Jumat, 27 Februari 2015

PERANGKAT KERAS


PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
1.  Perangkat Masukan (Output Device)
Perangkat Masukan berfungsi memasukkan data untuk diproses menjadi informasi atau output. Berikut contoh perangkat masukkan:
a)   Mouse
Mouse merupakan bagian penting dari operasi yang menggunakan tampilan grafis. Penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah pointer(petunjuk) yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse dilayar monitor. Mouse terdiri dari beberapa jenis yaitu Dual button. Three button, Srcoll button.
Jenis-jenis mouse dan fungsinya:
Ø Mouse Serial 
Mouse mungkin ada sebagian temen-temen udah memakainya atu juga belum sama sekali, ya bisa di bilang sudah jarang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum.Biasanya mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.
           
Ø Mouse PS/2
Mouse yang digunakan pada computer Pentium 3 dan Pentium 4mungkin temen-temen udah sering memakainya atau sudah tidak asing lagi.
         

Ø Mouse USB 
Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas.Digunakan pada computer Pentium 3 dan 4.
Ø Mouse Wirelless
Mouse terbaru tanpa kabel.Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat.

Ø Mouse Optic
Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni. 
Ø Mouse macro X7
 Mouse X7 memiliki beberapa tipe yang bisa anda pilih dan anda jadikan sebagai partner anda dalam bermain game.  Yang umum beredar sekarang di pasaran adalah tipe V-track Laser gaming mouse ( F3 , F4, F7 dan F6 ) dan Anti Vibrate ( XL 747 H ).
a)   Keyboard
Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer.
Jenis-jenis keyboard dan fungsinya:
Ø Keyboard QWERTY



Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.

Ø Keyboard DVORAK
Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan
Ø  Keyboard KLOCKENBERG
 Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang
Ø  Chord Keyboard  

Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
Ø    Keyboard  Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
Ø    Keyboard  Proyeksi


Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
a)   CPU(Central Processing Unit)
CPU komputer merupakan inti dari ssebuah komputer dan bisa juga disebut sebagai otak komputer. Ini merupakan bagian utama dari sebuah komputer yang melakukan proses perhitungan matematika dari berbagai perintah yang dilakukan pengguna. Tanpa CPU, komputer tidak akan mampu berfungsi.
Sejarah CPU Komputer
CPU pertama yang dikembangkan disebut dengan ENIAC. Pengembangan dilakukan pada tahun 1940 an dan selesai pada 14 Februari 1946. Perkenalan CPU di depan masyarakat umum dilakukan secara terbuka di Universitas Pensylvania. ENIAC pada saat itu digunakan pada ahmpir lebih 9 tahun dan ini adalah sebuah CPU yang paling awal diproduksi. Setelah 9 tahun berjalan, komputer berikutnya yang mulai dikembangkan adalah EDVAC merupakan sebuah CPU yang kinerjanya melampaui ENIAC begitu jauh. Dengan komputer terbaru ini, pengguna mampu melakukan penyimapanan memori dan memiliki program tetap yang membantu banyak pekerjaan. Tentu saja CPU saat ini telah jauh berbeda, karena begitu kecil, dan jauh lebih pintar.
1.  Perangkat Keluaran (Output Device)
Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.
a.  Monitor
Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.
Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang. Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.
Monitor Plasma gas
Plasma gas merupakan teknologi monitor dengan display datar. Dengan teknologi plasma gas, ketipisan layar dapat dibuat sebanding dengan LCD, namun memiliki karakteristik citra yang lebih baik dan ukuran layar yang lebih besar. Plasma gas menggunakan fosfor untuk menghasilkan cahaya seperti halnya CRT. Perbedaannya adalah bagaimana energi diberikan kepada fosfor agar fosfor berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya sehingga tertangkap oleh mata kita. Hal ini membuat layar plasma gas berpendar tanpa perlu adanya bantuan cahaya dari belakang layar. Kontras pada plasma gas akan lebih baik dibandingkan LCD. Tampilan pada monitor plasma gas dapat dibuat lebih besar dibandingkan LCD. Ukuran terbesar yang sedang dikembangkan pada plasma gas sudah mencapai 40 inci, sementara LCD baru mencapai 20 inci. Selain itu, sudut pandang pada plasma gas dapat selebar CRT. Kalau Anda suka menonton pertandingan olah raga atau musik, layar monitor raksasa yang dipasang di sudut-sudut arena tertentu menggunakan teknologi ini.                       
Monitor OLED (Organic Light Emitting Diode)
Monitor jenis ini merupakan jenis monitor yang ramah lingkungan bila disbanding dengan monitor tipe LCD. Sebab, ketika layar LCD dinyalakan dengan menggunakan tabung-tabung fluorescent, terbentuklah uap merkuri (air raksa) bertekanan rendah. Nah, merkuri (Hg) ini adalah produk yang berbahaya, yang jika dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan. Berbeda dengan PrganicLight Emiting Diode (OLED), yang memanfaatkan teknologi diode sehingga bisa menggantikan neon fluorescent.
Teknologi OLED ditemukan perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang pada tahun 1979. Riset di Indonesia mengenai teknologi ini dimulai pada tahun 2005. OLED diciptakan sebagai teknologi alternative yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya.
b.   Printer
 Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
c.    Speaker
Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
d.   Plotter
Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.
2.  Media Penyimpanan (Storage Device)
Media penyimpanan berfungsi menyimpan data atau informasi yang ada dalam computer. Media penyimpanan data terdiri dari beberapa jenis antara lain:
1. Memory ( Memories )
    adalah tempat penyimpanan data.
   
  JENIS - JENIS MEMORY.
     a. ROM ( Read Only Memory )
           adalah memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus atau di ubah oleh pengguna karena program tersebut di isikan oleh pabrik nya. ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Outpu Setting ), yang terdapat pada motherboard yang berfungsi untuk menseting periferal.

     b. RAM ( Random Acess Memory )
            data dan program yang masuk melalui alat input akan di simpan sementara di RAM.
   Struktur dari pada RAM :
1. Input storage, di gunakan untuk menampung input yang di masukan melalui alat input.
     ex:
          - Track Ball
          - Scanner ( memindai gambar/teks )
          - Keyboard
          - Mouse
          - Digitzer

 2. Program storage, di gunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan di akses.
 3. Working storage, di gunakan untuk menyimpan data yang akan di olah dan hasil pengolahan.
 4. Output storage, di gunakan untuk menampung hasil akhir pengolahan data yang akan di tampilkan ke alat output. 



   * ada temporary ( RAM / Random Acces Memory )
   * ada juga yang permanen ( ROM / Read Only Memory )
      Perbedaan nya, RAM dapat di  ubah / di sesuaikan oleh pengguna ( user ). Sedangkan ROM tidak dapat di ubah karena settingan dari pabrik.
Memory pada prinsipnya di bagi menjadi 3 bagian :
     a. L1 ( First Level ) cache
         Memory ini terletak pada posisi yang paling dekat dengan processor. Penempatan cache di processor di kembangkan sejak  pci 486. Memory pada level ini mempunyai ukuran kapasitas yang sangat kecil ( 16 kb ), tetapi  mempunyai kecepatan akses paling tinggi mencapai hitungan sepermilyard detik. Processor dengan L1 cache terbesar adalah AMD athlon 128 kb.           
     b. L2 ( Second Level ) cache
          Memory ini terletak di motherboard, pada awal perkembangan nya. Memory ini bisa di lepas tetapi sekarang langsung di integrasikan pada motherboard ( on board ) agar lebih simpel. Ukuran nya 128 kb - 2 MB dan memiliki kecepatan yang lebih rendah dari L1 cache.
     c. Memory Module
          adalah memory tambahan pada komputer yang dipasangkan pada satu  atau lebih slot memory yang ada pada motherboard. Biasa nya berbentuk kepingan papan dengan tambahan beberapa chip / ic memory. Kapasitas memory module berkisar 4 MB, 8 MB, 16 MB sampai 4 GB setiap keping nya. Memory module mempunyai kecepatan akses yang beragam dari 80 ms, 60 ms, 66 MHz ( 15 ms ), 100 MHz ( 10 ms ), 133 MHz ( 7,5 ms ) sampai sekarang lebih dari 1 GHz.
      Jenis - jenis memory module :
   a. SIMM ( Single InLine Memory Module )

30- (top) and 72-pin (bottom) SIMMs. Early 30-pin modules commonly had either 256 KB or 1 MB of memory.
b. DIMM ( Double InLine Memory Module )
    

Two types of DIMMs: a 168-pin SDRAM module (top) and a 184-pinDDR SDRAM module (bottom). Note that the SDRAM module has two notches on the bottom edge, while the DDR1 SDRAM module has only one. Also note that both modules have 8 RAM chips, but the lower one has an unoccupied space for a 9th.
Perbedaan SIMM dan DIMM terletak pada conector nya, kalau SIMM conector nya hanya 1 dan apabila 2 pasti nomor conector nya sama. Sedangkan kalau DIMM conector nya 2 atau sepasang dan nomornya ( conector ) selalu bertambah ( 1,2,3,4,5,... ).
Dalam perkembangannya DIMM menggunakan sistem "dynamic RAM ( DRAM )".
Perkembangan DIMM ( DRAM ) :
a. SDRAM ( Synchronius Dynamic Random Acces Memory )
b. RDRAM ( Rambus Dynamic Random Acces Memory )
c. SLDRAM ( Synchronius Link Dynamic Random Acces Memory )

d. DDR ( Double Data Rate RAM )

e. DDR II dan DDR III ( Generasi kedua dan ketiga dari DDR )
Semua perbedaan dari perkembangan DIMM ( DRAM ) adalah pada "notch"
* SODIMM ( Small Out Line Double InLine Memory Module )
adalah Memory module yang di gunakan pada "notebook atau laptop".
2. Harddisk

    adalah alat elektronika yang di gunakan untuk menyimpan data.
    MACAM - MACAM HARDDISK DAN KELEBIHAN NYA


 Untuk komputer ada 2 Harddisk yaitu ATA dan SATA. Perbedaan ATA dan SATA ( Harddisk ) terletak pada :
- kabel
- port / colokan
- kecepatan proses SATA 3,5 x lebih cepat dari ATA
- harga SATA lebih murah
  Harddisk merupakan media penyimpanan data yang utama di komputer. Oleh karna itu kita harus pandai – pandai dalam memilih harddisk . Dengan banyaknya harddisk yang beredar di pasaran dan bahkan banyak juga yang harganya jauh di bawah standard membuat banyak pembeli yang salah memilih harddisk .
3.Flashdisk

   
Kalo ini pasti ampir pada tau lah, komponen utamanya,seperti ini:
1.Sambungan USB
2.Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.Titik-titik percobaan
4.Chipflash memory
5.Oscillaator crystal
6.LED
7.Write-protect switch
8.Ruang kosong untuk chip flash memory kedua

Pengertiannya FlashDisk sendiri seperti ini
- USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

- USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
4. Disket
            Disket atau floppy disk adalah lembaran plastik tipis dan datar yang terbungkus dalam penutup plastik 3,5 inci. Data dan program disimpan di disket dalam bentuk titik-titik magnetik, sesuai pola on/off standar dan representatif data (misalnya ASCII). Pembungkus plastik tersebut melindungi disket dari sentuhan tangan manusia. Dahulu disket berukuran lebih besar dan terbungkus kertas sehingga tampak rapuh. Saat ini, disket terbungkus oleh plastik kaku sehingga cukup fleksibel. Disket mampu menyimpan data sebesar 1,44 megabyte atau setara dengan tulisan sebanyak 400 halaman. SuperDisk dapat menyimpan 120 megabyte. Saat ini, disket terbaru telah berlabel “2HD” (2 untuk “double sided” dan HD untuk “high density“) karena disket jenis ini mampu menyimpan data pada kedua sisi, sehingga kapasitasnya bisa lebih besar dibandingkan standar sebelumnya (DD atau “double density“).
6. DVD-ROM
   
Kemampuan yang dimiliki oleh DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. sepertiCD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Hanya dalam jarak selama kurang dari 8 tahun (sejak diperkenalkan kemasayarakat luas tahun 1997) kehadiran DVD sudah berkem
bang dengan sangat pesat. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia.
Pengertian DVD ROM DRIVE ( Defenisi DVD )
Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer. 
PERANGKAT LUNAK
(SOFTWARE)
1)    Software Sistem
Software computer adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 :
1.      Sistem Operasi ( operating system )
2.      Program aplikasi ( application program )
3.      Bahasa pemrograman
Sistem Operasi
Bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna) .
Jenis – jenis Sistem Operasi
1. Micorsoft Windows
·         Windows Desktop Environment (versi 1.x s.d versi 3.x)
·         Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME)
·         Windows NT (Windows NT3.x,Windows NT4.0)
·         Windows 2000
·         Windows XP
·         Windows Server 2003
·         Windows Vista,
·         Windows 7 (Seven)
·         Windows Orient yang akan dirilis tahun 2014
2. UNIX
Menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti :
·         SCO UNIX, keluarga BSD ( Berkeley Software Distribution ),
·         GNU/Linux,
·         MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin)
·         NU/Hurd.
3. Mac OS
Sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh . Sistem operasi yang terbaru adalah
·         Mac OS X versi 10.4 (Tiger)
·         Mac OS X versi 10.5 ( Leopard ) yang diluncurkan pada tahun 2007
Software Aplikasi atau Program Aplikasi (Software Application)
Program Aplikasi (Software Application) adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Jenis – jenis Aplikasi Komputer
Aplikasi Perkantoran
·         Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice
·         Pengolah angka – Microsoft Excel
·         Presentasi – Microsoft PowerPoint
·         Penjadwalan Proyek – Microsoft Project
·         Layout buku/majalah – Macromedia Authorware, dll.
Aplikasi Grafis
·         Media Viewer seperti Paint, ACDSee, Windows Picture and Fax Viewer, FlipViewer, dll.
·         Pengolah/Pembuatan Gambar seperti CorelDraw, dll.
·         Pengolah Foto/Editing Foto seperti Adobe Photoshop, Macromedia Firework, Adobe Image Ready, dll.
Aplikasi Multimedia
·         Pemutar File Audio dan Video seperti Winamp, Window Media Player, DivX, dll.
·         Pembuatan File MP3 seperti MusicMatch, AudioCatalyst, RealJukebox, dll.
·         Pengolah File Video/Editing Video seperti Adobe Premiere, dll.
·         Pembuatan Animasi seperti Macromedia Flash, Macromedia Director, Swish, dll.
Aplikasi Internet
·         Email seperti Microsoft Outlook, dll.
·         Chatting seperti Yahoo Messenger, MIRC, Meebo, dll.
·         Browser seperti Windows Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Nestcape Navigator, dll.
·         Upload and Download File seperti CuteFTP, SecureFX, FileZilla, Download Express, dll.
·         File Sharing seperti FTP Server, dll.
Aplikasi Keamanan PC
·         Anti Virus seperti Smadav, AVG, PC Media Anti Virus, McAfee, Avast, AntiVir, Norman Virus Control, dll.
·         Anti Spam seperti Firewall, Dll. dan
Sistem Informasi Berbasis web/Desktop yang dibuat sesuai kebutuhan suatu lembaga tertentu seperti program khusus di sebuah Bank, sekolah,perusahaan, dll.
Software Bahasa Pemrograman
Software bahasa pemrograman adalah sebuah program untuk pengembangan system seperti bahasa pemrograman turbo pasMKLAH cal, Delphi, pemrograman editor dan tools dan juga sebuah paket CASE (Computer Aided Software Engineering)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE