
a. Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b. Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c. Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d. Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet
2. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a. Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b. Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c. Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d. a dan c benar
3. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a. Modulator Demodulator
b. Modulator Demulator
c. Modulator Demudolator
d. Modelator Demoulator
4. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b. Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
5. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a. Penyebaran Virus di beberapa Website
b. Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c. Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d. a dan b Benar
6. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a. Kabel LAN RJ45
b. Kabel Fiber Optik
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Wi-Fi
7. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a. Mozaic, IE, Flock
b. Mozilla Firefox, IE, GIMP
c. Google Chrome, IE, GIMP
d. Flock, Google Chrome, GIMP
8. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a. Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b. Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c. Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d. a dan b Benar
9. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a. Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b. Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c. Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d. a dan c Benar
10. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a. Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim
b. Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya
c. Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik
d. Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet
a. Terdapat komunikator yang mengirim atau menerima informasi sendiri
b. Interaksi antara 2 atau lebih Komunikator yang saling memberi atau menerima
informasi
c. Interaksi terhadap aplikasi perangkat lunak didalam suatu sistem operasi
d. Terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling terhubung ke Internet
2. Apa saja manfaat Komunikasi dalam Jaringan, kecuali ?
a. Dapat berhubungan dengan orang Luar lebih mudah dan efektif
b. Sukar, karena membutuhkan biaya yang sangat besar
c. Sangat efisien, karena lebih gampang digunakan dan mudah dalam berhubungan
antara wilayah ataupun diluar daerah
d. a dan c benar
3. Modem adalah salah satu media yang digunakan dalam menghubungkan Komputer/Leptop
dengan jaringan Internet. Apa kepanjangan dari Modem ?
a. Modulator Demodulator
b. Modulator Demulator
c. Modulator Demudolator
d. Modelator Demoulator
4. Tujuan dalam pengembangan Komunikasi dalam Jaringan adalah ..
a. Mempermudah dalam penyebaran Trojan, Malware, dan Virus computer
b. Diharapkan dapat meningkatkan Cracking atau Carding dalam ruang lingkup
luas
c. Mempermudah dalam melakukan interaksi jarak jauh dengan orang lain
d. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
5. Komunikasi dalam Jaringan memang dapat mendatangkan suatu keutungan, namun
kerugian yang kita rasakan juga antara lain, kecuali ..
a. Penyebaran Virus di beberapa Website
b. Banyaknya Prilaku Kriminal di Dunia Maya (Cyber Crime)
c. Komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mudah
d. a dan b Benar
6. Gambar diatas menunjukkan Perangkat Jaringan yang digunakan dalam membbuat suatu
Jaringan Komunikasi. Apa nama perangkat tersebut ?
a. Kabel LAN RJ45
b. Kabel Fiber Optik
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Wi-Fi
7. Dalam melakukan Komunikasi di Internet, digunakan sebuah aplikasi penjelajah dunia
Maya atau biasa disebut dengan Browser. Dibawah ini adalah software Browser, antara
lain ..
a. Mozaic, IE, Flock
b. Mozilla Firefox, IE, GIMP
c. Google Chrome, IE, GIMP
d. Flock, Google Chrome, GIMP
8. Apa kerugian dari adanya Komunikasi dalam Jaringan ?
a. Adanya timbal balik dan saling menguntungkan antar sesama Komunikator
b. Dapat menjadi lingkungan pembelajaran antar guru dengan siswa
c. Menjadi media dalam penyebaran Virus, Trojan, atau Malwer di Internet
d. a dan b Benar
9. Dalam melakukan Komunikasi, kita wajib mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya
adalah ..
a. Selalu Sopan dan Santun dalam berkomunikasi dengan Orang lain
b. Membuat keributan seperti saling menyindir dan menghakimi orang lain di Media
Social
c. Melakukan aktivitas positif seperti diskusi dan bertukar pikiran (sharing) di
dalam suatu komunitas yang telah dibuat
d. a dan c Benar
10. Apakah yang dimaksud dengan Cyber Crime ?
a. Cyber adalah Internet dan Crime adalah Eskrim. Sehingga Internet yang dapat
digunakan untuk memperoleh Eskrim
b. Kejahatan Dunia Maya (Internet) yang dapat menguntungkan satu pihak dan
merugikan pihak dengan cara menghancurkan suatu sistem sehingga pihak yang
diuntungkan dapat dengan mudah masuk kedalam sistem tersebut dan
merusaknya
c. Suatu tindakan yang dapat menguntungkan orang lain sehingga terjadi
komunikasi yang baik
d. Suatu perbuatan baik yang dapat digunakan dalam kegitan berinteraksi di
Jaringan Internet
11. Platform media
social yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian
dari …
a. Edmodo
b. Facebook
c. Google +
d. Twitter
e. Skype
12. Jika kita ingin
masuk Edmodo kita harus memasukkan …… lalu klik sign in.
a. User name dan
password
b. Nama dan alamat
c. E-mail dan
Username
d. Alamat dan
tanggal lahir
e. Komentar
dan user name
13. Tahun berapa
Edmodo dikembangkan….
a. Akhir
tahun 2000
b. Pertengahan 2001
c. Awal tahun
2007
d. Awal tahun 2008
e. Akhir tahun
2008
14. Di bawah ini
kelebihan Edmodo, kecuali….
a. User
interface
b. Sosial media
c.
Compatibility
d. Aplikasi
e. Sharing
data
15. Edmodo
dirancang untuk membuat siswa atau mahasiswa manjadi….
a. Bersemangat
b. Santai
c. Malas
d. Kurang
bersemangat
e. Semua
benar
16. Sebelum siswa
mendaftar Edmodo siswa harus memasukkan kode grup. Berapa digitkah kode grup
yang harus dimasukkan….
a. 5 digit
b. 6 digit
c. 7 digit
d. 8 digit
e. 9 digit
17. Untuk mendaftar
Edmodo sebagai guru kita harus mengklik….
a. I’m teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m
professor
18. Untuk mendaftar
edmodo sebagai siswa kita harus mengklik….
a. I’m
teacher
b. I’m student
c. Sign in
d. I’m parent
e. I’m
professor
19. Di bawah ini
fitur-fitur yang disediakan oleh Edmodo, kecuali….
a. Ganti foto
profile
b. Tampilan seperti
facebook
c. Membuat
event atau jadwal kegiatan penting
d. Interaksi guru
dengan murid secara mudah
e. Tidak bisa
diakses oleh HP
20. Di bawah ini adalah fitur edmodo yang
dapat dimanfaatkan oleh guru, kecuali….
a. Quiz
b. Polling
c. Game
d. Library
e. Assignment
21. Tombol “I’m teacher” dan “I’m student”
berfungsi untuk….
a. Memudahkan
para guru dan murid saling berinteraksi
b. Mempermudah
berbagi pengalaman
c.
Mempersulit untuk berinteraksi
d. Membuat status
e. Membuat
quiz
22. Tombol “I’m techer” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
23. Tombol “I’m student” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
24. Tombol “I’m a parent” digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
25. Tombol “School & District”
digunakan oleh…
a. Murid
b. Guru
c. Orangtua
d. Sekolah
e. Pilot
26. Di bawah ini fitur yang disediakan oleh
Edmodo untuk mendaftar, kecuali…
a. I’m a
teacher
b. I’m a student
c. I’m crazy
d. I’m a parent
e. School
& District
27. Siapa pembuat/pendiri Edmodo…
a. Nicolas
Borg dan James
b. Albert dan Jeff
O’Hara
c. Nicolas Borg
dan Jeff O’Hara
d. Cristian dan
Michael
e. Erick dan
Robert
28. Di bawah ini tools yang ada di Edmodo,
kecuali…
a. Follow
b. Home
c. Backpack
d. Notification
e. Account
29. Di bawah ini yang terdapat di dalam
Account, kecuali…
a. Profile
b. Settings
c. Sign in
d. Help
e. Log out
30. Dengan mengklik apa jika kita ingin
membuat grup atau masuk ke suatu grup di dalam Edmodo, adalah….
a. Join or create
b. Join or clear
c. Join or
back
d. Create or clear
e. Create or
exit
31. Jejaring social yang diluncurkan oleh
Google Inc, adalah…
a. Facebook
b. Google +
c. Twitter
d. Edmodo
e. Skype
32. Google + diluncurkan pada tanggal…
a. 28 Maret
2011
b. 28 April 2011
c. 28 Mei
2011
d. 28 Juni 2011
e. 28
Juli 2011
33. Di bawah ini layanan yang terdapat di
dalam Google +, kecuali…
a. Circle
b. Hangouts
c. Sparks
d. Huddles
(Messenger)
e. Call
34. Apa fungsi dari layanan circle…
a. Untuk mengatur
kontak menjadi kelompok untuk berbagi
b. Untuk melingkari
buku
c. Untuk
melingkari sepeda
d. Untuk melingkari
bola
e. Untuk
melingkari HP
35. Apa fungsi Hangouts….
a. Jalan
jalan ke luar negeri
b. Bermain game
c. Komentar
d. Menghidupkan percakapan dengan sesame pengguna Google+
e. Membalas
komentar
36. Apa yang dimaksud dengan Sparks….
a. Sebuah
front-end untuk Google Search
b. Untuk mengirim
pesan
c. Untuk
mengirim email
d. Untuk mengirim
file
e. Untuk
berkomentar
37. Apa yang dimaksud dengan Huddles…
a. Member
komentar
b. Membuat
status
c. Untuk
berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles
d. Sharing
file
e. Mengirim
file
38. Apa yang dimaksud dengan Instant
Upload…
a. Untuk
mengirim pesan
b. Untuk mengirim
email
c. Untuk
mengirim file
d. Untuk
berkomentar
e. Untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam
album pribadi
39.Di bawah ini fungsi Google +, kecuali…
a.
Memperbaiki SEO sebuah blog/website
b. Membingungkan
pengguna
c.
Meningkatkan minat pengunjung blog dengan Rich Snippet
d. Membantu
meningkatkan SERP
e.
Meningkatkan kredibilitas
40. Di bawah ini keunggulan Google +,
kecuali…
a. Dapat
menambahkan teman tanpa batas
b. Up date status
sampai puas
c. Membuat
grup yang tak terbatas
d. Telephone gratis
e. Akses lebih
berat
B. ESSAY :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Komunikasi Dalam Jaringan , berikan
contohnya!
2. Tuliskan 2 perbedaan antara Komunikasi Konvensional dengan Komunikasi
Dalam Jaringan!
3. Jelaskan jenis-jenis komunikasi dalam jaringan , berikan contohnya
masing-masing minimal 1 (satu)!
4. Tuliskan tujuan atau kegunaan komunikasi dalam jaringan!
5. Tuliskan tahap-tahap pembuatan sebuah e-mail melalui webmail
(layanan) gratis!
JAWABAN
1. komunikasi dalam jaringan adalah proses penyampaian pikiran
atau gagasan dari seseorang ke orang lain yang dilakukan melalui
dunia maya . contahnya : facebook , twitter , yahoo , dll .
2. perbedaannya :
konvensional
-tidak menggunakan jaringan internet .
-tidak membutuhkan biaya
komunikasi daring
-memerlukan jaringan internet
-butuh biaya banyak
3. jenis komunikasi dalam jaringan ada 2 yaitu:
-sinkron artinya = langsung , contohnya : chatting
-asinkron artinya = tidak langsung , contohnya : e-mail
4. tujuannya yaitu :
-kendali
-sebagai informasi
-motifasi
-sebagai tempat emosional
5. caranya :
addres bar ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol enter .
B. kemudian setelah halaman gmail .com terbuka , klik tombol “buat
akun”
C .isilah semua kolom isian dengan biodata diri anda .

D .setelah berhasil klik tombol “langkah berikutnya”
E .untuk menambahkan foto profil pada akun gmail yang telah anda
buat , klik tombol “tanda foto profil”. maka halaman tersebut akn
di tampilkan
F .klik tombol “pilih foto dari komputer pengguna”
G .setelah gambar di tampilkan klik tombol “tetapkan sebagai foto
profil”
H .klik tombol “langkah berikutnya ”
I.gmail anda sebagai pengguna siap untuk di gunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar