Sabtu, 01 November 2014

RPP KERAJINAN DAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah               : SMK-PATI UNUS KARANGAWEN
Bid. Keahlian.               : 1.BISNIS DAN MANAJEMEN
                                        2.TEKNOLOGI TERAPAN
Mata Pelajaran           : Prakarya dan Kewirausahaan
Tema  / Sub materi  :Kerajianan dan  Rekayasa
Kelas/Semester         : X/ 1
PertemuanKe-           :  1-3
AlokasiWaktu            : 2 Jp @ 45 menit (dari 4 jp)
Kompetensi Inti  :
   KI 1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-     Jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai  cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
 
Kompetensi Dasar    :
1.   Menghayati bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sem-purna, sehingga manusia dituntut  untuk dapat memaksimalkan potensi yang diberikan Tuhan untuk memberikan hasil yang maksimal.
  1. Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam memaksimalkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif.
  3. Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami sikap dan perilaku kerja prestatif bagi wirausaha.
  4. Mendeskripsikan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
  5. Mendeskripsikan cirri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
  6. Mendeskripsikan prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
  7. Mengidentifikasi penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.   Dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran sikap dan perilaku kerja prestatif.
2.   Bekerjasama secara aktif dalam berdiskusi membahas materi yang diberikan guru, dan toleran dalam pemecahan masalah dan perbedaan pendapat.
3.   Dapat mengidentifikasi pengertian dari sikap dan perilaku kerja prestatif.
4.   Dapat mengidentifikasi cirri-ciri karakteristik wirausaha yang me-miliki sikap dan perilaku kerja prestatif.




5.   Dapat mengidentifikasi prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
6.   Dapat menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
7.   Dapat menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehi-dupan sehari-hari.
I.         Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran siswa dapat :
1.    Menguraikan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
2.    Menjelaskan cirri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
3.    Menjelaskan  prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
4. Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.

II.      Materi Pembelajaran
1.   Pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
2.   Ciri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
3.   Pripsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
4.   Penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari.

III.   Metode Pembelajaran
1.  Penugasan
2.  Diskusi
3.  Latihan
4.  Presentasi
IV.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Peserta didik menyimak topic & uraian materi yang akan dipelajari tentang sikap dan perilaku wirausaha.
b. Peserta didik menyimak tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
c.Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang dasar-dasar kewirausahaan.
2.   Kegiatan Inti
Mengamati
a.     Peserta didik menyimak video tentang kisah sukses bisnis pengusaha sukses.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
c.   Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cirri-ciri sikap dan perilaku kerja prestatif.
d.  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
Mengumpulkan Data
a.    Peserta didik membagi diri menjadi 5 kelompok dan duduk sesuai dengan kelompoknya.
b.   Masing-masing kelompok menentukan ketua kelompok, yang bertugas untuk mengatur jalannya diskusi kelompok (terkait pengembangan sikap kepemimpinan, toleransi, kerjasama saat diskusi berlangsung).
c.    Peserta didik mendiskusikan tentang penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari-hari baik di kelas/sekolah, di rumah, di asrama, maupun di lingkungan masyarakat. Hasil diskusi dituliskan pada lembar kerja siswa.
d.   Selama kegiatan diskusi berlangsung guru melakukan pengamatan sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai, response dan kreatifitas, serta mencatat semua hal yang terjadi di kelas); mencatat tingkat pengetahuan dan keterampilan masing-masing kelompok terkait dengan materi yang dipelajari.

Menanya
a.  Peserta didik menanyakan penjelasan guru yang dirasa kurang dapa Tdipahami.
b.Peserta didik menanyakan ataupun membahas penjelasan dari kelompok diskusi lain yang dipadang perlu untuk dibahas.





Mengasosiasi
a.    Peserta didik mengolah data yang terkumpul dari berbagai sumber dan dilakukan diskusi di kelompoknya.
b. Peserta didik dalam kelompok menyimpulkan hasil diskusi untuk dipresentasikan di depan kelas.
Mengkomunikasikan
a.    Guru menjelaskan aturan yang digunakan saat presentasi dilakukan, dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli,  dan santun saat menjawab atau mengajukan pertanyaan.
b.   Setiap kelompok selanjutnya mempresentasikan hasil kerja kelompok, kelompok lain bertanya/menyanggah dengan menggunakan kata-kata santun. Saat presentasi  guru mengamati dan mencatat hal-hal terkait dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
c.    Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir diskusi, dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
d.   Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
 
3.   Kegiatan Penutup
a.    Peserta didik mengerjakan latihan tes pilihan ganda terkait dengan materi sikap dan perilaku wirausaha.
b.   Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
c.    Peserta didik menyimak penjelasan tentang topic materi pada pembelajaran selanjutnya yaitu prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
d.   Peserta didik menyimak tugas untuk mencari informasi tentang topic yang dipelajari pada pembelajaran berikutnya.


Pertemuan 2 :
1. Kegiatan Pendahuluan
a.    Peserta didik menyimak topic & uraian materi yang diajarkan guru pada minggu sebelumnya dan disampaikan ulang pada hari ini.
b.    Peserta didik menyimak tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
c.     Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang sikap dan perilaku kerja prestatif.


2.   Kegiatan Inti
Mengamati
a.    Peserta didik menyimak video terkait dengan sikap dan perilaku kerja prestatif.
b.   Peserta didik menyimak materi penerapan sikap dan perilaku kerja prestatif bagi wirausaha maupun siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan Data
a.    Peserta didik menjawab latihan soal yang diberikan oleh guru, dan langsung dibahas di kelas satu per satu soal.
b.   Peserta didik mengerjakan soal test pilihan ganda secara perorangan.
Menanya
a.     Peserta didik menanyakan hal-hal yang dirasa kurang jelas dari penjelasan guru.
b.     Pertanyaan yang tidak sempat dijawab oleh guru, ditulis untuk dibahas di lain kesempatan.
 Mengasosiasi
a.    Peserta didik mengolah data yang terkumpul dari berbagai sumber.
b.   Peserta didik secara bersama menyimpulkan hasil pembahasan dengan dibimbing oleh guru.
Mengkomunikasikan
a.  Guru menjelaskan aturan yang digunakan saat pembahasan latihan soal, dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli,  dan santun saat menjawab.




b.  Setiap siswa berhak menjawab pertanyaan yang diberikan dan menjelaskan alasan memilih jawaban tersebut. Saat peserta didik menjawab  soal, guru mengamati dan mencatat hal-hal terkait dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
c.  Guru memberi umpan balik dan penguatan pada soal latihan yang ada, dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk bertanya.
3.   Kegiatan Penutup
a.    Peserta didik mengerjakan tes pilihan ganda terkait materi sikap dan perilaku kerja prestatif.
b.   Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.
c.    Peserta didik menyimak penjelasan tentang topic materi pada pembelajaran selanjutnya.

V.                Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
                   1.        Purwo Sutanto dkk, 2009. Sikap dan Perilaku Wirausaha  Kelas X. Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang.
                   2.        Hendro, 2010. Kewirausahaan untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta : Penerbit Erlangga.
                   3.        Ria Fatimah, 2010. Modul Kewirausahaan untuk SMK/MAK Kelas X semester 1. Jakarta : Pratama Pustaka.
 VI.             Penilaian Hasil Belajar
1.     Observasi sikap menggunakan lembar observasi. non tes untuk KD 1 dan KD 2
2.     Tes tulis atau tes lisan untuk KD 3
3.     Laporan hasil diskusi, berupa portofolio untuk KD 4.
4.     Jurnal:  berisi catatan guru selama proses berlangsung untuk KD 1, 2,3 dan 4.



(naskah soal & kunci jawaban terlampir)
Mengetahui,                                                      ........................................20..... 
Kepala Sekolah,                                                 Guru Prakarya & Kewirausahaan






ZAMRONI,SPd                                                               SUGIYONO,S.Kom     





















               
                                                                         
 
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran sikap dan perilaku kerja prestatif.
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
(terlampir)
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif.
Ciri-ciri karakteristik sikap dan perilaku kerja prestatif.
Prinsip sikap dan perilaku kerja prestatif.
Pengamatan dan tes
(terlampir)
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sikap dan perilaku kerja prestatif.
Pengamatan
(terlampir)
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
PENILAIAN SIKAP
1.    Nama Siswa    :
2.    Kelas/Semester           : X/1
3.    Mata Pelajaran           : Prakarya dan Kewirausahaan.
4.    Topik               : Sikap dan Perilaku Kerja Prestatif
Sikap yang dinilai
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Jarang
Tidak Pernah
Aktif





Bekerjasama





Percaya Diri





Toleransi





Displin





Jujur





PENILAIAN KOGNITIF
Tes tertulis


























DAFTAR SOAL TEST PILIHAN GANDA
1.
Seorang wirausaha harus berbuat dan bekerja prestatif. Maksud pernyataan tersebut adalah wirausaha …….
a.
Memiliki komitmen yang rendah
d.
Pantang berambisi ingin maju

b.
Harus berorientasi pada hasil terbaik
e.
Boleh tidak membuahkan hasil

c.
Boleh bekerja semaunya sendiri




2.
Perhatikan kalimat berikut !
1). Perilaku kerja prestatif dapat dibentuk melalui latihan.
2). Perilaku kerja prestatif tidak akan berjalan bila ada respon yang benar.
3). Pemberian hadiah dapat meningkatkan peran setiap pihak.
4). Penerapan kerja prestatif dapat digeneralisasi kepada semua orang.
5). Perilaku kerja prestatif tidak akan membawa hasil jika hanya dihafalkan.
Prinsip cara kerja prestatif ditunjukkan oleh kalimat nomor ……..
a.
1), 2) dan 3)
d.
2), 4) dan 5)

b.
1), 3) dan 5)
e.
3), 4) dan 5)

c.
2), 3) dan 4)




3.
Ciri khusus perilaku kerja prestatif yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah ……….
a.
Selalu ingin maju
d.
Berdaya juang yang pantas

b.
Berotak cerdas
e.
Berpendidikan tinggi

c.
Bermental lugas




4.
Orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan dilandasi hati yang tulus disebut .........
a.
Kerja keras
d.
Kerja cerdas

b.
Kerja tuntas
e.
Kerja mawas

c.
Kerja ikhlas




5.
Di dalam bekerja mampu mengorganisasikan bagian usahanya secara terpadu dari awal sampai akhir untuk dapat menghasilkan usahanya secara maksimal. Hal ini disebut …….
a.
Kerja keras
d.
Kerja cerdas

b.
Kerja tuntas
e.
Kerja mawas terhadap emocional

c.
Kerja ikhlas




6.
Wirausaha yang ingin sukses juga harus mawas diri dalam arti ……..
a.
Lebih mengenal kepribadiannya sendiri
d.
Pendidikannya harus relevan

b.
Lebih mengenal orang lain
e.
Bertanggungjawab pada pekerjaannya.

c.
Percaya diri yang tinggi




7.
Bekerja pandai memperhitungkan resiko, mampu melihat peluang, dan dapat mencari solusi sehingga dapat mencapai keuntungan adalah pengertian dari ..........

a.
Kerja keras
d.
Kerja cerdas

b.
Kerja ikhlas
e.
Kerja tuntas

c.
Kerja mawas



8.
images16.jpeg
Pendidikan yang cukup akan banyak menolong orang untuk berpikir secara ...........
a.
Ilmiah, logis, dan analitis
b.
Sekehendak hati
c.
Percaya diri yang berlebihan

d.
Serabutan
e.
Seenaknya

9.
Berikut ini yang termasuk dalam kerja tuntas adalah ………..
a.
Masih menyisakan masalah
d.
Kurang sempurna

b.
Selesai setengah-setengah
e.
Ada keluhan-keluhan dari konsumen

c.
Tidak ada pekerjaan yang tertunda




10.
Manfaat perilaku kerja prestatif bagi wirausaha adalah …….
a.
Menurunkan etos kerja wirausaha.

b.
Menghentikan proses kreatif dalam produksi.

c.
Melenakan semangat wirausaha.

d.
Meningkatkan kelancaran proses produksi.

e.
Mempersulit wirausaha dalam menemukan solusi masalah.

                              

PENILAIAN KETERAMPILAN
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.



















NO
NAMA SISWA
Keterampilan
Keterampilan
Keterampilan
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah soal no 1
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah soal no 2
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah soal no 3
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah soal no 4
TT
KT
T
ST
TT
KT
T
ST
TT
KT
T
ST
TT
KT
T
ST
1

















2

















3

















4

















5

















6

















7

















8

















9

















10

















11







































































































Keterangan:
TT        : Tidak terampil
KT        : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

LINK SOAL SMK AL FURQON

  PILIH  MENU    DIBAWAH   LALU  COLEK   DAN  COPAS  DAN PASTE  DIBROWSER   https://docs.google.com/document/d/1rb0LF_1GaQZopEUQRm9iAWBVAO4...

UPDATE