Jumat, 31 Oktober 2014

rpp kelas xi prakarya rekayasa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN            : PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (REKAYASA)
KELAS/SEMESTER             : XI/SATU
PEMINATAN                       : WAJIB  
MATERI POKOK                : PROSES PRODUKSI REKAYASA PEMBANGKIT LISTRIK
                                               SEDERHANA
ALOKASI WAKTU            : 3 X 2 JP

KOMPETENSI INTI

A. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,       prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI DASAR
B.Memahami Produk Produksi Rekayasa sebagai Pembangkit Listrik Sederhana di
    Wilayah Setempat melalui Pengamatan dari berbagai sumber

 Indikator :   Menjelaskan Pengertian Pembangkit Listrik
Menjelaskan aneka karya Pembangkit Listrik
Menjelaskan fungsi Pembangkit Listrik

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
Mencari informasi Jenis Pembangkit Listrik Sederhana
Melihat gambar beberapa desain Pembangkit Listrik Sederhana
Menyimak beberapa Contoh desain Pembangkit Listrik Sederhana

MATERI PEMBELAJARAN
  Fakta
Pembangkit Listrik Sederhana sangat di perlukan di daerah saat ini
Konsep
Memahami Desain Pembangkit Listrik Sederhana, disesuaikan dengan fasilitas yang
tersedia
Sumber : http://www.filediamant.wordpress.com
Prinsip
Menentukan Proses desain Pembangkit Listrik Sederhana, disesuaikan dengan
fasilitas yang tersedia
Prosedural
Memahami Langkah kerja Desain Pembangkit Listrik Sederhana, disesuaikan dengan
fasilitas yang tersedia



METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi dan Eksperimen
Dikusi kelompok
Presentasi
Penugasan

ALAT/MEDIA/BAHAN
Alat : Laptop, Infocus
Bahan ajar : Buku Pembangkit Listrik, (disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan)

LANGKAH KEGIATAN/SKENARIO PEMBELAJARAN
Setelah menjelaskan semua indikator dan tujuan pembelajaran dan hasil akhir dari
pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari informasi produk Pembangkit Listrik
Sederhana, melihat gambar beberapa desain Pembangkit Listrik Sederhana, menyimak
contoh beberapa desain Pembangkit Listrik Sederhanadisesuaikan dengan fasilitas yang
tersedia, berdiskusi secara kelompok cara desain Pembangkit Listrik Sederhana dengan
Peralatan Miniatur disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi kelas cara desain Pembangkit Listrik Sederhana dengan Peralatan Miniatur.
Melalui praktik siswa dapat menggunaan Peralatan Miniatur untuk desain Pembangkit
Listrik Sederhana, menyajikan produk Pembangkit Listrik Sederhana, membuat produk
Pembangkit Listrik Sederhana, membuat laporan tertulis, mempresentasikan hasil prakrik
dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab.
Selama proses pembelajaran dilakuan penilaian proses pada aktivitas di kelas dan
hasil tugas mandiri.

PERTEMUAN RINCIAN KEGIATAN WAKTU
Pendahuluan
Apersepsi (Guru bertanya “apakah siswa sudah pernah  mendengar istilah Pembangkit Listrik, apa saja yang bisa dijadikan sumber Pembangkit Listriik)
Orientasi (Guru menampilkan gambar yang berhubungandengan
materi “Rekayasa”) 15 menit
Sumber : http://www.filediamant.wordpress.com

RINCIAN KEGIATAN WAKTU
Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari Pembangkit Listrik)
Pemberian Acuan :
(Garis besar materi tentang “Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana”) Pembentukan Kelompok diskusi
Menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan IntiMengamati
Siswa menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian “Pembangkit Listrik”
Siswa menyimak berbagai Pembangkit Listrik Sederhana




•Guru menilai keterampilan siswa mengamati



Menanya

Siswa mendikusikan dengan teman sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan alat yang diperlukan dan teknik yang digunakan
Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi dari Pembangkit Listrik Sederhana
Guru bertanya tentang gambar yang ditampilkan
Guru bertanya tentang pendapat dari berbagai sumbertentang pengertian “Pembangkit Listrik”
Guru bertanya tentang fungsi dari Pembuatan pembangkit Listrik Sederhana

Mencoba

Siswa membaca buku teks yang berkaitan dengan Pembangkit Listrik

Mengasosiasi

Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapatpara ahli mengenai pengertian dan Fungsi dari Pembangkit Listrik
Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagaiPembangkit Listrik Sederhana (setiap kelompok berbeda pembahasan)

Mengomunikasikan
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian Pembangkit Listrik, serta fungsi dari Pembangkit Listrik
60 menit

Penutup
Bersama siswa menyimpulkan Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana
Memberikan tugas baca Pembangkit Listrik Sederhana
Melaksanakan postes 15 menit

PENILAIAN

1.Mekanisme dan prosedur Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan ter
tulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.




2.Aspek dan Instrumen penilaian Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utam pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjas
ama. Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fok
us utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presenta
si Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pad
a kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan. Ins
trumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013 Buku pembangkit Listrik Indonesia Juli 2014


Mengetahui
Kepala SMK Pati Unus                                                  Guru Mata Prakarya dan    
                                                                                     Kewirausahaan
                                  




Zamroni,SPd.                                                                 Sugiyono,S.Kom





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEK CEK DAN CEK

data prakerin 2025

    menu  menu 1.  data  prakerin  2025 https://drive.google.com/drive/folders/1GsR1unDSehj1oCgHXOGYAJKhy120SwkV?usp=sharing  2.  data  sert...

UPDATE