Rabu, 18 Februari 2015

SOAL TIK SMP IT PU

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER T I K KELAS VIII  SEMESTER 
 
 
 
 
 
 
Pada Ms.Excell terdapat bagian yang disebut kolom, adapun definisi kolom adalah …
  • a. Vertikal dari atas kebawah atau sebaliknya
  • b. Horizontal dari kanan ke kiri atau sebaliknya
  • c. Vertikal dari kanan ke kiri atau sebaliknya
  • d. Horizontal dari atas ke bawah atau sebaliknya
2.  Pada Ms.Excell terdapat 4 bagian penting excel ada istilah berikut, “pertemuan antara baris dan kolom” istilah tersebut adalah definisi dari …
  • a.       Cell / sel    b. Range                      c. Kolom / colom         d. Baris / row
3.      Setiap kali membuka Ms.Excell 2003 selalu muncul tampilan standar dan diberi fasilitas
  • a.       1 Worksheet, 3 Sheet, 65.536 Row dan 256 Coloum
  • b.      1 Worksheet, 1 Sheet, 65.563 Row dan 265 Coloum
  • c.       1 Worksheet, 2 Sheet, 65.536 Row dan 256 Coloum
  • d.      1 Worksheet, 4 Sheet, 256 Row dan 65.536 Coloum
4. Garis-garis pada Ms.Excell jika di print ternyata tidak nampak, untuk itu perlu ada pengaturan untuk membuat garis tabel, fasilitas yang digunakan untuk keperluan tersebut tersebut adalah menu
  • a.  Home | Font | Border                                  c. Insert | Tabel | Draw Table
  • b. Page Layout | Page Setup | Margin             d. Page Layout | Font | Border
5.      Pada Ms. Excell ada yang disebut dengan sel, adapun definisi dari sel adalah…
  • a.       Pertemuan antara kolom dan kolom         c. Pertemuan antara baris dan row
  • b.      Pertemuan antara kolom dan baris            d. Pertemuan antara row dan baris
6.  Sel merupakan bagian dari Ms. Excell yang penting, adapun contoh dari penulisan sel yang benar adalah sebagai berikut ini
  • a.       C2             b. 12B                         c. 5A:6H                     d. B2:S35
7.      Fungsi aritmatika pada Ms.Excell yang sering digunakan adalah
  • a.       Max, Min, Average, SQRT                      c. Max, Min, IF, Sum
  • b.      Max, Min, Average, SRT                         d. Max, Min, Average, Sum
8.   Fungsi untuk mengambil atau mencopot suatu karakter atau huruf dari suatu kalimat atau kata yang sering digunakan adalah …
  • a.       Mid, Left, Right, Center              c. Mid, Left, Right, Merge Cell
  • b.      Mid, Left, Right, Justify               d. Mid, Left, Right
9.   Fungsi logika pada Ms.Excell adalah fungsi yang digunakan untuk mempermudah menampilkan suatu keterangan seperti lulus dan gagal, atau menampilkan kota dari suatu nomor plat kendaraan atau dari nomor hanphone, untuk itu Ms. Excel ada suatu fasilitas logika yaitu …
  • a.       IF, Hlookup, Vlookup                              c. IF tingkat II, Hlookup, Flookup
  • b.      IF tingkat 1, Jlookup, Zlookup                 d. IF tingkat banyak, Glookup, Vlookup
10.  Penulisan rumus yang benar dan lengkap terdapat pada rumus IF berikut…
  • a.       =IF(C2;”Benar”;Salah)                 c. =IF(C2=”B”;”Benar”;”Salah”)
  • b.      =IF(C2;Benar”;Salah)                    d. =IF(C2=B;”Benar”;Salah)
11.  Pada saat menggunakan Ms.Excell kemudian dilakukan perintah copy lalu paste hal ini berguna untuk melakukan …….. isi sel
  • a.       menyalin   b. menghapus              c. meremove                d. mengganti
12.  Penulisan rumus Hlookup yang benar dan lengkap terdapat pada …
  • a.       =hlookup(C2;$b$4:$g$15;3)                    c. =hlookup(C2;b4:g15;”0”)
  • b.       =hlookup(C2;”Benar”;Salah)                   d. =hlookup(C2=B;”Benar”;”Salah”)
13.  Range merupakan bagian dari Ms. Excell yang penting, adapun contoh dari penulisan range yang benar adalah sebagai berikut ini
  • a.       C2             b. 12B                         c. 5A:6H                     d. B2:35Z
14.  Pada Ms.Excell bagian yang disebut row mempunyai definisi …
  • a.       Vertikal dari atas kebawah atau sebaliknya
  • b.      Horizontal dari kanan ke kiri atau sebaliknya
  • c.       Vertikal dari kanan ke kiri atau sebaliknya
  • d.      Horizontal dari atas ke bawah atau sebaliknya
15.  Pada saat bekerja dengan Ms.Excell ada fasilitas untuk membuat nomor urut secara cepat, adapun bentuk kursor pada saat proses tersebut, kursor harus berbentuk seperti gambar….
  • a.             b.                     c.                     d.
16.  Fasilitas cut dan paste digunakan untuk melakukan …….. isi sel
  • a.  menyalin     b. menghapus              c. meremove                d. mengganti
17.  Symbol matematik ^ digunakan untuk
a. pembagian   b. perkalian                  c. akar kuadrat            d. pemangkatan
18.  Pada Ms.Excell terdapat bagian penting yang disebut range, adapun definisi range adalah …
  • a.       Kumpulan dari sel sel                               c. Vertikal dari kanan ke kiri atau          sebaliknya
  • b.      Pertemuan antara baris dan kolom            d. Horizontal dari atas ke bawah atau sebaliknya
19.  Penulisan fungsi MAX yang benar adalah pada ….
  • a.       =Max(B2) b. =Max(B2;2)            c. =Max(b4;2z)            d. =Max(b4:h21)
20.Pada saat membuat grafik diperlihatkan pilihan bentuk-bentuk grafik, untuk membuat grafik dengan bentuk lingkaran maka pilihan yang digunakan adalah …
a. bar               b. pie                           c. column                     d. area
21.  Pilihan grafik “bar” akan membentuk grafik dengan tampilan …
a. grafik berbentuk baris                                 c. grafik berbentuk batang
b. grafik berbentuk pie                                    d. grafik berbentuk horizontal
22.  Pada saat melebarkan kolom, untuk mengatur tinggi baris menggunakan mouse, gambar kursor nya harus berbentuk
  • a.             b.                     c.                     d.
23.  Pada saat menggunakan hlookup atau vlookup pada tabel tambahan perlu dilakukan penguncian, salah satu ciri bahwa tabel telah dikunci akan nampak tanda …
  • a.       #                b. $                              c. &                             d. @
24.  Fungsi Mid pada Ms.Excell digunakan untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka, adapun penulisan fungsi Mid yang benar adalah ….
  • a.       =Mid(B2,”3”)       b. =Mid(cell,z)            c. =Mid(B4;2,4)          d.=Mid(kanan)
25.  Pada saat menggunakan hlookup atau vlookup pada tabel tembahan perlu dilakukan penguncian, penguncian dapat dilakukan dengan menekan tombol …
  • a.       F1              b. F2                            c. F3                            d. F4
26.  Pada saat mengolah data pada excel, data ingin di urutkan dari yang terbesar menuju yang terkecil, diperlukan perintah dari suatu menu, adapun menu yang digunakan untuk mengurutkan data dari kecil ke besar adalah menu….
  • a.       Sort                       b. z-a                           c. b-z                           d. Filter
27.  Setelah bekerja menggunakan excel di buat grafik dan melakukan pencetakan, untuk mencetak dokumen file excel digunakan perintah dalam menu
  • a.       Print                      b. Page Setup              c. Print Preview           d. Print setup
28.  Pada Ms.Excell ada fasilitas yang digunakan untuk menggabungkan 2 cell atau beberapa cell menjadi 1 cell, biasanya ini untuk judul tabel maupun judul fields tabel, adapun fasilitas tersebut dinamakan
  • a.       merge cells            b. merge across            c. merge n center         d. unmerge cells
29.  Pada saat melebarkan baris, untuk mengatur tinggi baris menggunakan mouse, gambar kursor nya harus berbentuk
  • a.             b.                     c.                     d.
30.  Fungsi Mid digunakan untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka, adapun fungsi Mid digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah ….
  • a.       Tengah                  b. =Mid(cell,2)            c. Kiri                          d.=Left(kanan)
31.  Pada saat menggunakan hlookup atau vlookup harus terdapat tabel tambahan dan perlu dilakukan penguncian, mengapa perlu diadakan penguncian …
  • a.       Karena jika tidak dikunci maka akan terjadi error saat di copy kebawah
  • b.      Karena jika tidak dikunci maka akan menyebabkan rumus menjadi tetap
  • c.       Karena jika dikunci malah menyebabkan kerusakan data
  • d.      Karena jika dikunci maka akan terjadi error disebabkan data selalu berubah
32.  Contoh penulisan rumus IF yang benar dan lengkap pada saat membandingkan antara letter “E” untuk kota Cirebon dan Luar Kota Cirebon, adalah sebagai berikut :
  • a.       =IF(C2=”E”;Cirebon;Luar Cirebon)        c. =IF(C2=”E”;Cirebon;”Luar Cirebon”)
  • b.      =IF(C2=E;Cirebon;Luar Cirebon)            d. =IF(C2=”E”;”Cirebon”;”Luar Cirebon”)
33.  Penulisan rumus Hlookup yang benar dan sudah terkunci pada saat melakukan pemisahan data kode kota dari plat nomor kendaraan adalah sebagai berikut :
  • a.       =hlookup(C2;S2:U24,3)               c. =hlookup(C2;S2:U24,”3”)
  • b.      =hlookup(C2;$S$2:$U$24,3)                   d. =hlookup(C2;$S$2:$U$24,”3”)
34.  Bentuk grafik pada Ms. Excel ada bermacam-macam salah satunya adalah bentuk pie, manakah grafik yang menunjukkan bentuk pie?
  • a.                         b.                                 c.                                 d.
35.  Pada Ms.Excell untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka bisa menggunakan Fungsi Left, adapun penulisan fungsi Left yang benar adalah ….
  • a.       =Left(B2,3)          b. =Left(cell,z)            c. =Left(B4;2,4)          d.=Left(B2;”4”)
36.  Penulisan rumus Vlookup yang benar dan sudah terkunci adalah sebagai berikut :
  • a.       =vlookup(C2;S2:U24,3)               c. =vlookup(C2;S2:U24,”3”)
  • b.      =vlookup(C2;$S$2:$U$24,3)       d. =vlookup(C2;$S$2:$U$24,”3”)
37.  Fungsi Left pada Ms.Excell digunakan untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka, adapun fungsi left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah ….
  • a.       kanan                    b. kiri                           c. tengah                      d.atas
38.  Pada Ms.Excell untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka bisa menggunakan Fungsi Right, adapun penulisan fungsi Right yang benar adalah ….
  • a.       =Right(B2,3)        b. =Right(cell,z)          c. =Right(B4;2,4)        d.=Right(B2;”4”)
39.  Penulisan rumus If tingkat 2 dan tingkat banyak akan sangat merepotkan dan sangat beresiko mengalami kesalahan dalam penulisan oleh karena itu rumus IF yang panjang dapat dialihkan menjadi penggunaan rumus
  • a.       Vlookup    b. Glookup                  c. Clookup                   d. Zlookup
40.  Fungsi Right pada Ms.Excell digunakan untuk mengambil suatu karakter atau huruf juga angka dari suatu kalimat atau angka, adapun fungsi right digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah ….
  • a.       kanan                    b. kiri                           c. tengah                      d.atas
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
GENAP TAHUN 2012/2013
PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR
1) Berikut ini yang bukan termasuk kelompok program Aplikasi Microsoft office adalah …
a. Microsoft excel b. Microsoft word c. Microsoft power point d. Microsoft windows
2) Microsoft Excel merupakan program aplikasi …
a. Presentation b. Wordprosesor c. Spreadsheet d. Animasi
3) Fungsi yang digunakan untuk menghitung penjumlahan data angka…
a. Sum b. Max c. Min d. Average
4) Microsoft excel digunakan untuk kebutuhan pengolahan …
 a. kata b. angka c. kalimat d. program
5) Fungsi yang digunakan untuk menghitung banyak data dalam range tertentu…
a. Count b. Large c. Small d. Rank
6) Symbol-simbol yang mewakili perintah pengoperasian aplikasi disebut ….
 a. symbol b. grafik c. chart d. icon
7) Tempat pada lembar kerja untuk menggunakan rumus perhitungan disebut …
 a. title bar b. formula bar c. standard bar d. address bar
8) Fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai terbesar data angka…
 a. Sum b. Min c. Max d. Average
9) Fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai terkecil data angka…
a. Sum b. Max c. Min d. Average
10) Fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka…
 a. Sum b. Max c. Min d. Average
11) Baris yang digunakan untuk menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif (disorot) di lembar kerja…
 a. Formula bar b. Toolbar  c. Scroll bar d. Menu bar
12) Yang disebut fungsi logika di bawah ini adalah…
a. If b. Sumif c. Logif d. Countif
13) Perintah untuk menyimpan lembar kerja excel dengan menekan tombol…
 a. Ctrl S b. Ctrl N c. Ctrl V d. Ctrl A
14) Bagian excel yang digunakan untuk mengerakan lembaran kerja dalam arah horizontal adalah …
a. scroll bar vertical b. scroll bar horizontal c. control lembaran kerja d. taks pane
15) Perintah yang digunakan untuk membatalkan perintah yang sudah terlanjur diberikan adalah …
 a. Undo b. Redo c. Copy d. Paste
16) Print preview digunakan untuk …
a. mencetak bagian lembaran kerja tertentu
b. mencetak lembaran kerja
            c. melihat tampilan halaman sebelum dicetak
d. tidak ada jawaban benar
17) Perintah print dapat juga dijalankan dari tombol keyboard dengan cara menekan tombol …
 a. ctrl + V b. ctrl + C c. ctrl + Shift + P d. ctrl + P
18) Perbesaran lembaran kerja diatur dengan menggunakan perintah …
a. customs view b. full screen c. zoom d. view sheets
19) Perintah open dapat dijalankan dari menu file lalu pilih open, selain itu perintah open dapat juga dijalankan dengan menekan tombol…dikeyboard.
 a. ctrl + V b. ctrl + O c. ctrl + U d. ctrl + B
20) Berikut ini tombol yang dapat digunakan untuk menggeser sel yang aktif adalah …
a. tombol enter b. tombol tab c. tombol arah d. semua benar
21) Salah satu cara untuk memilih seluruh data di lemburan kerja adalah dengan menekan tombol…di keyboard.
 a. ctrl + S b. ctrl + A c. ctrl + B d. ctrl + P
22) Perintah yang digunakan untuk menggandakan data adalah …
 a. cut dan paste b. copy dan paste c. copy dan cut d. select all dan copy
23) Perintah page setup dijalankan dari menu…
a. File b. Insert  c. View d. page layout
24) Jika kita mempunyai table yang melebar ke samping,maka sebaiknya kita memilih orientasi kertas …
a. Landscape b. Portraid c. Tegak d. terserah apa saja
25 Untuk mengaktifkan Menu Home kita juga bisa menekan tombol
a.       Ctrl + H b. Ctrl + I c. Ctrl + P d. Ctrl + N
26) Berikut yang termasuk menu bar pada microsoft exel 2007  adalah …
a.  Home, Insert, Page LayOut, Formulas, Data, Review, View
b. Home, Insert, Page LayOut, Formulas, Data, Review, View
c. Home, Edit, Insert, Page LayOut, Formulas, Data, Review, View
d.Home, Insert, Format, Page LayOut, Review, View

27)Perintah untuk menggeser layar kekanan atau kekiri pada microsoft exel 2007 disebut...
a. Horizontal Scrool bar
b. Vertical Scrool bar
c.  Tampilan layar
d. Zoom
28) Tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal pada microsoft exel 2007 disebut...
a.Sel aktif
b. Formula Bar
c. Range
d.Workbook
29) Komponen pada microsoft exel 2007 yang berisi program yang sedang aktif disebut...
a. Menu bar
b. Title Bar
c.Tool bar
d. Office Button
30) Berikut yang termasuk didalam komponen office Buton adalah...
a. New dokument, open dokument, save, Save as, convert, print, publish
b.  New dokument, open dokument, save, edit, format, send, close, publish
c. New dokument, open dokument, save, Save as, insert, page layout
d. New dokument, open dokument, , convert, print,mailing, view, publish
JAWAB DENGAN SINGKAT DAN TEPAT
 1. Tuliskan langkah-langkah membuka aplikasi Microsoft Excel 2007
2. Sebutkan menu yang ada di Microsoft Excel …
3. Apa yang dimaksud dengan Menu Bar
4. Tuliskan langkah-langkah membuat Range…
5. Apa yang dimaksud dengan Header and Footer
6. Sebutkan langkah-langkah menghapus isi dalam Workbook....
7. Sebutkan langkah membuka dokument baru pada microsoft exel 2007……
8. Sebuutkan langkah-langkah untuk menyimpan dokument kerja pada microsoft exel 2007…..
9. Fungsi Max Adalah...                
10. Sebutkan langkah-langkah untuk menutup dokument kerja pada microsoft exel 2007
                JAWABAN
Romawi 1:
1.       D               11.                21. B
2.       C               12. C             22. B
3.       A               13. A             23. B
4.       B               14. B             24.
5.       .                15.A               25. A
6.       D              16. D               26. A
7.       B              17. D              27. A
8.       C              18. C              28. A
9.       C               19. B             29. B  
10.   D               20. C             30.
Romawi 2:
1.       *Klik tombol start yang terdapat pada Taks Bar
*Kemudian pilih menu All Programs
*Klik Microsoft Office
*Terakhir pilih dan klik program aplikasi Microsoft Excel
*Tunggu sampai jendela Microsoft Excel ditampilkan dan siap untuk menerima perintah
       2. Title Bar, Menu Bar, Tool Bar, Ruler, ScroolBar, Status Bar, Formula Bar.
       3. Menu Bar merupakan baris menu berisi perintah berupa menu-menu yang aktif dimulai dari Menu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
       4. *Letakkan kursor pada sel awal Range
            *Klik dan tahan tombol kiri mouse
            *Bawa kursor ke sel akhir Range
            *Lepaskan tombol kiri mouse
       5. Header dan Footer untuk membuat judul atas (Header) dan judul bawah (Footer) pada dokumen.
       6. *Menghapus Workbook. Buka windows exploler> Blok file yang akan dihapus> tekan Delete pada key board anda
        7. * Klik Office Button
             * Klik New
             *Klik Blank Document
             *Klik tombol Create
         8. * Klik Office Button
                *Pilih Save/Save As(untuk menyimpan dengan nama yang berbeda dengan nama sebelumnya)
                *Pilih Excel Document
                * [ada Windows yang muncul, pilih folder dokumen
                * Ketikkan daftar nilai siswa pada File Name
                * Pilih Excel WorkBook pada Save As Type
                * Klik Tombol save
             9. Berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari sejumlah data
             10. *Klik Office Button
                      * Close (Ctrl+W)
                       *Klik Yes (jika muncul pertanyan)
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

data prakerin 2025

    menu  menu 1.  data  prakerin  2025 https://drive.google.com/drive/folders/1GsR1unDSehj1oCgHXOGYAJKhy120SwkV?usp=sharing  2.  data  sert...

UPDATE