REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Computer science
berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan
perangkat lunak ,sedangkan rekayasa perangkat lunak berhubungan dengan
masalah-masalah praktis dalam memproduksi perangkat lunak.
Rekayasa sistem atau lebih tepatnya
rekayasa berbasis komputer berhubungan dengan semua aspek pengembangan
dan evolusi sistem kompleks di mana perangkat lunak memainkan peran
utama,dengan demikian rekayasa sistem berkenaan dengan pengembangan
perangkat keras,perancangan kebijakan dan proses ,dan penyebaran sistem
sebagaimana pada rekayasa perangakat lunak.
Proses perangkat lunak adalah serangkaian kegiatan yang tujuannya pengembangan atau evolusi perangkat lunak.
Definisi perangakat lunak
merupakan program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi
antara pengguna dan perangkat keras,atau sebagai penterjemah
perintah-perintah yang di jalankan pengguna komputer untuk di teruskan
ke atau diproses oleh perangkat keras.
Perangkat lunak seharusnya memberikan pengguna kebutuhan fungsionalitas dan kerja yang dapat :
Maintainability = perangkat lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan.
Dependability = perangkat lunak harus dapat dipercaya .
Efisiensi = perangkat lunak harus efisien dalam penggunaan sumber daya.
Usebility = perangkat lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan.
Macam-macam perangkat lunak :
Perangkat lunak sistem
= merupakan software yang mengelola perangkat keras dan perangkat
lunak yang digunakan komputer. Contoh: DOS,Macintosh,windows,dll..
Perangkat lunak bahasa pemrograman
= merupakan software yang berfungsi untuk membantu melakukan pembuatan
program aplikasi komputer. contoh: visual basic,c++,delphi,dll..
Perangkat lunak aplikasi =
merupakan software yang berfungsi untuk membantu melakukan berbagai
tugas perkantoran/aktivitas sehari-hari. Contoh: pengolah kata,pengolah
gambar,lembar sebar,dll..
Model konvensional proses perangkat lunak,terdapat 4 jenis model,antara lain:
- Model
aliran kerja ( workflow ) :menujukan kegiatan pada proses bersama
dengan input,output dan ketergantungannya.merepresentasikan pekerjaan
manusia.
- Model
aliran data ( data flow ) : memepresentasikan proses sebagai suatu set
kegiatan yang melakukan transformasi data. Menujukkan bagaimana input ke
proses,misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output,misalnya
menjadi desain.
Perangat lunak adalah seluruh
perintah yang digunakan untuk memproses informasi,perangkat lunak dapat
berupa program atau prosedur.Program adalah kumpulan perintah yang di
mengerti oleh komputer,sedangkan prosedur adalah perintah yang
dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat
lunak,mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan
pengguna,desain,pengkodean,pengujian sampai memelihara system setelah
digunakan.
Tujuan rekayasa perangakat lunak yaitu:
- Memproleh biaya produksi perangakt lunak yang rendah.
- Menghasikan perangakt lunak yang kenerjanya tinggi,andal dan tepat waktu.
- Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatanya rendah.
Software requirements = berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
Software design = mencakup proses penentuan arsitektur,komponen,antarmuka dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
Software construction = berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak termasuk algoritma,pengkodean,pengujian dan pencarian kesalahan.
Software testing = meliputi pengujian padakeseluruhan perilaku perangkat lunak.
Software maintenance = mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
Software configuration management = berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
Software engineering management = berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL ,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
Software engineering tools and methods = mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode rekayasa perangkat lunak.
Software engineering process = berhubungan dengan definisi,implementasi,pengukuran,pengelolaan,perubahan,dan perbaikan proses rekayasa perangkat lunak.
Software quality = menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar