RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : SMK-PATI UNUS KARANGAWEN
Bid. Keahlian. :
1.BISNIS DAN MANAJEMEN
2.TEKNOLOGI TERAPAN
Mata Pelajaran
: Prakarya dan
Kewirausahaan
Tema / Sub materi :Kerajianan dan Rekayasa
Kelas/Semester :
X/ 1
PertemuanKe-
: 1-3
AlokasiWaktu
: 2 Jp @ 45 menit (dari 4 jp)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung- Jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar :
1. Menghayati bahwa manusia adalah
makhluk Tuhan yang paling sem-purna, sehingga manusia dituntut untuk dapat memaksimalkan potensi yang
diberikan Tuhan untuk memberikan hasil yang maksimal.
- Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam memaksimalkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif.
- Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami sikap dan perilaku kerja prestatif bagi wirausaha.
- Mendeskripsikan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
- Mendeskripsikan cirri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
- Mendeskripsikan prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
- Mengidentifikasi penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Dapat terlibat
aktif dalam proses pembelajaran sikap dan perilaku kerja prestatif.
2. Bekerjasama secara
aktif dalam berdiskusi membahas materi yang diberikan guru, dan toleran dalam
pemecahan masalah dan perbedaan pendapat.
3. Dapat
mengidentifikasi pengertian dari sikap dan perilaku kerja prestatif.
4. Dapat
mengidentifikasi cirri-ciri karakteristik wirausaha yang me-miliki sikap dan
perilaku kerja prestatif.
5. Dapat
mengidentifikasi prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
6. Dapat menjelaskan
pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
7. Dapat menerapkan
sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehi-dupan sehari-hari.
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran
siswa dapat :
1.
Menguraikan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
2.
Menjelaskan cirri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
3.
Menjelaskan prinsip sikap dan
perilaku kerja prestatif.
4. Menerapkan
sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
II.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian sikap dan perilaku kerja
prestatif.
2. Ciri-ciri karakteristik sikap dan
perilaku kerja prestatif.
3. Pripsip sikap dan perilaku kerja
prestatif.
4. Penerapan sikap dan perilaku kerja
prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
III. Metode
Pembelajaran
1. Penugasan
2. Diskusi
3. Latihan
4. Presentasi
IV. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Peserta didik menyimak topic & uraian materi yang akan dipelajari
tentang sikap dan perilaku wirausaha.
b. Peserta didik menyimak tentang
strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
c.Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang dasar-dasar kewirausahaan.
2. Kegiatan Inti
Mengamati
a.
Peserta didik menyimak video tentang kisah sukses bisnis pengusaha
sukses.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian sikap dan
perilaku kerja prestatif.
c.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cirri-ciri sikap dan
perilaku kerja prestatif.
d. Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang prinsip sikap dan perilaku kerja
prestatif.
Mengumpulkan Data
a. Peserta didik membagi diri menjadi 5 kelompok dan duduk
sesuai dengan kelompoknya.
b. Masing-masing kelompok menentukan ketua kelompok, yang bertugas untuk
mengatur jalannya diskusi kelompok (terkait pengembangan sikap kepemimpinan,
toleransi, kerjasama saat diskusi berlangsung).
c. Peserta didik mendiskusikan tentang penerapan sikap dan perilaku
kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari baik di kelas/sekolah, di rumah, di
asrama, maupun di lingkungan masyarakat. Hasil diskusi dituliskan pada lembar
kerja siswa.
d. Selama kegiatan
diskusi berlangsung guru melakukan pengamatan sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai, response dan kreatifitas, serta mencatat semua hal yang
terjadi di kelas); mencatat tingkat pengetahuan dan keterampilan masing-masing
kelompok terkait dengan materi yang dipelajari.
Menanya
a. Peserta didik menanyakan penjelasan guru yang
dirasa kurang dapa Tdipahami.
b.Peserta didik menanyakan
ataupun membahas penjelasan dari kelompok diskusi lain yang dipadang perlu
untuk dibahas.
Mengasosiasi
a. Peserta
didik mengolah data yang terkumpul dari berbagai sumber dan dilakukan diskusi
di kelompoknya.
b. Peserta didik dalam kelompok menyimpulkan hasil diskusi
untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengkomunikasikan
a. Guru menjelaskan aturan yang
digunakan saat presentasi dilakukan, dan mengingatkan pentingnya toleransi,
peduli, dan santun saat menjawab atau
mengajukan pertanyaan.
b. Setiap kelompok selanjutnya
mempresentasikan hasil kerja kelompok, kelompok lain bertanya/menyanggah dengan
menggunakan kata-kata santun. Saat presentasi
guru mengamati dan mencatat hal-hal terkait dengan sikap, pengetahuan
dan keterampilan peserta didik.
c.
Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir diskusi, dan memberi
kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
d.
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
3. Kegiatan
Penutup
a. Peserta didik mengerjakan
latihan tes pilihan ganda terkait dengan materi sikap dan perilaku wirausaha.
b. Guru
menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan
(merefleksi kegiatan), apakah ada masukan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
c. Peserta didik menyimak penjelasan tentang topic materi pada pembelajaran
selanjutnya yaitu prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
d. Peserta
didik menyimak tugas untuk mencari informasi tentang topic yang dipelajari pada
pembelajaran berikutnya.
Pertemuan 2 :
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Peserta didik menyimak topic & uraian materi yang
diajarkan guru pada minggu sebelumnya dan disampaikan ulang pada hari ini.
b. Peserta didik menyimak tentang strategi pembelajaran yang
akan dilakukan.
c. Peserta didik menjawab
pertanyaan guru tentang sikap dan perilaku kerja prestatif.
2. Kegiatan
Inti
Mengamati
a.
Peserta didik menyimak video terkait dengan sikap dan perilaku kerja
prestatif.
b.
Peserta didik menyimak materi penerapan sikap dan perilaku kerja
prestatif bagi wirausaha maupun siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan Data
a. Peserta didik menjawab latihan soal yang diberikan oleh guru, dan langsung
dibahas di kelas satu per satu soal.
b. Peserta didik
mengerjakan soal test pilihan ganda secara perorangan.
Menanya
a. Peserta
didik menanyakan hal-hal yang dirasa kurang jelas dari penjelasan guru.
b. Pertanyaan yang tidak sempat dijawab oleh guru,
ditulis untuk dibahas di lain kesempatan.
Mengasosiasi
a. Peserta didik mengolah data yang
terkumpul dari berbagai sumber.
b. Peserta didik secara bersama
menyimpulkan hasil pembahasan dengan dibimbing oleh guru.
Mengkomunikasikan
a. Guru menjelaskan aturan yang digunakan saat pembahasan
latihan soal, dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli, dan santun saat menjawab.
b. Setiap siswa berhak menjawab pertanyaan yang diberikan
dan menjelaskan alasan memilih jawaban tersebut. Saat peserta didik
menjawab soal, guru mengamati dan
mencatat hal-hal terkait dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta
didik.
c. Guru
memberi umpan balik dan penguatan pada soal latihan yang ada, dan memberi
kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
3. Kegiatan
Penutup
a. Peserta didik
mengerjakan tes pilihan ganda terkait materi sikap dan perilaku kerja
prestatif.
b. Guru
menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi
kegiatan), apakah ada masukan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
c. Peserta didik menyimak penjelasan tentang topic materi pada pembelajaran
selanjutnya.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1.
Purwo Sutanto dkk, 2009. Sikap dan Perilaku Wirausaha Kelas X. Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang.
2.
Hendro, 2010. Kewirausahaan untuk SMK dan MAK Kelas X.
Jakarta : Penerbit Erlangga.
3. Ria Fatimah, 2010. Modul Kewirausahaan untuk SMK/MAK Kelas X semester 1.
Jakarta : Pratama Pustaka.
VI.
Penilaian Hasil Belajar
1. Observasi sikap
menggunakan lembar observasi. non tes untuk KD 1 dan KD 2
2. Tes tulis atau tes
lisan untuk KD 3
3. Laporan hasil
diskusi, berupa portofolio untuk KD 4.
4. Jurnal: berisi catatan guru selama proses berlangsung
untuk KD 1, 2,3 dan 4.
(naskah soal &
kunci jawaban terlampir)
Mengetahui, ........................................20.....
Kepala
Sekolah, Guru
Prakarya & Kewirausahaan
ZAMRONI,SPd SUGIYONO,S.Kom
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran sikap
dan perilaku kerja prestatif.
b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
(terlampir)
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Pengertian sikap
dan perilaku kerja prestatif.
Ciri-ciri
karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
Prinsip sikap dan
perilaku kerja prestatif.
|
Pengamatan dan tes
(terlampir)
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan sikap dan perilaku kerja prestatif.
|
Pengamatan
(terlampir)
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
PENILAIAN
SIKAP
1. Nama Siswa :
2. Kelas/Semester :
X/1
3. Mata Pelajaran :
Prakarya dan Kewirausahaan.
4. Topik : Sikap dan Perilaku Kerja
Prestatif
Sikap yang dinilai
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Aktif
|
|
|
|
|
|
Bekerjasama
|
|
|
|
|
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
Toleransi
|
|
|
|
|
|
Displin
|
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
PENILAIAN KOGNITIF
Tes tertulis
DAFTAR SOAL TEST PILIHAN GANDA
1.
|
Seorang wirausaha harus berbuat dan bekerja prestatif.
Maksud pernyataan tersebut adalah wirausaha …….
|
|||
a.
|
Memiliki komitmen yang rendah
|
d.
|
Pantang berambisi ingin maju
|
|
b.
|
Harus berorientasi pada hasil terbaik
|
e.
|
Boleh tidak membuahkan hasil
|
|
c.
|
Boleh bekerja semaunya sendiri
|
|
|
|
2.
|
Perhatikan
kalimat berikut !
1). Perilaku
kerja prestatif dapat dibentuk melalui latihan.
2). Perilaku
kerja prestatif tidak akan berjalan bila ada respon yang benar.
3). Pemberian
hadiah dapat meningkatkan peran setiap pihak.
4). Penerapan
kerja prestatif dapat digeneralisasi kepada semua orang.
5). Perilaku
kerja prestatif tidak akan membawa hasil jika hanya dihafalkan.
Prinsip cara kerja prestatif ditunjukkan oleh kalimat
nomor ……..
|
|||
a.
|
1), 2) dan 3)
|
d.
|
2), 4) dan 5)
|
|
b.
|
1), 3) dan 5)
|
e.
|
3), 4) dan 5)
|
|
c.
|
2), 3) dan 4)
|
|
|
|
3.
|
Ciri khusus perilaku kerja prestatif yang harus dimiliki
seorang wirausaha adalah ……….
|
|||
a.
|
Selalu ingin maju
|
d.
|
Berdaya juang yang pantas
|
|
b.
|
Berotak cerdas
|
e.
|
Berpendidikan
tinggi
|
|
c.
|
Bermental lugas
|
|
|
|
4.
|
Orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan dilandasi
hati yang tulus disebut .........
|
|||
a.
|
Kerja keras
|
d.
|
Kerja cerdas
|
|
b.
|
Kerja tuntas
|
e.
|
Kerja mawas
|
|
c.
|
Kerja ikhlas
|
|
|
|
5.
|
Di dalam bekerja mampu mengorganisasikan bagian usahanya
secara terpadu dari awal sampai akhir untuk dapat menghasilkan usahanya
secara maksimal. Hal ini disebut …….
|
|||
a.
|
Kerja keras
|
d.
|
Kerja cerdas
|
|
b.
|
Kerja tuntas
|
e.
|
Kerja mawas
terhadap emocional
|
|
c.
|
Kerja ikhlas
|
|
|
|
6.
|
Wirausaha yang ingin sukses juga harus mawas diri dalam arti ……..
|
|||
a.
|
Lebih mengenal
kepribadiannya sendiri
|
d.
|
Pendidikannya harus relevan
|
|
b.
|
Lebih mengenal orang lain
|
e.
|
Bertanggungjawab
pada pekerjaannya.
|
|
c.
|
Percaya diri yang tinggi
|
|
|
|
7.
|
Bekerja pandai memperhitungkan resiko, mampu melihat
peluang, dan dapat mencari solusi sehingga dapat mencapai keuntungan adalah
pengertian dari ..........
|
|||
a.
|
Kerja keras
|
d.
|
Kerja cerdas
|
|
b.
|
Kerja ikhlas
|
e.
|
Kerja tuntas
|
|
c.
|
Kerja mawas
|
|
|
8.
|
|
Pendidikan yang
cukup akan banyak menolong orang untuk berpikir secara ...........
|
|
a.
|
Ilmiah, logis,
dan analitis
|
||
b.
|
Sekehendak hati
|
||
c.
|
Percaya diri
yang berlebihan
|
||
|
d.
|
Serabutan
|
|
e.
|
Seenaknya
|
9.
|
Berikut ini yang termasuk dalam kerja tuntas adalah ………..
|
|||
a.
|
Masih menyisakan
masalah
|
d.
|
Kurang sempurna
|
|
b.
|
Selesai
setengah-setengah
|
e.
|
Ada
keluhan-keluhan dari konsumen
|
|
c.
|
Tidak ada
pekerjaan yang tertunda
|
|
|
|
10.
|
Manfaat
perilaku kerja prestatif bagi wirausaha adalah …….
|
|
a.
|
Menurunkan etos kerja wirausaha.
|
|
b.
|
Menghentikan
proses kreatif dalam produksi.
|
|
c.
|
Melenakan
semangat wirausaha.
|
|
d.
|
Meningkatkan
kelancaran proses produksi.
|
|
e.
|
Mempersulit
wirausaha dalam menemukan solusi masalah.
|
|
PENILAIAN KETERAMPILAN
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan
|
Keterampilan
|
Keterampilan
|
Keterampilan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah soal no 1
|
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah soal no 2
|
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah soal no 3
|
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah soal no 4
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TT
|
KT
|
T
|
ST
|
TT
|
KT
|
T
|
ST
|
TT
|
KT
|
T
|
ST
|
TT
|
KT
|
T
|
ST
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
Keterangan:
TT : Tidak terampil
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar